Mutual artinya timbal balik dari dua belah pihak. Nah, kalau mutualan IG kira-kira artinya apa ya?

Gampangnya, mutualan IG adalah saling follow akun Instagram. Arti mutualan IG jadi banyak dicari karena merupakan bahasa gaul di media sosial yang sering dipakai. Ini bukan cuma di kalangan Gen Z, tapi mayoritas pengguna Instagram.

Yang menarik, ternyata banyak manfaat dari mutual IG, lho. Bahkan, tiap pengguna Instagram bisa pakai berbagai cara mutualan IG sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Nah, kalau kamu mau pakai Instagram dengan optimal, kamu perlu tahu apa arti mutualan IG. Kamu wajib pelajari juga tips buat dapat lebih banyak mutualan. Sudah siap?

Apa itu Mutualan IG

Mutualan IG adalah kondisi di mana kamu itu saling follow dengan akun lain di Instagram. Itu terjadi saat kamu mengikuti akun IG seseorang dan dia “folow back”, atau sebaliknya.

Kalau dilihat dari asal katanya, mutualan IG itu berasal dari kata “mutual”. Kata ini dalam bahasa Inggris artinya adalah sesuatu yang dilakukan oleh dua pihak. Maka, konsekuensi timbal balik akan terjadi pada keduanya.

Nah, kalau dalam konteks media sosial, “mutual” itu sesederhana dua orang sepakat untuk lebih intens terlibat dalam interaksi di platform. Dan, hal ini bukan cuma terjadi di Instagram, tapi juga di Facebook, X dan lainnya.

Ketika kamu melakukan mutualan IG artinya kamu terhubung ke akun Instagram lain yang tertarik dengan kamu, baik dari profil, kesamaan niche atau postingan yang berkualitas.

Bayangkan kamu itu gamer, lalu kamu follow Miawaug atau Frost Diamond. Lalu, keduanya follow kamu juga. Entah karena merasa satu niche atau karena konten kamu keren. Maka, follower dari Miawaug atau Frost Diamond pasti penasaran dengan kamu dan akan cari tahu atau follow kamu juga.

Apakah mutual IG bisa jadi cara menambah followers IG? Tentu bisa. Apakah bisa buat cara menambah like IG? Sudah pasti.

Seringnya, mutual IG memang tidak berhenti pada upaya menambah follower. Yang paling penting justru pada membangun hubungan yang lebih kuat lewat potensi interaksi yang makin besar.

Oh ya, sudah sadar belum kalau di daftar followers kamu ada menu “Accounts You Dont Follow Back”? Itu artinya Instagram mendukung mutualan. Platform ini akan menyarankanmu untuk terhubung dengan orang yang punya minat sama dan alasan lainnya.

Kenapa begitu? Nah, ini beberapa alasan kenapa mutualan Instagram itu menguntungkan:

  • Makin banyak yang aktif di Instagram, makin lama pengguna menghabiskan waktu di platform itu.
  • Makin banyak konten dilihat, makin besar potensi iklan dilihat dan interaksi pengguna terjadi.
  • Makin besar pengguna, makin tinggi value dari Instagram sebagai platform.
  • Mutualan IG makin banyak, interaksi makin besar, makin sedikit yang beralih dari Instagram.
  • Mutualan IG artinya kategorisasi lebih mudah, dan personalisasi konten lebih tepat sasaran.

Itu tadi beberapa alasan kenapa IG sendiri suka kalau ada orang mutualan di Instagram. Nah, tapi bagi kamu sendiri sebagai content creator, apa sih untungnya mutual IG?

Kenapa Mutualan IG Itu Penting?

Inilah beberapa alasan mutualan IG perlu kamu lakukan karena punya banyak manfaat:

1. Makin Banyak Orang Tahu Kamu

Instagram punya algoritma yang merekomendasi konten ke pengguna yang tertarik sama topik atau content creator di niche tertentu. Jadi, apa arti mutualan IG dalam konteks ini?

Makin banyak kamu mutualan sama content creator di niche tertentu, makin besar kemungkinan postingan kamu ditemukan orang. Itu bisa lewat explore page atau rekomendasi feed dari Instagram.

2. Engagement Jadi Lebih Sering

Like, comment, dan share adalah bentuk engagement. Makin banyak interaksi, makin tinggi value akun kamu, terutama di mata follower. Nah, mutualan IG bisa bantu mendongkrak engagement ini.

Makin banyak mutualan kamu, makin besar peluang mereka lihat postingan kamu dan memberi komentar. Entah karena kontennya yang relevan atau karena sosok kamu sebagai content creator.

Jadi, kalau kamu membuat strategi media sosial yang keren, jangan lupakan arti mutualan IG yang ternyata penting.

3. Dianggap Bagian Komunitas

Di media sosial, jangan berjuang sendiri. Kamu sebagai content creator perlu gunakan komunitas untuk membuat lebih banyak orang tahu tentang brand kamu. Mutualan IG punya peran penting di sini.

Katakanlah kamu itu content creator di dunia cosplay. Kalau kamu mutualan IG dengan Clarissa Punipun atau Matcha Mei, kamu akan lebih dikenal di komunitas cosplayer, kan? Ini akan bantu kamu membangun brand.

4. Bisa Jadi Social Proof

Social proof bisa menunjukkan seberapa meyakinkan akun Instagram kamu bagi audiens. Konten keren kamu dengan banyak like menunjukkan kualitasmu. Ini akan meningkatkan engagement dan bisa menarik follower baru.

Bukan cuma itu. Pengguna Instagram top dengan banyak follower biasanya pilih-pilih mutualan, kan? Kalau kamu itu musisi indie di-follow back oleh Ahmad Dhani atau Judika, arti mutualan IG akan terlihat. Bisa karena kamu content creator bagus atau kontenmu keren.

5. Lebih Gampang Buat Collab Post

Mutualan IG adalah salah satu cara content creator di Instagram cari partner buat collab post. Tak perlu riset jauh, kamu bisa mulai dari lingkup pertemanan sendiri buat cari siapa yang cocok.

Oh iya, jangan lupa. Biasanya brand juga lakukan ini. Kalau brand mau kolaborasi dengan content creator di niche tertentu, mereka cek mutualan IG dari prospeknya. Nah, kalau kamu sudah follow brand itu, bisa meyakinkan mereka untuk collab post.

Cara untuk Mutualan IG

Bagaimana cara mutualan IG yang bisa dicoba untuk mendapatkan manfaat yang baik?

1. Kamu Follow Lebih Dulu

Cara mutualan IG ini sudah terbaca di atas, bukan? Mutualan IG adalah tentang koneksi. Jangan ragu buat jadi yang pertama mengapresiasi profil atau konten orang lain dengan follow akun mereka.

Apa alasannya? Pertama, ini tentang sikap proaktif dalam mutualan Instagram yang bermanfaat. Kedua, kamu menunjukkan kejelian dalam memilih content creator untuk mutual IG dengan konten berkualitas.

Langkah teknisnya bisa pakai fitur search dengan hashtag. Misalnya, untuk gamer, bisa cari #gaming, #gamingstreamer, #gamingforlife dan lainnya.

2. Tuliskan di Bio IG

Kalau kamu memang mau mutualan di Instagram, katakan dengan jelas. Caranya, tuliskan ajakan untuk melakukannya di bio Instagram.

Cara mutualan IG ini bisa cukup efektif karena menunjukkan keseriusan kamu membangun koneksi. Ini berlaku bukan cuma buat content creator saja tapi juga follower yang unik. Tentunya bukan berarti semua follower perlu kamu follow back juga, ya.

Ada data yang menyebutkan bio IG dengan CTA bisa tingkatkan engagement hingga 25%. Artinya, kata-kata sesederhana “Yuk, mutualan! Aku siap folback.” bisa efektif untuk menambah follower.

3. Interaksi Serius

Kalau kamu mau dapat manfaat mutualan Instagram, jangan setengah-setengah pas berinteraksi sama followers. Mereka tahu apakah kamu serius membangun engagement atau cuma basa-basi.

Caranya, perhatikan komentar dan postingan mutualan kamu baik-baik. Lalu, berikan like atau share, bahkan komentar berkualitas buat mengapresiasi postingan mereka.

Dengan cara ini, mereka akan terdorong melakukan hal yang sama pas kamu posting. Ingat, 70% pengguna Instagram akan mendukung brand setelah interaksi yang positif

4. Kirim DM ke Mereka

CEO Instagram, Adam Mosseri, pernah berkomentar bahwa pengguna Instagram menghabiskan waktu terbanyak untuk berkirim DM. Jumlahnya mencapai 80% dari total waktu pengguna.

Kamu bisa coba kirim DM ke orang yang kamu follow sebagai cara mutualan IG yang efektif. Data itu menunjukkan kalau pengguna Instagram sudah lebih siap untuk berkomunikasi di platform ini.

Sebagai tambahan, DM di Instagram punya open rate 50-60%. Ini angka yang cukup tinggi. Gampangnya, mengirim DM untuk memulai mutualan IG adalah langkah yang layak dicoba.

Baca Juga: Akun Anda Sudah Dikunci Untuk Sementara

Tips Penting Melakukan Mutual IG

Berikut tips mutualan penting yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menjalankannya dengan benar:

  • Pakai hashtag, geotag, dan stories untuk mencari akun dalam niche yang sama atau lokasi kamu. Cek halaman Explore atau lihat rekomendasi dari Instagram terkait mutualan IG.
  • Lebih aktif komunikasi dengan pengguna Instagram potensial buat dapat mutualan IG. Jangan ragu like, komen, dan share konten yang relevan dengan expertise kamu sebagai content creator.
  • Jadilah dirimu sendiri dan konsisten. Jangan spamming atau memintabuat di-folback.
  • Jaga rasio yang baik antara follower dan following kamu. Jangan terlalu sering juga untuk follow pengguna lain yang akan membuat reputasi kamu sebagai content creator top jadi diragukan.
  • Sempatkan waktu buat membalas komentar dan DM. Ini penting untuk menjaga mutualan IG lebih positif dan menguntungkan.
  • Hormati pendapat orang lain dan hindari konflik di kolom komentar atau lainnya yang akan membuat reputasi kamu sebagai content creator dipertaruhkan.
  • Rajin membuat collab post dengan content creator yang relevan untuk meningkatkan reach sehingga mendorong mutualan IG lainnya.
  • Mutual IG itu tentang komunikasi dan tiap orang berkomunikasi dengan cara berbeda. Jangan terlalu terpaku pada satu pendapat yang membuat kamu menilai salah mutualan kamu.
  • Kalau ada Instagram pod yang positif, kamu bisa coba gabung buat menambah jaringan. Tapi, fokus pada kualitasnya. Jadi, akan lebih mudah mendapatkan mutualan IG baru.
  • Gunakan Insight Instagram untuk menilai kesuksesan strategi kamu, termasuk mutualan IG. Jika belum optimal, cari tahu kendala yang menyebabkannya.

Sudah Tahu Arti dari Mutualan IG?

Media sosial itu tempat komunikasi dengan banyak orang secara online, termasuk Instagram. Jadi, manfaatkan setiap kesempatan untuk berinteraksi lebih efektif di platform itu. Nah, mutualan IG adalah salah satunya.

Kami sudah jelaskan kalau mutualan IG artinya saling follow dengan akun lain buat dapat manfaat bagi kemajuan akun Instagram kamu. Bentuknya bisa berupa peningkatan jumlah follower, engagement, atau branding yang lebih kuat.

Jangan lupa, selalu gunakan cara mutualan IG yang benar. Kalau perlu, simak tips kami di atas. Siapa tahu langkah itu akan membantu kamu jadi content creator top di Instagram, apapun niche kamu.

Kalau sudah jadi content creator populer, kamu bisa jadi content creator profesional dengan cara memonetisasi konten kamu. Bisa lewat Instagram sendiri atau pakai platform membership seperti Gank.

Di platform ini, kamu bisa gabung gratis dan nantinya menerima donasi dari fans, jualan merchandise unik sampai membuat membership khusus. Siap mencobanya?

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version