Banyak yang dengan gampang mengaku dirinya gamer. Soalnya dianggap bahwa gamer adalah siapapun orang yang bermain game, tak lebih dari itu.

Padahal, itu tentu kurang pas untuk menjelaskan apa itu gamer sebenarnya. Dan itulah kenapa, kami akan mengajak kamu memahami lebih jauh arti gamer itu apa di artikel ini.

Oh ya, penting juga untuk tahu manfaat jadi gamer itu bagaimana. Dengan begitu, kamu jadi makin yakin untuk bisa terus asah skill gaming kamu untuk bisa jadi pro player.

Sebagai tambahan, kami juga akan bahas tentang jenis gamer dan apa yang dibutuhkan untuk jadi gamer top. Sudah siap? Yuk, lanjut baca.

Apa itu Gamer?

Gamer adalah seseorang yang menjalankan aktivitas gaming tanpa melihat apa genre game yang dimainkan, usia dan jenis kelamin mereka, bahkan skill gaming yang dimiliki.

Apa itu gaming? Gaming sendiri merupakan aktivitas untuk memainkan game digital menggunakan berbagai perangkat, mulai dari komputer, laptop, HP, tablet bahkan konsol game khusus seperti Playstation atau Xbox.

Maka, jelas bahwa arti gamer itu dimaksudkan untuk orang yang suka bermain video game di berbagai perangkat digital. Jadi, bukan permainan fisik seperti mencari jejak, benteng, atau lainnya. Meskipun sama-sama disebut permainan.

Nah tapi, apakah gamers adalah siapapun yang memainkan game di berbagai jenis perangkat?

Tentunya bukan, ya. Istilah gamer umumnya mengarah ke orang yang memang suka sekali bermain game. Jadi, kalau ada teman kamu yang hanya sekali atau dua kali main game, kurang pas disebut sebagai gamer.

Lalu, kalau bicara lebih jauh apa itu gamer, kamu akan paham kalau mereka adalah orang yang sangat fokus pada aktivitas gaming. Mereka suka menghadapi berbagai tantangan, teka-teki, bahkan berpikir keras untuk menemukan strategi terbaik untuk memenangkan permainan.

Apakah gamer adalah orang yang bermain game sebagai sekadar hobi? Bisa jadi. Tapi banyak fakta menunjukkan kalau gamers adalah komunitas profesional yang memang mencari uang dari skill gaming yang mereka miliki.

Seorang gamer atau gamers bisa mendapatkan penghasilan dari memenangkan kompetisi atau sebagai content creator.

Singkatnya, kalau kamu bertanya apa itu gamers, inilah berbagai jawabannya:

  • seseorang yang gemar bermain game baik sebagai hobi atau profesional
  • newbie yang terus memainkan game sambil terus meningkatkan skill gaming
  • siapapun yang selalu ingin menghabiskan waktu luang bermain game pakai perangkat apapun
  • anak-anak atau dewasa, laki-laki atau perempuan yang gemar melakukan aktivitas gaming

Baca Juga: Ide Konten YouTube untuk Berbagai Niche

Manfaat Jadi Gamer

Setelah tahu bahwa gamers adalah orang-orang yang hobi nge-game, kamu tentu penasaran apa manfaat jadi gamer, kan? Ini beberapa di antaranya:

Melatih Fokus

Kamu mungkin heran bahwa manfaat jadi gamer adalah melatih otak untuk berpikir lebih cerdas. Soalnya, kamu merasa bahwa aktivitas gaming adalah hanya untuk bersenang-senang.

Kenyataannya, ada penelitian dari Universitas Arkansas yang mengatakan kalau main game satu jam membantu melatih otak bisa lebih fokus. Nah, fokus itu penting untuk banyak hal, termasuk saat kamu sedang belajar di sekolah.

Meningkatkan Kreatifitas

Bukan cuma fokus tinggi, kreativitas juga penting untuk jadi gamer hebat. Dan, gamer adalah orang yang bisa saja tanpa sengaja terus melatih kemampuan ini dari setiap game yang dimainkan.

Bahkan, kalau kamu bermain game yang fokus pada eksplorasi imajinasi seperti Minecraft, manfat jadi gamer akan makin terasa. Belum lagi, kebanyakan gamers adalah orang-orang yang selalu ingin tampil beda dengan menciptakan cara mereka sendiri untuk memenangkan game.

Mudah Belajar dari Kesalahan

Gamer adalah orang yang selalu ingin menang. Tapi, di dalam game, banyak tantangan yang kadang sulit ditaklukkan. Kekalahan sering terjadi karena strategi yang salah atau komunikasi yang buruk.

Nah, manfaat menjadi gamer adalah membuat kamu bisa mudah belajar dari kesalahan dan mencoba lebih baik di kesempatan berikutnya. Secara gampang, ini disebut growth mindset.

Kalau kamu menerapkan cara berpikir ini dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan lebih mudah berkembang dan berhasil, lho.

Bersosialisasi dengan Baik

Kamu tidak salah baca, kok. Justru manfaat gamer adalah melatih kamu bersosialisasi dengan baik. Terutama kalau kamu termasuk orang yang lebih sering berada di rumah atau juga bersifat introvert.

Sekarang, game sering dimainkan online bareng pemain dari seluruh dunia dan berstrategi. Hasil riset bilang 88% gamer bisa temuin teman baru waktu main game.

Mengurangi Stress

Manfaat lain jadi gamer adalah jadi lebih jago mengatasi stress. Tidak bisa dipungkiri kalau bermain game itu salah satu cara buat kabur sebentar dari dunia nyata dan seru-seruan masuk ke dunia game yang penuh fantasi.

Data menyebutkan kalau lebih dari 64% gamers adalah orang dewasa yang kerap penat dengan rutinitas, sementara 18% gamer masih di bawah 20 tahun. Itu artinya, peran gaming sebagai media escaping atau rehat sejenak cukup masuk akal.

Yang Dibutuhkan untuk Jadi Gamer

Baiklah, lalu apa yang dibutuhkan untuk jadi gamer atau gamers?

1. Kemampuan Berpikir Cepat

Banyak sekali game yang memakai waktu sebagai salah satu tantangannya. Makanya, gamer adalah orang yang harus punya kemampuan berpikir cepat dan jeli dalam mengambil keputusan.

Eits, bukan berarti gamers adalah orang yang asal cepat pencet keyboard atau stik konsol, ya. Setiap langkah yang dibuat harus bisa membuatnya menang.

Nah, makin sering kamu bisa berpikir cepat dan punya keputusan yang tepat, makin gampang kamu bisa jadi gamer top. Jadi, kalau kamu kemudian mau jadi gamer pro, sudah punya skill itu.

2. Perlengkapan Gaming yang Baik

Jangan salah paham, kamu tidak harus punya peralatan game terbaik untuk jadi gamer top. Di awal, kamu bisa pakai perangkat apa saja yang kamu punya. Apa itu gamer bukan cuma tentang gaming gear.

Pun begitu, peralatanmu tetap penting. Beberapa game menuntut kamu punya akurasi saat menembak, loncat di tangga kecil, atau menghindar dari serangan musuh. Kalau peralatanmu tidak mendukung, susah juga menang di game itu, bukan?

Jadi, meskipun tidak harus mahal, pastikan keyboard, monitor, mouse, stik konsol, HP, dan peralatan game lainnya cukup berfungsi baik. Ini buat membantu kamu menghadapi berbagai tantangan game.

3. Kemampuan Komunikasi yang Bagus

Data menunjukkan kalau main game online dari rumah juga bisa punya banyak teman asalkan kamu punya komunikasi yang baik. Jadi, syarat jadi gamer adalah mau terus latihan komunikasi.

Kenapa sih komunikasi itu penting? Pertama, hampir semua game online butuh kerja sama tim buat mencapai level tertinggi. Meskipun kamu bisa main sendiri, pencapaian itu akan terbatas.

Kedua, komunikasi yang baik akan membantu kamu bukan cuma bisa menang, tapi juga bisa belajar dari pemain lain. Itu yang akan membantu kamu jadi gamer yang lebih baik.

Ketiga, kebiasaan komunikasi yang baik akan menjaga kamu menggunakan kata tidak pantas. Di hampir semua game, penggunaan kata tidak patut akan membuat kamu kena banned, sehingga tidak bisa main game lagi.

4. Cepat Belajar dan Jago Beradaptasi

Gamers adalah orang yang bisa beradaptasi dengan cepat dan gampang belajar hal-hal baru. Mulai dari jenis game yang dimainkan, sampai peraturan game yang berubah. Bahkan realita adanya buffs dan nerfs di dalam game yang pasti ada.

Tidak mungkin kan kamu jadi gamer top cuma karena main game yang sama terus selama bertahun-tahun? Itu tidak salah, tapi kurang membuktikan kalau itu hebat. Ibaratnya, apa itu gamers kalau hanya mau bermain game favoritnya saja tanpa siap menerima tantangan lain?

Misalnya, ada perubahan seperti game yang tidak bisa dimainkan di konsol lagi, tapi cuma bisa di PC. Nah, kamu harus cepat belajar cara memainkannya pakai keyboard. Atau, kalau sedang ngetren teknologi VR, kamu juga harus siap adaptasi buat main semacam game metaverse juga.

5. Punya Mental Kuat

Secara alamiah, gamer adalah orang yang tak akan menang terus. Pasti ada momen sulit dari tantangan dalam game atau masalah pada perangkat. Dan, itu wajar. Belum lagi, kalau kamu mau jadi gamer pro yang ikut kompetisi atau streamer yang main game live di depan penonton.

Jadi, syarat jadi gamers adalah punya mental kuat. Kamu harus bisa terima kekalahan. Tapi jangan berhenti untuk terus mengupayakan kemenangan. Bahkan, sebelum benar-benar kalah pun, kamu tak boleh menyerah.

Yang tak kalah penting, kamu harus bisa kontrol emosi. Kalau kamu emosional, justru akan membuat kamu tidak bisa berpikir jernih dan strategi game kamu jadi berantakan. Konsekuensinya akan jadi lebih besar kalau kamu bermain tim.

6. Mau Terus Berlatih

Kalau ada yang tanya apa itu gamers, jawabannya pasti bukan cuma orang yang main game buat mengisi waktu. Gamers adalah orang yang suka sekali main game dan mau terus menghabiskan waktu buat jadi lebih pro dari sebelumnya.

Kenapa begitu ya? Karena passion seorang gamer adalah menaklukan setiap tantangan baru. Mulai dari adanya karakter baru, perubahan aturan permainan, sampai ada game baru atau genre baru.

Tanpa kemauan untuk terus bermain dan berlatih untuk menang, cukup sulit untuk bisa jadi gamer terkenal di dunia dan bahkan mendapatkan uang dari game itu sendiri.

Tipe Gamer

Setelah tahu apa itu gamer dan syarat menjadi gamer, saatnya mempelajari berbagai tipe gamer. Dari hasil riset, tipe-tipe gamer adalah sebagai berikut:

1. Casual Gamer

  • Suka dengan: Game yang simpel, visual menarik, durasi game sebentar
  • Game Favorit: Candy Crush Saga, Stardew Valley, Animal Crossing.

Gamer casual adalah tipe gamer yang main game dengan santai. Sebenarnya, mereka gamer sejati. Namun, memang tidak memainkanya lebih lama dari tipe gamer lainnya.

Jadi, apa itu gamer casual? Gampangnya, orang yang main game buat santai dan bersenang-senang.

Itulah kenapa, tidak heran juga kalau gamer casual itu yang paling tidak mau ribet dengan tantangan sulit. Dia juga kurang mau mendalami taktik game yang rumit. Biasanya, gamer casual main game di ponsel dan merupakan gamer pemula.

Nah, kalau kamu lihat orang main game cuma sebentar dengan fokus visual yang keren dan cara main yang simpel, bisa dipastikan dia gamer casual.

2. Hardcore Gamer

  • Suka dengan: Game yang kompleks, tantangan dengan skill tinggi, mencapai level tertinggi
  • Game Favorit: Dark Souls III, Valorant, Escape from Tarkov, Elden Ring, CS:GO.

Kamu bisa tebak kalau harcore gamer adalah kebalikan dari casual gamer. Mereka itu seorang gamer sejati yang memang gemar dengan semua tantangan di dalam game, mulai dari yang gampang sampai yang paling susah. Bahkan, makin susah, makin menantang buat mereka.

Kebanyakan hardcore gamers adalah orang yang betah menghabiskan waktu dan tenaga buat benar-benar jago main game. Mereka akan fokus dan mengasah skill buat mencari celah biar bisa memenangkan game. Kalau perlu, tipe gamer ini akan mikir strategi tim untuk berhasil bersama.

Tapi, jangan keliru. Tipe gamer ini bukan cuma suka sama hasilnya, mereka juga menikmati prosesnya. Itu semua melatih mereka belajar game dan tantangannya. Makanya, bukan hal aneh kalau mayoritas pro player itu dari tipe gamer ini. Kamu termasuk di dalamnya?

3. Social Gamer

  • Suka dengan: Main game mabar, berinteraksi online, cari banyak teman sesama gamer.
  • Game Favorit: Among Us, Apex Legends, Roblox, World of Warcraft.

Apa itu gamer yang tipenya suka main game bareng? Mereka disebut social gamer. Biasanya mereka itu casual gamer yang suka main game sendiri. Tapi, lama-lama mereka jadi ketagihan saat mencoba main game bersama banyak orang dari seluruh dunia.

Tipe gamer ini hampir mirip. Sebagian besar dari mereka cuma mau main game yang sederhana, yang penting bisa main bareng. Tapi, tak jarang juga ada yang mau main game yang perlu skill tinggi asalkan bisa dimainkan secara tim.

Salah satu game yang dulu sering jadi favorit social gamer adalah clash of clans. Tapi sekarang, ada banyak variasi game yang cocok untuk tipe gamer ini. Nah, kalau kamu suka game multiplayer online dan suka kerjasama serta interaksi untuk mencapai kemenangan, mungkin kamu itu social gamer.

4. Creative Gamer

  • Suka dengan: Game yang menuntut kreativitas, membuat produk di game, dan pengalaman unik.
  • Game Favorit: Minecraft, Baldur’s Gate, Chants of Sennaar, Roblox.

Sesuai namanya, creative gamer adalah tipe gamer yang suka kalau bisa membuat dunia permainannya sendiri. Itulah kenapa kalau urusan main game open-world sandbox, mereka jagonya.

Kebebasan yang diberikan game untuk berkreasi menjadi sumber kesenangan creative gamer yang utama. Mereka jadi punya wadah untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Creative gamer adalah orang yang suka game yang membuat mereka kreatif. Bukan cuma dalam membangun dunia sendiri. Namun, umumnya mereka tidak suka game yang aturannya ketat. Misalnya, tampilan karakternya, jalan cerita, atau jenis dunia yang dimainkan.

5. Completionist

  • Suka dengan: Game yang menghargai pemain yang mencapai tujuan 100%, menjelajah penuh, dapat semua reward.
  • Game Favorit: The Legend of Zelda, Hollow Knight, Hades, Stray.

Coba bayangkan, ada seorang gamer yang maunya melakukan semua hal di dalam game. Mereka punya satu tujuan, yaitu melewati berbagai tantangan yang ada di game itu. Nah kalau kamu seperti itu, berarti kamu adalah seorang the completionist gamer.

Arti gamer completionist itu orang yang ingin terus mencapai kesempurnaan. Jadi, setiap level yang bisa diselesaikan dan setiap arena baru yang terbuka jadi hal yang membuat mereka senang.

Jadi, bisa disimpulkan kalau completionist gamers adalah tipe pemain yang punya semangat tinggi buat mendapatkan semua pencapaian dan jago dalam mengatasi setiap tantangan di game. Makanya, tak heran kal au kebanyakan completionist gamers adalah hardcore gamers.

6. Min-Maxer

  • Suka dengan: Semua upaya mengoptimalkan karakter, kemampuan hero, mendominasi game.
  • Game Favorit: XCOM 2, Path of Exile, League of Legends, Pathfinders, Stellaris.

Ada beberapa gamer yang merasa senang kalau mereka sekadar menang. Tapi, ada juga yang hanya merasa puas kalau bisa dapat poin sempurna atau mengeksplorasi semua bagian game secara total. Nah, kalau kamu termasuk tipe ini, berarti kamu adalah gamer Min-Maxer.

Biasanya tipe gamer ini banyak bermain game strategi yang kompleks dan RPG alias role playing game. Mereka jadi hero-nya dan mereka ingin yang terbaik untuk hero tersebut. Misalnya, kalau pencapaian hero itu ingin mendapatkan sebuah skin khusus, mereka akan berupaya sekuat tenaga untuk mendapatkannya.

Oh ya, tipe Min-Maxer ini tidak terlalu peduli dengan penampilan game. Mereka lebih fokus pada cara bermain yang membuat mereka menjadi yang terbaik.

7. Story Gamer

  • Suka dengan: Berbagai cerita yang menarik yang ada di dalam game
  • Game Favorit: The Witcher 3: Wild Hunt, Red Dead Redemption 2, What Remains of Edith Finch.

Story Gamer adalah tipe gamer yang suka dengan alur cerita game yang dimainkan. Jadi, dia main game karena penasaran bagaimana ceritanya sampai selesai. Bisa dikatakan mirip sama min maxer. Bedanya, story gamer lebih peduli sama ceritanya daripada tampilan visual atau teknik mainnya.

Kalau kamu tanya apa itu gamer tipe story, ya siapapun yang ingin menikmati game layaknya menonton sebuah film dengan alur cerita yang bagus.

Biasanya tipe game horor, action-adventure atau RPG yang jadi favorit tipe gamer ini. Mereka lebih suka game yang menciptakan kesan emosional meskipun sudah selesai memainkan game itu.

8. Specialist

  • Suka dengan: Fokus pada satu genre game seusai dengan skill dan karakter yang dimiliki
  • Game Favorit: Guilty Gear Strive, Microsoft Flight Simulator, Guitar Hero III, FIFA 2024.

Pernah belum sih kamu ketemu sama orang yang cuma suka main satu jenis game aja? Misalnya, mereka selalu fokus main game sepakbola, tidak peduli nama gamenya apa. Kalau pernah, berarti kamu sudah ketemu sama seorang gamer spesialis.

The specialist gamer adalah gamer yang passion-nya memang di satu genre game. Ini bukan karena ia tidak mau explore untuk mengasah kehebatan di jenis genre lain, tapi memang dia menemukan kesenangan bermain di genre itu.

Tipe gamer ini bisa saja terbentuk dari passion pribadi atau dipengaruhi oleh komunitas. Jadi, kalau lingkup pertemanan mereka adalah para gamer di genre balap, biasanya mereka cenderung memainkan game jenis itu.

9. The Expert

  • Suka dengan: Mempelajari sistem game, pakai taktik canggih, sharing ilmu.
  • Game Favorit: Beragam game dari berbagai genre dan platform

Kebalikan dari specialist gamer, expert gamers adalah mereka yang mahir memainkan game dari berbagai genre. Mereka bisa disebut petualang atau tipe gamer yang cepat bosan kalau cuma main jenis game yang itu-itu saja.

Dengan kepribadian yang mereka punya, expert gamer adalah orang yang jago beradaptasi. Mereka bukan cuma bisa main game, tapi bisa dengan gampang menguasai perangkat yang dipakai.

Jadi, kalau ada gamer yang penasaran sama konsol terbaru yang keluar dan langsung mencobanya, biasanya mereka termasuk tipe expert gamer ini.

10. Gaming Streamer

  • Suka dengan: Berbagai game secara online, berinteraksi dengan penonton, punya komunitas sendiri
  • Game favorit: Berbagai game selama cocok untuk streaming, umumnya yang lagi tren atau populer di lingkup viewer-nya

Apa itu gamer yang lagi hits? Salah satunya adalah gamer yang suka streaming. Coba bayangkan, ada sekitar 9,8 juta orang yang suka streaming game setiap bulannya di Twitch. Jadi, kalau dihitung dari semua platform, bisa sampai belasan juta orang, lho.

Nah, artinya tipe gamer ini sedang tren. Dan yang penting dicatat, tidak ada aturan kalau gamer adalah orang yang harus jago, baru bisa streaming. Siapapun bisa saja streaming, baik sekadar dokumentasi, atau memang sengaja memberi tahu perkembangan skill gaming mereka.

Tambahan lagi, streaming gamer adalah tipe yang juga selalu up to date sama game terbaru. Jadi mereka bisa dianggap gamer yang paling gampang beradaptasi. Bisa dalam hal memainkan game baru, atau mencoba platform atau aplikasi live streaming baru buat menyapa audiens.

Jadi, Gamers Adalah?

Gamers adalah orang-orang yang rela memakai waktunya untuk main game di manapun dan di perangkat apapun. Kami sudah menjelaskan apa itu gamer dengan lengkap di artikel ini, bukan?

Kamu jadi tahu kalau arti gamer tidak terbatas pada skill gaming seseorang atau usia dan jenis kelaminnya. Bahkan, gamer adalah orang yang gemar memainkan game tanpa melihat itu sekadar hobi atau untuk dapat uang sebagai pro player.

Oh ya, uang yang dihasilkan gamer atau gamers itu bisa cukup banyak, lho. Sumbernya bisa dari hadiah kompetisi game, penghasilan iklan sebagai streamer, sampai jualan produk kamu sendiri.

Kalau kamu serius mau dapat uang dari game dan punya komunitas yang besar, beberapa platform seperti Gank layak kamu coba. Di Gank, kamu bisa jadi seorang content creator game yang membangun komunitas dan dapat uang dari donasi, jualan merchandise, dan lainnya.

Bagaimana? Sudah tahu apa itu gamers dan ingin jadi salah satunya?

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version