Kapan jam posting Instagram terbaik agar postinganmu dilihat banyak orang? Lalu, kapan hari terbaik untuk posting di Instagram agar mendapatkan like dan komentar terbanyak?

Tenang saja, di artikel ini telah kami sajikan data jam fyp instagram atau hari dan waktu terbaik secara umum untuk posting di Instagram. Tentu saja, setiap bisnis dan audiens berbeda, jadi artikel ini juga memberikanmu cara untuk menentukan waktu terbaik khusus untuk brandmu untuk mengunggah konten.

Jadi, perhatikan baik-baik sampai selesai, ya!

Cara Kerja Algoritma Instagram

Sebelum membahas jam posting Instagram, mari kita bahas sedikit tentang algoritma Instagram. Algoritma ini sebenarnya adalah sebuah sistem yang menentukan postingan mana yang muncul di feed pengguna berdasarkan keaktifan dan preferensi mereka.

Sistem ini terus berubah, namun yang jelas, algoritma Instagram cenderung memfavoritkan dan menampilkan konten yang menarik banyak interaksi, seperti likes, komentar, shares, durasi waktu yang dihabiskan untuk melihat postingan, frekuensi penggunaan aplikasi, dan baru-baru ini, seberapa cepat sebuah konten menerima interaksi setelah diposting.

Apa Pengaruh Jam Posting Instagram terhadap Algoritma?

Jam upload Instagram sangat penting karena berhubungan langsung dengan kapan audiens targetmu paling aktif di Instagram. Jika kamu memposting saat pengikutmu sedang online, mereka lebih mungkin melihat dan berinteraksi dengan kontenmu, entah itu berkomentar, like, atau interaksi lainnya.

Pengaruh Jam Posting Instagram terhadap Algoritma

Kemudian, algoritma Instagram akan melacak seberapa cepat postinganmu menerima like, komentar, dan bentuk interaksi lainnya. Jika postinganmu menerima banyak interaksi tidak lama setelah dipublikasikan, maka algoritma menganggapnya sebagai konten yang menarik atau penting.

Hal ini meningkatkan peluang postinganmu untuk muncul di bagian atas feed dan bahkan mungkin di halaman Explore pengguna instagram lain. Itulah alasan mengapa jadwal posting instagram sangat penting agar kontenmu menjadi viral.

Kapan Jam Posting Instagram Terbaik?

Menentukan jam posting Instagram terbaik adalah kunci untuk meningkatkan engagement dan jangkauan postinganmu. Waktu terbaik untuk memposting bisa berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis hari (hari kerja vs akhir pekan) dan jenis bisnismu.

Sprout Social, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen media sosial, melakukan penelitian terhadap keterlibatan lebih dari 20.000 pengguna dan menemukan bahwa waktu terbaik untuk memposting di Instagram adalah pada hari Selasa antara jam 11 pagi dan 2 siang, sementara waktu terburuk adalah pada hari Minggu.

Namun, kamu perlu tahu bahwa waktu terbaik upload instagram berbeda-beda di setiap akun bisnis. ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti target audiens, jenis konten, dan jenis usahamu.

Berikut adalah tabel waktu terbaik posting Instagram secara umum berdasarkan data banyaknya pengguna yang aktif di Instagram:

HariWaktu Terbaik Posting Instagram
Senin11:00 AM – 2:00 PM
Selasa9:00 AM – 6:00 PM
Rabu11:00 AM – 3:00 PM
Kamis10:00 AM – 2:00 PM, 6:00 PM – 7:00 PM
Jumat9:00 AM – 10:00 AM, 4:00 PM – 5:00 PM
Sabtu10:00 AM – 1:00 PM
Minggu10:00 AM – 2:00 PM
Tabel jam posting Instagram terbaik

Jam Posting Instagram Terbaik Berdasarkan Jenis Bisnis

Berikut adalah data waktu yang optimal untuk mengunggah konten di Instagram, yang berbeda-beda tergantung pada jenis bisnismu. Perlu kamu ingat bahwa waktu-waktu ini bisa berubah sesuai dengan target audiens dan dinamika pasar, jadi sangat kami sarankan untuk selalu mengawasi dan menyesuaikan strategi media sosialmu berdasarkan analisis dan observasi terbaru.

Gunakan data berikut sebagai pedoman untuk memastikan bahwa konten yang kamu bagikan mendapatkan interaksi maksimal dari audiens.

Jenis BisnisJam Posting TerbaikHari TerbaikHari Terburuk
Barang KonsumenKamis jam 14.00Selasa dan KamisMinggu
Rumah Sakit & KesehatanKamis jam 13.00Selasa, Kamis, dan JumatMinggu
PelayananSelasa jam 10.00; Rabu jam 11.00-13.00; Kamis jam 12.00; Jumat jam 10.00-12.00Selasa dan RabuMinggu
MediaSenin jam 11.00; Rabu jam 11.00; Kamis jam 10.00Senin, Rabu, KamisSabtu dan Minggu
NonprofitSelasa jam 10.00 dan 13.00; Rabu jam 11.00-17.00; Jumat jam 10.00-12.00RabuSabtu dan Minggu
RestoranSenin jam 14.00 dan 16.00-18.00SeninKamis, Sabtu, dan Minggu
Sekolah & PendidikanSelasa jam 11.00 dan 13.00-16.00; Rabu jam 12.00 dan 15.00; Kamis jam 10.00-12.00SelasaMinggu
Perjalanan & PariwisataSelasa jam 10.00Selasa dan RabuKamis, Sabtu, dan Minggu
Tabel Jam Posting Instagram Terbaik Berdasarkan Jenis Bisnis

Walau sudah mematuhi aturan jam posting Instagram seperti tabel diatas, namun belum tentu kontenmu akan viral dan menjangkau banyak audience. Algoritma Instagram memang susah ditebak. Untuk bisa sukses di platform ini, kamu perlu menyeimbangkan antara konsisten memposting konten berkualitas tinggi dan teknik digital marketing lainnya.

Sebaiknya, selain mempertimbangkan data diatas, kamu juga harus melakukan eksperimenmu sendiri.

Eksperimen Jadwal Posting Instagram menggunakan Insights

Salah satu cara ampuh dalam bereksperimen untuk menemukan waktu terbaik upload Instagram di akunmu adalah menggunakan fitur Insight Instagram. Fitur ini memberikan analisis mendalam tentang kapan audiensmu paling aktif, sehingga kamu bisa menyesuaikan jadwal postingmu agar lebih efektif.

Berikut adalah langkah-langkah detil dalam melakukan eksperimen ini:

1. Akses Instagram Insights:

  • Pastikan akun Instagrammu telah diubah menjadi Akun Bisnis atau Kreator.
  • Buka profil Instagrammu, lalu tap ikon menu (tiga garis horizontal) di pojok kanan atas.
  • Pilih ‘Insights’ untuk mengakses data statistik.

2. Analisa Aktivitas Pengikut:

  • Dalam Instagram Insights, carilah bagian yang menunjukkan statistik audiensmu.
  • Fokus pada bagian ‘Audience’ dan temukan data yang menunjukkan kapan pengikutmu paling sering online, baik per hari maupun jam.

3. Identifikasi Slot Waktu Terbaik:

  • Catat beberapa waktu di mana aktivitas pengikutmu mencapai puncaknya. Ini bisa bervariasi tergantung pada hari dalam seminggu.

4. Susun Jadwal Posting Eksperimental:

  • Berdasarkan data yang kamu kumpulkan, buat beberapa skenario waktu posting untuk diuji coba.
  • Pastikan untuk menyebar waktu posting di berbagai jam dan hari untuk mendapatkan hasil yang komprehensif.

5. Implementasi dan Pemantauan:

  • Terapkan jadwal posting eksperimental ini dan amati bagaimana reaksi audiens terhadap setiap postingan.
  • Gunakan Instagram Insights untuk memantau metrik seperti reach, likes, komentar, shares, dan saves dari setiap postingan.

6. Evaluasi Hasil:

  • Setelah periode eksperimen, evaluasi postingan mana yang mendapatkan engagement terbaik.
  • Tentukan jam-jam mana yang paling efektif dan jadikan sebagai waktu utama untuk postingmu.

7. Konsisten dan Adaptif:

  • Jaga konsistensi dalam menggunakan waktu terbaik yang telah kamu tentukan, namun tetaplah fleksibel dan adaptif terhadap perubahan tren atau perilaku audiens.

Ingat, eksperimen ini bukan sekali jadi. Audiens dan algoritma Instagram terus berubah, jadi penting untuk terus memantau dan menyesuaikan strategi postingmu untuk memaksimalkan engagement dan jangkauan akun Instagrammu.

Tips agar Postingan Instagram Cepat Viral

Untuk membuat postingan Instagram cepat viral, menggabungkan strategi jadwal posting Instagram dengan beberapa tips lain sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan peluang post Instagram mu menjadi viral:

1. Memahami Audiens dan Waktu Posting Terbaik:

  • Analisis Audiens: Kenali demografi dan perilaku audiens targetmu. Menggunakan Instagram Insights, kamu dapat melihat kapan pengikutmu paling aktif.
  • Waktu Posting: Sesuaikan jadwal postingmu dengan waktu ketika audiensmu paling aktif. Ini meningkatkan peluang postinganmu untuk dilihat dan berinteraksi, yang penting untuk virality.

2. Konten Berkualitas dan Relevan:

  • Konten Menarik: Buatlah konten yang menarik, unik, dan relevan dengan audiens targetmu. Konten yang berkualitas tinggi lebih mungkin mendapatkan like, komentar, dan dibagikan.
  • Visual yang Menonjol: Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi yang menarik perhatian.

3. Menggunakan Hashtag yang Tepat:

  • Hashtag Relevan: Gunakan hashtag yang relevan dengan bisnismu dan postinganmu. Hashtag yang tepat dapat meningkatkan jangkauan postinganmu ke audiens yang lebih luas.
  • Hashtag Populer dan Niche: Kombinasikan hashtag populer dengan hashtag niche untuk menjangkau berbagai audiens.

4. Ajak Interaksi Audiens:

  • Call to Action (CTA): Sertakan CTA yang kuat di postinganmu, misalnya meminta audiens untuk memberikan komentar atau bertanya.
  • Interaksi dengan Pengikut: Respon komentar dan pertanyaan pengikut untuk meningkatkan interaksi.

5. Memanfaatkan Fitur Instagram:

  • Stories, Reels, dan IGTV: Gunakan berbagai format konten di Instagram seperti Stories, Reels, dan IGTV untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Fitur Interaktif: Gunakan polling, kuis, dan fitur interaktif lainnya dalam Stories untuk meningkatkan keterlibatan.

6. Kolaborasi dan UGC (User-Generated Content):

  • Kolaborasi: Berpartner dengan influencer atau bisnis lain untuk menjangkau audiens baru.
  • Mendorong UGC: Ajak pengikutmu membuat konten yang berhubungan dengan brandmu dan bagikan kembali konten tersebut.

7. Konsistensi dan Fleksibilitas:

  • Posting Secara Konsisten: Buat jadwal posting Instagram yang konsisten untuk menjaga audiens tetap terlibat.
  • Adaptasi dan Eksperimen: Terus uji coba dengan strategi berbeda dan adaptasi berdasarkan feedback dan tren.

Temukan waktu terbaik posting instagram bisnismu!

Algoritma Instagram memberikan preferensi pada postingan yang mendapatkan interaksi cepat, yang membuat waktu posting menjadi faktor kunci. Memahami pola aktivitas audiensmu dan bereksperimen dengan waktu posting yang berbeda dapat membantu meningkatkan jumlah like dan engagement secara keseluruhan.

Ingat, setiap bisnis memiliki prime time instagram yang berbeda-beda. Tapi dengan tips-tips di atas, kamu bisa mulai menguji dan menemukan waktu terbaik upload instagram untuk akun bisnismu.

Jangan lupa, konsisten dan terus bereksperimen adalah kunci. Selamat mencoba!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version