Instagram tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi momen pribadi, tetapi juga telah bertransformasi menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Dengan adanya 89.891.300 pengguna Instagram di Indonesia pada Januari 2024, yang mencakup 31.9% dari seluruh pengguna Instagram, potensi untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa melalui platform ini menjadi sangat besar. Namun, agar upaya pemasaran tersebut dapat berjalan dengan efektif, sangat penting bagi akun Instagrammu untuk memiliki jumlah followers yang banyak.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 8 cara terbaru di tahun 2024 untuk menambah followers IG secara gratis, membantumu mencapai popularitas dan meningkatkan efektivitas pemasaran produk atau jasamu di Instagram.

Cara Menambah Followers IG Gratis Terbaru 2024

1. Gunakan Situs Auto Followers

Penggunaan situs auto followers untuk menambah jumlah pengikut di Instagram (IG) merupakan salah satu metode yang sering dicari oleh pengguna yang ingin cepat meningkatkan jumlah followers mereka.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk dicatat bahwa penggunaan situs atau layanan semacam ini bisa berisiko, termasuk potensi pelanggaran terhadap kebijakan Instagram, risiko keamanan akun, dan kemungkinan dampak negatif terhadap kredibilitas akun kamu.

Instagram secara aktif memerangi akun-akun yang menggunakan cara tidak organik untuk menambah followers, yang bisa berujung pada pembatasan atau bahkan suspensi akun.

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba, berikut kami berikan daftar situs untuk cara menambah followers IG secara gratis:

  1. Regram.net
  2. Ezlikers.com
  3. Pengikut-gratis.com
  4. 4gram.net
  5. Gogram.net
  6. IG Liker
  7. IndoFoll

Ingat, cara ini sangat beresiko apalagi dengan tools/situs gratis. Selain itu, apabila situs meminta data username dan password Instagrammu, akunmu berpotensi dicuri. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum melakukan cara ini!

2. Teknik Follow-Unfollow

Teknik follow-unfollow merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh beberapa pengguna Instagram untuk meningkatkan jumlah followers mereka secara cepat. Caranya dengan kamu follow sejumlah akun Instagram lain dengan harapan bahwa akun-akun tersebut akan mengikuti balik (follow back). Setelah beberapa waktu, kamu kemudian akan berhenti mengikuti (unfollow) akun-akun tersebut, terutama yang tidak mengikuti balik.

Sebelum memulai, sangat penting untuk mengetahui niche atau topik spesifik yang kamu fokuskan. Bisa dari hobi, gaya hidup, seni, teknologi, hingga bidang edukasi. Mengetahui niche kamu dengan jelas akan membantu dalam menargetkan jenis akun yang sebaiknya kamu ikuti.

Namun, cara menambah followers IG dengan teknik follow-unfollow ini memiliki kelemahan dan resiko. Teknik ini dapat membuat akun kamu terlihat spammy dan dapat menurunkan kredibilitas di mata pengikut kamu yang sebenarnya. Walaupun mungkin efektif dalam jangka pendek, teknik ini tidak membantu dalam membangun engagement atau komunitas yang aktif dan terlibat secara nyata dengan konten kamu.

Melakukan follow dan unfollow dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat dapat memicu sistem keamanan Instagram untuk menganggap aktivitas kamu sebagai spam, yang bisa berujung pada pembatasan atau suspensi akun.

3. Like Postingan di Explore

Menyukai (like) postingan di tab Explore Instagram merupakan salah satu cara organik untuk meningkatkan jumlah followers. Tab Explore menampilkan berbagai postingan yang disesuaikan dengan kebiasaan dan preferensi pengguna, membuatnya menjadi tempat yang tepat untuk menemukan konten baru dan terhubung dengan audiens potensial.

Selain like postingan, membuat komentar yang bernilai dan relevan bisa meningkatkan visibilitas kamu. Komentar yang asli dan berbobot lebih mungkin mendapatkan respons, baik dari pemilik akun maupun pengguna lain yang melihat komentar tersebut.

4. Gunakan Hashtag dan Tag Lokasi

Menggunakan hashtag dan tag lokasi adalah strategi efektif untuk menambah followers Instagram karena memungkinkan konten kamu lebih mudah ditemukan oleh audiens yang lebih luas, termasuk mereka yang belum mengikuti akun kamu.

Hashtag

  • Target Hashtag yang Relevan: Pilih hashtag yang relevan dengan niche atau industri kamu. Ini akan membantu menarik audiens yang tertarik pada konten spesifik yang kamu tawarkan.
  • Kombinasikan Hashtag Populer dan Niche: Gunakan kombinasi hashtag yang populer dan spesifik untuk niche kamu. Hashtag populer meningkatkan visibilitas, sementara hashtag niche menargetkan audiens yang lebih spesifik.
  • Riset Hashtag: Gunakan alat seperti Instagram Search, Hashtagify, atau RiteTag untuk menemukan hashtag yang sedang tren dan relevan dengan postinganmu.
  • Perbarui Hashtag: Jangan terus menggunakan hashtag yang sama. Eksperimen dengan hashtag baru untuk menemukan kombinasi yang paling efektif dalam menarik followers baru.

Tag Lokasi

  • Spesifikasikan Lokasi: Saat memungkinkan, gunakan lokasi yang spesifik (seperti nama restoran atau taman) daripada lokasi yang umum (seperti kota atau negara). Ini dapat menarik audiens yang mencari postingan tentang lokasi tertentu.
  • Gunakan pada Setiap Postingan: Secara konsisten menggunakan tag lokasi, bahkan jika itu adalah lokasi umum, bisa meningkatkan kesempatan postinganmu untuk dilihat oleh orang-orang yang menjelajahi lokasi tersebut.
  • Lokasi Acara Khusus: Jika ada acara khusus atau populer di lokasi tertentu, gunakan tag lokasi tersebut untuk menarik audiens yang tertarik pada acara itu.

5. Gunakan Fitur menarik di IG Stories

Sebenarnya, yang dimaksud disini adalah menggunakan hashtag pada IG stories untuk event atau tren tertentu. Misalnya hari ini sedang ramai pemilu, maka buatlah juga IG Stories menarik dengan memanfaatkan fitur” menarik sesuai kreativitasmu.

Banyak kok, yang mendapatkan followers baru dari hasil membuat IG stories kreatif yang mengikuti tren. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan fitur menarik di IG Stories:

  1. Gunakan Polls dan Questions: Fitur interaktif seperti polls dan questions bukan hanya membuat stories kamu lebih menarik, tapi juga mendorong interaksi dari pengguna lain. Ketika mereka berpartisipasi dalam polling atau menjawab pertanyaan, ada kemungkinan mereka akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang kamu dan akhirnya mem-follow.
  2. Manfaatkan Stickers: IG Stories menyediakan berbagai stickers yang bisa kamu gunakan untuk menambah konteks atau membuat stories kamu lebih eye-catching. Misalnya, stickers cuaca untuk menunjukkan suasana hari itu, atau stickers lokasi untuk menambahkan dimensi geografis ke cerita kamu.
  3. Buat Highlight Stories: Dengan membuat highlight dari stories terbaik kamu, pengunjung baru yang datang ke profil kamu bisa langsung melihat konten-konten menarik yang pernah kamu buat. Ini bisa menjadi ‘etalase’ bagi mereka untuk melihat apa yang bisa mereka harapkan dari mengikuti kamu.
  4. Berkolaborasi dengan Akun Lain: Melakukan take over stories atau kolaborasi dengan akun lain yang memiliki audiens serupa bisa menjadi cara efektif untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Ketika kamu muncul di stories akun lain, followers mereka bisa menjadi tertarik untuk mengunjungi dan mengikuti akun kamu.
  5. Gunakan Fitur Music: Musik bisa menambahkan suasana yang lebih hidup ke dalam stories kamu. Pilih lagu yang sedang tren atau yang paling menggambarkan mood dari stories yang kamu buat. Ini bisa membuat stories kamu lebih menarik dan meningkatkan kemungkinan untuk dibagikan oleh orang lain.
  6. Ceritakan Kisah: Gunakan serangkaian stories untuk menceritakan sebuah kisah atau mengadakan mini series. Ini membuat followers lama terus kembali untuk melihat kelanjutan ceritanya dan menarik perhatian pengguna baru yang tertarik dengan narasi kamu.

Memanfaatkan fitur-fitur menarik di IG Stories tidak hanya membuat konten kamu lebih dinamis dan menarik, tapi juga meningkatkan peluang untuk dilihat oleh audiens yang lebih luas. Ingat, kreativitas adalah kunci dalam menggunakan media sosial, jadi jangan takut untuk bereksperimen dengan ide-ide baru dan berbeda untuk menarik perhatian dan menambah jumlah followers di Instagram kamu.

6. Kolaborasi dengan Pengguna Lain

Kolaborasi di Instagram adalah fitur di Instagram agar dua akun yang berbeda bisa memposting feed yang sama dan tertaut satu dengan yang lain. Untuk melakukan kolaborasi ini, hanya perlu salah satu akun untuk memposting feed, lalu aktifkan togle kolaborasi dan cari akun untuk kamu ajak kolaborasi.

Kolaborasi merupakan cara menambah followers IG tanpa aplikasi yang gratis dan organik. Misalnya nih, kamu suka posting foto dan video burung yang ada di alam hasil jepretanmu sendiri. Awalnya, kamu hanya punya followers 500 padahal feed kamu sudah bagus dan rajin posting. Suatu hari, kamu ikutan event hunting foto burung, lalu posting kolaborasi dengan salah satu peserta lain yang sudah punya puluhan ribu followers. Dapat dipastikan, followers kamu bakal bertambah banyak karena followers peserta lain pasti kepo dengan akunmu setelah kamu kolaborasi. Apalagi, kalau ternyata banyak yang suka dengan foto-fotomu.

Meskipun akunmu adalah akun pribadi yang hanya menampilkan kehidupan pribadimu tanpa niche tertentu, cara memperbanyak followers instagram dengan kolaborasi ini tetap efektif kok. Paling tidak, kamu bakalan dapat likes lebih banyak dari followers akun yang kamu ajak kolaborasi. Jadi, coba saja!

7. Interaksi dengan Followers

Interaksi dengan followers di Instagram merupakan salah satu strategi kunci cara membuat followers IG banyak secara organik. Followers merasa dihargai dan diperhatikan ketika komentarnya dibalas atau ketika mereka mendapat like dari akun yang mereka ikuti.

Ini penting dalam membangun kepercayaan, yang merupakan fondasi dari setiap hubungan online. Ketika orang merasa terhubung dan percaya dengan kamu atau brandmu, mereka lebih cenderung menjadi followers dan bahkan mendorong orang lain untuk mengikuti karena mereka merasa menjadi bagian dari sesuatu yang autentik dan positif.

Disisi lain, Instagram menggunakan algoritma yang memprioritaskan konten dengan tingkat interaksi tinggi, seperti likes, komentar, shares, dan views. Dengan berinteraksi dengan followers, kamu tidak hanya meningkatkan engagement pada postinganmu sendiri tetapi juga meningkatkan peluang kontenmu untuk muncul di feed orang lain, termasuk di bagian Explore. Ini secara tidak langsung membantu menarik minat pengguna Instagram lainnya yang belum mengikuti kamu.

Berikut adalah cara berinteraksi yang efektif:

  • Balas Komentar: Luangkan waktu untuk membalas komentar pada postinganmu. Ini tidak hanya menunjukkan penghargaan terhadap followers, tetapi juga mendorong interaksi lebih lanjut.
  • Like dan Komentar pada Postingan Followers: Tunjukkan dukunganmu dengan berinteraksi dengan konten yang dibuat oleh followersmu.
  • Gunakan Fitur Polls, Questions, atau Quizzes di Stories: Ini adalah cara yang bagus untuk mengajak followers berpartisipasi secara langsung.
  • Buat Konten yang Mendorong Interaksi: Misalnya, ajukan pertanyaan dalam caption atau buat konten yang relatable yang mendorong followers untuk memberikan pendapat mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Grup di IG

8. Promosi di Platform Lain

Nah, cara terakhir ini banyak yang tidak kepikiran karena biasanya kebanyakan orang hanya berfokus mencari cara menaikkan followers instagram dengan memanfaatkan fitur di instagram itu sendiri.

Promosi IG di platform lain merupakan strategi yang efektif untuk memperluas jangkauan dan menarik audiens baru dari berbagai platform media sosial atau kanal digital lainnya, seperti di Facebook, Twitter, YouTube, atau bahkan di blog pribadi. Hal ini memungkinkan kamu untuk menjangkau lebih banyak orang yang mungkin tertarik dengan konten yang kamu sajikan di Instagram.

Berikut adalah cara membuat followers IG banyak dengan promosi di akun lain:

  • Gunakan Tautan di Bio atau Deskripsi
    Kamu bisa menambahkan tautan akun Instagrammu di bio atau deskripsi profil di berbagai platform. Misalnya di platform seperti YouTube, kamu bisa menambahkan tautan di deskripsi video atau menggunakan kartu dan end screens untuk mengarahkan penonton ke Instagram mu.
  • Sertakan Call-to-Action (CTA)
    Setiap kali kamu mempromosikan konten Instagram di platform lain, pastikan untuk menyertakan call-to-action yang jelas, untuk mengundang audiens untuk mengikutimu di Instagram. Berikan alasan mengapa mereka harus mengikutimu, apakah itu untuk konten eksklusif, tips berguna, giveaway, atau alasan lainnya.
  • Promosi IG sesuai karakteristik Platform
    Selanjutnya, pastikan kamu menyesuaikan pesan promosi sesuai dengan karakteristik masing-masing platform. Ini penting karena setiap platform memiliki cara pengguna berinteraksi yang berbeda. Misalnya, di Twitter, kamu bisa membuat thread yang menarik tentang topik yang kamu bahas di Instagram, lalu sertakan link ke profil Instagram kamu. Di LinkedIn, kamu bisa menulis artikel profesional yang berkaitan dengan niche kamu, lalu mengajak pembaca untuk mengikuti Instagram kamu untuk wawasan lebih lanjut. Ini tidak hanya meningkatkan visibilitas tapi juga membangun kredibilitas kamu di mata audiens.

Naikkan Followersmu sekarang!

Ada banyak cara menambah followers IG, baik yang instan maupun yang lama secara organik. Dengan cara instant, kamu bisa menambah followers dengan mudah namun juga dengan resiko yang besar. Cara menambah followers IG secara organik mungkin membutuhkan waktu yang lama, namun dipastikan pengikutmu bukan robot dan lebih aktif.

Ingat, kualitas selalu mengalahkan kuantitas. Fokus pada pembuatan konten yang menarik, relevan, dan unik misalnya punya feed IG nyambung akan membuat akun Instagrammu tidak hanya tumbuh dalam jumlah followers, tetapi juga dalam kualitas interaksi. Terus eksplorasi dan adaptasi dengan tren terbaru serta algoritma Instagram untuk memastikan strategi kamu tetap efektif. Selamat berkreasi dan semoga sukses dalam perjalanan Instagrammu!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version