“Kenapa sih kalau Miawaug posting selalu aja banyak yang like? Memangnya ada tips cara menambah like Instagram biar bisa dapat engagement yang bagus?”

Pernah berpikir seperti itu? Tenang. Kamu tidak sendirian, kok. Pengguna media sosial lain juga punya pertanyaan sama. Sayangnya, belum banyak yang bisa dapat jawaban cara menambah like IG yang benar, terutama pemula.

Nah, kamu beruntung, nih. Di artikel ini, kami akan coba bahas cara memperbanyak like di Instagram tanpa aplikasi atau yang pakai aplikasi. Kamu tinggal pilih mana yang pas buat kamu.

Baiklah. Tanpa berlama-lama, yuk simak panduan menambah like Instagram di bawah.

14 Cara Menambah Like Instagram dengan Benar

Inilah beberapa cara menambah like IG yang kamu perlu tahu dan gunakan sesuai strategi kamu:

1. Posting Konten Keren

  • Tipe: Cara menambah like di IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Semua pengguna Instagram

Bahas cara menambah like IG tanpa bicara postingan yang keren rasanya tidak mungkin, ya? Karena Instagram sendiri adalah platform yang fokus pada visual.

Jadi, kalau foto atau carousel kamu jelas dan bagus sesuai niche, orang pasti mau untuk memberikan like. Artinya, langkah ini efektif buat menambah like di Instagram kamu.

Boleh kok kamu pakai kamera HP untuk membuat konten. Yang penting, jaga kualitasnya, ya. Kamu juga harus kreatif buat edit foto biar sesuai yang kamu mau.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Pilih Tema yang Pas. Jangan sampai konten kamu tidak sesuai sama niche kamu. Misalnya, kalau kamu adalah content creator di bidang fotografi, tema desain konten juga harus menarik dan estetis.
  • Pakai Foto dengan Resolusi Bagus. Menambah like Instagram tidak mungkin dilakukan pakai foto yang buram. Artinya, kualitas gambar tiap postingan harus tajam biar terlihat profesional.
  • Pakai kamera DSLR. Kalau hasil foto pakai kamera HP kurang memuaskan, bila perlu coba membuat konten pakai kamera DSLR.
  • Kulik Elemen Visual. Kalau foto aslinya kurang oke tapi kontennya keren, tambahkan elemen visual biar lebih bagus. Bentuknya bisa stiker, emoji, bingkai, atau yang lain.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Ya, pastinya. Konten yang berkualitas tinggi dan visual yang menarik perhatian penting untuk mendapatkan like.

2. Tulis Caption Menarik

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Semua pengguna Instagram, utamanya influencer, brand

Apa cara menambah like Instagram gratis? Menulis caption menarik. Terdengar simpel, tapi dampaknya cukup besar.

Caption di Instagram itu teks singkat buat menjelaskan foto. Dari teks ini, kamu bisa tunjukan emosi kamu dan ajak orang buat interaksi. Ini cara menambah like Instagram yang semua pengguna harus kuasai.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Buat Beberapa Draft. Menulis kreatif itu tidak gampang. Jadi, jangan takut salah saat mulai merancang draft caption. Kalau perlu, buat banyak draft dan pilih yang terbaik.
  • Fokus ke Info Penting. Caption memang sebaiknya komunikatif, tapi hindari yang bertele-tele. Letakkan info penting di awal ala inverted pyramid, bangun rasa penasaran atas detailnya.
  • Pasang Call to Action. Kalimat ajakan jangan sampai luput dari caption Instagram kamu. Minta mereka like untuk tahu pandangan tentang kontenmu.
  • Sesuaikan Tone Dengan Brand Kamu. Pastikan caption kamu tidak melenceng dari tone brand, Maksudnya kalau kontennya humor, maka caption harus santai dan ceria. Tool seperti Tone Analyzer juga bisa membantu.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Tentu. Caption yang unik dan personal bisa jadi cara menambah like Instagram. Soalnya akan membuat orang tahu konteks dan mendapat kesan emosional bagi audiens.

3. Gunakan Hashtag

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Semua pengguna Instagram

Hashtag atau tagar dipakai buat mengkategorikan konten. Ini biasanya cocok untuk menjangkau audiens lebih luas yang sedang mencari topik tertentu.

Pakai tagar bisa menambah like Instagram buat konten yang relevan sama banyak orang. Bisa juga buat jadi cara menambah like Instagram terkait trending topic atau komunitas tertentu.

Pemilihan hashtag harus sesuai sama konten yang diposting. Misalnya, foto kucing lucu bisa pakai #kucinggemes, sementara kalau lagi makan pizza enak, bisa pakai #pizzalover.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Pakai Hashtag yang Relevan. Cocokan hashtag sama niche dan tujuanmu. Kalu perlu pakai tools seperti Later buat menemukan hashtag yang pas. Cara lainnya, intip hashtag temanmu.
  • Gunakan Berbagai Hashtag. Variasikan berbagai hashtag buat dapat reach lebih luas. Pake hashtag nama kamu, topik, atau komunitas, dan niche kamu, tremasuk trending topic.
  • Optimalkan Hashtag. Jangan pakai tagar terlalu banyak. Biar lebih optimal, pakai 3-5 hashtag per posting. Selain lebih fokus, akan menjaga estetika caption kamu keseluruhan.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Benar. Hashtag yang relevan dan trending cocok jadi cara mendapatkan like banyak di IG. Alasannya bisa bantu reach lebih luas sehingga orang mudah ketemu sama konten kamu.

4. Tag Akun yang Relevan

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Semua pengguna Instagram

Tag itu fitur Instagram buat “senggol” teman atau akun lain di postingan kamu. Kalau kamu cari cara menambah like Instagram, jangan lupa pakai tag, ya. Mereka akan tahu dan bisa saja mampir, kemudian memberikan like.

Tag bukan cuma buat akun, tapi bisa buat kasih identitas lokasi juga. Misalnya, pas ada di event cosplay di Surabaya, kamu bisa pake tag lokasi di postingan kamu. Ini mendorong interaksi, seperti komentar atau like.

Oh iya, kamu bisa sebut pakai istilah geotag juga. Dan ini cara memperbanyak like di Instagram buat target audiens lokal.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Pilih Akun yang Sesuai. Tag akun yang sesuai sama kontenmu saja. Boleh teman, follower, teman collab, brand yang jadi klien kamu, influencer lain dan sebagainya.
  • Manfaatkan Geotag. Pakai tag lokasi di postinganmu dengan lokasi spesifik. Misalnya kota tertentu atau event yang banyak dikenal orang di niche kamu.
  • Sesuaikan dengan Konten. Tag ke akun yang tidak cocok sama postingan atau niche dan audiens kamu, biasanya kurang memberi dampak positif sebagai cara dapat like banyak di IG.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Ide bagus. Bisa buat menambah reach dan mendorong kolaborasi konten, dan promosi sesuai arahan dari brand kalau kamu itu influencer.

5. Adakan Giveaway

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Content creator, influencer, brand

Giveaway sepertinya tidak akan ketinggalan zaman. Buktinya, hampir semua akun dengan follower yang melonjak drastis, pernah membuat giveaway. Tidak heran kalau ini jadi salah satu cara menambah like di Instagram yang efektif.

Pastinya, sebelum memilih pemenang dan kasih hadiah, ada syarat dari giveaway, bukan? Nah, yang paling gampang buat semua orang itu biasanya ya like, komentar, dan share.

Kalau beberapa cara menambah like Instagram gratis di atas belum berhasil, sesekali adakan giveaway pakai hadiah yang unik.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Pilih Tipe Giveaway. Umumnya memang mengajak orang challenge atau melakukan engagement seperti like dan komentar. Biar lebih pasti, tentukan rencana give away kamu dulu.
  • Tentukan Hadiahnya. Jangan yang terlalu biasa, nanti banyak yang ikut tapi bukan audiens kamu. Tapi juga jangan yang terlalu unik, bisa saja tidak membuat orang tertarik.
  • Tetapkan Aturan. Rancang dulu aturan giveaway. Mulai dari cara untuk klaim hadiah, kapan berlangsungnya giveaway, kapan pengumuman pemenang dan lainnya. Buat singkat dan padat.
  • Promosikan Giveaway. Makin banyak yang tahu, makin efektif giveaway itu sebagai cara menambah like Instagram. Jadi, promosikan dengan maksimal.
  • Atur Waktunya. Jangan sering-sering buat give away, ya. Nanti dianggap akun kamu cuma buat giveaway, padahal kamu punya konten keren di niche kamu.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Tentu saja. Siapa sih yang tidak suka hadiah? Giveaway bisa menarik perhatian banyak orang dan kalau syaratnya mudah akan jadi cara memperbanyak like Instagram yang jitu.

6. Ikut Challenge di Instagram

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Content creator, influencer, brand

Kalau di giveaway, kamu buat tantangan ke orang lain, tapi cara menambah like Instagram ini justru sebaliknya. Kamulah yang ikut tren challenge yang lagi banyak dibicarakan di Instagram.

Kalau membuat konten challenge, kamu bisa dapat reach lebih baik, termasuk viewer dari luar followermu. Apalagi kalau challenge kamu itu sukses, atau konten kamu beda dari yang lain.

Ikut tren challenge jadi cara menambah like IG yang kreatif karena kamu bisa membuktikan akun kamu aktif dan update dengan perkembangan.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Cek Update Challenge Baru. Sering-seringlah cek halaman Explore dan hashtag yang sedang tren di Instagram. Begitu ada yang unik, kamu bisa langsung buat konten challenge itu.
  • Sesuaikan dengan Branding Kamu. Kalau akun IG kamu tentang review buku, sebaiknya hindari challenge dance. Jadi, biar selalu nyambung sama niche dan audiens kamu.
  • Jadilah Unik. Kalau pakai cara biasa saja, pasti bukan cara dapat like banyak di IG. Maka, tambahkan gaya unik kamu ke konten challenge itu dan berani beda.
  • Pakai Hashtag yang Benar. Tiap challenge punya tagar sendiri. Jangan lupa pake tagar dan jangan keliru. Tanpa tagar yang pas, susah ditemukan audiens yang cocok buat challenge itu.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Cukup recommended. Membuat konten challenge bisa mendongkrak visibilitas dan engagement. Apalagi kalau bisa membuat versi unik sesuai audiensmu.

7. Manfaatkan UGC (User-Generated Content)

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Brand, content creator profesional

Ini cara menambah like Instagram yang sering dipakai oleh brand atau bisnis buat promosi produk. Perhatikan akun Instagram dari GoPro atau Red Bull. Mereka suka pakai cara dapat like banyak di IG seperti ini.

Oh ya, User-Generated Content (UGC) itu konten yang dibuat sama follower kamu. Nah, pas kamu posting di IG, manfaatnya banyak.

Pertama, kamu menjadikan pembuat konten jadi bagian komunitas kamu. Kedua, kamu menunjukkan brand kamu itu ingin dilihat seperti konten yang seperti apa. Ketiga, konten yang variatif akan lebih gampang dapat banyak like.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Ajak Follower buat UGC. Ajak followers buat sering membuat dan share konten seputar brand kamu. Arahkan mereka untuk pakai tagar tertentu untuk membuat topik khusus.
  • Minta Izin Dulu. Selalu minta izin sebelum share konten UGC. Ini bukti kamu menghargai hak cipta dan membangun hubungan lebih baik.
  • Buat Variatif. Tantangan cara menambah like IG lewat UGC itu memilih kontennya. Soalnya harus variatif. Ini butuh pengetahuan, pengalaman, dan tentu waktu untuk eksplorasi.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Kami merekomendasikannya. Posting konten UGC itu wujud kamu menghargai follower atau content creator di niche kamu. Ini bisa jadi cara menambah like IG dan berbagai engagement lain.

8. Tanggapi Engagement

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Semua pengguna Instagram

Media sosial bukan cuma buat dapat like. Komunikasi dua arah itu penting dan harus kamu lakukan. Responmu kepada audiens, bisa mendorong banyak like di postingan berikutnya.

Like adalah bentuk interaksi positif. Jadi, bangun kondisi ini dengan merespons positif interaksi di postingan. Kamu bisa membuat postingan khusus untuk berterima kasih. Ini bisa menarik like baru.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Cek Notifikasi. Tidak harus setiap saat cek notifikasi. Tapi pastikan kamu lakukan rutin biar cepat atau kalau ada orang like postingan kamu dan bisa memberikan respon langsung.
  • Mulai dengan Terima Kasih. Komentar bagus dan like harus diapresiasi. Begitu juga buat kritik. Mulailah dengan ucapan terima kasih sebelum memberikan respon lebih jauh.
  • Bersikap Profesional. Respons pada interaksi follower perlu objektif pada kualitas konten. Tanggapi dengan sikap profesional dan fokus pada isi komentar.
  • Buka Ruang Interaksi Baru. Respon positif followers yang memberikan komentar. Mungkin mereka belum like saat itu dan dengan respon kamu, jadi cara buat menambah like di postingan berikutnya.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Ya. Merespon engagement di postinganmu menunjukkan perhatian kamu. Hubungan baik itu bisa jadi cara mendapatkan like banyak di IG.

9. Lakukan Collab Post

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Content creator, Influencer, brand

Like di Instagram kamu masih sedikit? Dan, kamu baru sadar belum pernah membuat collab post? Nah, ini bisa jadi cara menambah like Instagram yang layak dicoba.

Tentunya jangan asal kolaborasi, ya. Buatlah konten tetap menarik dengan collab sama content creator yang punya reputasi baik. Kamu bisa tunjukkan ke follower kamu jago membuat konten yang berbeda karena ingin menyasa audiens yang lain.

Collab post bisa membuat postingan kamu dilihat sama orang lebih banyak. Pada akhirnya, ini cara menambah like Instagram.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Pilih Teman Collab yang Pas. Cari content creator yang punya niche, audiens, atau tujuan sama seperti kamu. Lihat profil dan kontennya, lalu kontak mereka untuk rencana colab.
  • Buat Rencana Kolaborasi. Buatlah rencana dengan perkiraan pembuatan konten, kapan akan diposting, jenis/format konten, dan tema kolaborasi yang akan dilakukan.
  • Lakukan Pembuatan Konten. Buat collab post sesuai rencana. Pastikan ikuti storyboard dan tetap sesuai kesepakatan untuk hasil terbaik dan proses yang efisien.
  • Posting Collab Post Sesuai Jadwal. Jika bukan posting yang real-time, atur jadwal posting dengan benar. Lalu, posting di waktu yang ditentukan, yang cocok buat keduanya.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Betul. Collab post bisa buka peluang follower baru dan dapat like dari mereka. Kamu akan punya konten unik juga yang jadi lebih menarik buat follower kamu. Ini bisa menambah like di Instagram.

10. Rutin Lakukan Livestream

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Content creator, influencer, brand

Langkah ini bukan buat menambah like Instagram secara langsung. Tujuannya, untuk membangun komunikasi sama audiens dan bereksperimen konten berbeda, bukan posting foto atau video biasa.

Tapi bukan berarti ini tidak bisa jadi cara menambah like Instagram. Dengan live stream, kamu bisa ajak audiens untuk berinteraksi langsung. Akhirnya, interaksi mereka akan jadi otomatis ke depannya tanpa perlu kamu minta dulu.

Dengan begitu, akan cukup efektif sebagai cara memperbanyak like di Instagram pada postingan kamu lainnya.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Buat Rencana Live. Buat garis besar rencana livestream, termasuk ide konten, perlengkapan streaming untuk hasil terbaik, durasi, dan formatnya: solo, berdua, atau lainnya.
  • Promosikan Live Mendatang. Buat followers kamu siap untuk livestream itu. Bagikan rencana event itu di postingan, stories, bahkan platform lainnya.
  • Fokus di Interaksi Selama Live. Kalau bukan streamer, livestream itu konten utama. Fokuslah pada interaksi dengan audience selama sesi. Ciptakan kehangatan komunikasi dengan viewer.
  • Share dan Reupload Konten. Usai sesi live, simpan dan bagikan rekamannya. Biar kontennya tetap ada dan orang lain bisa ikut nonton.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Ya. Livestream memberikan pengalaman unik dan interaktif. Manfaatkan sesi itu sebagai cara memperbanyak like di Instagram tanpa aplikasi, dengan mendorong interaksi buat postingan lain.

11. Posting di Jam Tepat

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi dan aplikasi
  • Cocok untuk: Semua pengguna Instagram

Menurut riset, posting di jam yang pas di Instagram hasilnya pasti positif. Contohnya, dari Sproutsocial. Ini cara menambah like IG yang patut kamu coba.

Apa alasannya? Pertama, sistem feed Instagram menampilkan konten terbaru di atas. Dan, inilah yang dilihat lebih dulu sama pengguna IG. Apalagi, postingan yang rame engagement juga akan dipromosikan ke lebih banyak orang lagi.

Yang lebih menarik, kamu tidak perlu manual posting di jam yang tepat. Soalnya, saat ini ada banyak aplikasi untuk melakukan scheduling di Instagram.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Siapkan Konten Keren. Kamu bisa buat postingan keren dalam jumlah banyak (batch). Kalau kontennya belum siap, kamu bisa buat penjadwalan awal dulu.
  • Optimalkan Waktu Posting. Pelajari data analitik kapan engagement terjadi. Atau gunakan data riset seperti waktu terbaik di Rabu jam 11 pagi dan Jumat 10 pagi.
  • Pilih Tool yang Tepat. Cari tool seperti Hootsuite buat penjadwalan otomatis sesuai waktu posting yang optimal.
  • Lakukan Posting Otomatis. Integrasikan akun Instagram kamu dengan tool scheduling sebagai cara menambah like IG.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Ya. Posting saat audiensmu paling aktif penting buat maksimalkan exposure. Pada akhirnya ini jadi cara menambah like Instagram yang bisa dicoba karena berdasar berbagai riset.

12. Pakai Instagram Ads

  • Tipe: Cara menambah like IG pakai aplikasi
  • Cocok untuk: Brand, influencer, content creator profesional

Mau dapat like banyak dan bersedia keluar biaya sedikit buat memodalinya? Instagram Ads bisa jadi cara menambah like IG yang efektif.

Jadi, Ads Instagram bisa menampilkan foto dan video kamu ke banyak orang. Itu semua termasuk yang bukan follower kamu tapi punya minat sesuai niche kamu. Instagram punya sistem dengan data yang membantu kamu bisa mengaturnya sesuai tujuan.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Tentukan Audiens. Pilih audiens target kampanye iklan berdasarkan kriteria seperti lokasi, usia, jenis kelamin, minat, perilaku, dan lainnya.
  • Placement yang Baik. Tentukan placement buat iklan. Kamu bisa pilih otomatis atau manual, dan pilih tempat seperti Feed Instagram, Stories, Explore, atau Reels.
  • Tetapkan Anggaran dan Jadwal. Atur anggaran harian atau seumur hidup, serta jadwal kampanye sesuai preferensi pengeluaran dan durasi yang kamu inginkan.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Kalau punya budget, Instagram Ads bisa jadi cara menambah like di IG dengan audiens yang pas dan sesuai niche kamu sebagai profesional.

13. Gabung ke Instagram Pods

  • Tipe: Cara menambah like IG tanpa aplikasi
  • Cocok untuk: Pengguna yang ingin meningkatkan engagement dengan bantuan komunitas

Cara memperbanyak like Instagram dengan Instagram Pods memang ada. Pods adalah kelompok pengguna Instagram yang setuju saling like postingan satu sama lain.

Jadi, kalau ada satu postingan dari anggota, yang lain pasti bantu like. Itu akan bantu buat sebuah postingan muncul di atas feed banyak orang. Soalnya, algoritma akan memproses itu sebagai postingan trending.

Cara mendapatkan like banyak di IG ini terlihat menarik, tapi sebenarnya tidak mudah. Pertama, ini cara palsu karena tidak sungguh-sungguh like. Kedua, gabung dengan pods tetap butuh waktu besar.

Inilah langkah cara menambah like Instagram dengan strategi ini:

  • Temukan Pod yang Cocok. Cari pod yang sesuai dengan niche, tujuan, dan ekspektasimu. Biasanya ada di Instagram atau platform lain seperti WhatsApp, Telegram, Reddit, atau Facebook.
  • Ikuti Aturan Pods. Ikuti aturan dari setiap Instagram pod. Kalau tipe konten, waktu posting, dan lainnya tidak sesuai, kamu bisa saja dikeluarkan dari grup itu.
  • Jadikan Momen Promosi Semata Jadikan pods sebagai usaha tambahan untuk menambah network, bukan cara menambah like di Instagram yang utama.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Bisa sekadar dicoba, tapi tidak disarankan sebagai cara memperbanyak like di Instagram yang utama. Soalnya, cuma engagement palsu dan tidak cocok untuk akun yang sudah besar.

14. Pakai Bots Like

  • Tipe: Cara menambah like IG pakai aplikasi
  • Cocok untuk: Pengguna yang cari jalan pintas memperbanyak like Instagram

Cara menambah like Instagram ini tidak direkomendasikan. Kami memasukkan ke daftar justru biar kamu tidak memakainya. Ini penting buat menjaga akun Instagram kamu kena banned.

Jadi, ada orang-orang yang pakai bot sebagai cara menambah like Instagram. Maksudnya, tanpa ribet, postingan itu bakal dapat like secara otomatis.

Ada juga yang bot itu membuat akunmu like postingan orang lain. Bisa dari tagar, lokasi, atau kata kunci tertentu. Jadi, kamu bakal dapat perhatian mereka dan gantian dapat like.

Kamu perlu pakai cara memperbanyak like Instagram ini?
Jangan. Cara ini belum tentu menambah like Instagram tapi besar risikonya untuk kena banned dari Instagram karena berbuat curang dan merusak reputasi kamu sebagai content creator.

Kamu Pilih Cara Menambah Like IG yang Mana?

Ada banyak cara menambah like Instagram yang bisa kamu pakai. Mulai dari selalu membuat konten keren, posting pas audiens kamu online, sampai keluar dana buat pasang Instagram Ads.

Tiap niche itu punya audiens dan kebutuhan konten berbeda. Makanya, penting untuk pilih cara memperbanyak like Instagram yang sesuai dengan audiensmu. Sesuaikan dengan peranmu juga, ya. Apakah kamu itu pengguna umum, content creator, influencer, atau brand bisnis.

Khusus kamu yang jadi content creator, menambah like Instagram akan bantu kamu membangun reputasi. Ini jalan menuju status profesional dan dapat penghasilan dari konten di platform ini.

Reputasi baik di Instagram membuka peluang dapat penghasilan, bisa lewat donasi, penjualan merchandise, dan lainnya. Kalau lewat Instagram kamu anggap sulit, kamu bisa pakai platform pihak ketiga seperti Gank yang bisa jadi alternatif menarik.

Demikian informasi yang kami berikan. Kalau ada pertanyaan, langsung aja tanya di kolom komentar.

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version