TikTok adalah platform media sosial fenomenal yang kini digandrungi anak muda. Bayangkan, 36,7% penggunanya itu Gen Z, tepatnya mereka yang umurnya 18 sampai 24 tahun.

Di tengah dominasi Facebook dan Instagram, makin banyak orang yang mau tahu apa itu TikTok lebih dekat. Terutama, content creator yang berencana posting konten menarik di beberapa platform.

Nah, di artikel ini, kami akan ajak kamu buat tahu lebih lengkap berbagai fitur TikTok. Kamu juga akan dapat ide untuk memanfaatkan kelebihan TikTok. Jadi, lihat penjelasannya sampai akhir, yuk!

Apa itu TikTok?

TikTok adalah platform media sosial yang fokus pada konten video pendek, berdurasi 60 detik sampai 3 menit. Tapi, bisa saja ada perubahan seiring update fitur yang dilakukan.

Nah, itu pengertian TikTok singkat. Tentunya perlu penjelasan lebih dalam, kan? Mari lanjut.

TikTok sendiri merupakan platform besutan developer terkenal ByteDance yang juga sukses dengan CapCut, aplikasi edit video. Dengan TikTok, mereka punya visi buat menggabungkan kemudahan membuat konten dan kenyamanan menontonnya. Itulah yang dikenal dengan apa itu TikTok saat ini.

Bisa ditebak kalau sebagai platform media sosial yang lebih muda dibanding Facebook dan Instagram, TikTok tentu mau tampil beda. Dan, itulah yang mereka coba wujudkan.

TikTok adalah platform yang mendorong siapapun buat berani jadi content creator berbekal kreativitas yang mereka punya. Jadi, apapun niche kamu, entah itu game, cosplay, musik, komedi, atau edukasi, TikTok membebaskan kamu berekspresi dengan skill dan kegemaran kamu.

Sumber Foto: Instagram Autobot

Ini bisa terjadi karena TikTok adalah platform yang punya banyak koleksi klip lagu dan suara (sound effect) dan berbagai efek visual untuk membuat konten. Semua ini bisa kamu gunakan gratis.

Dengan begitu, kamu tak perlu buat konten dari nol sama sekali dan keluar biaya untuk punya konten profesional. Bahkan, ada tool edit yang bisa bantu kamu membuat tiap kontenmu unik dan jadi viral.

Nah, bagi penonton, TikTok itu ibarat surga hiburan. Ada jutaan konten menarik yang bisa dinikmati dengan swipe yang mudah. Artinya, TikTok tidak lagi pakai sistem scroll ala Facebook dan Instagram.

Aplikasi TikTok adalah aplikasi yang dibuat agar bisa sangat ramah pengguna. Dan, itu berhasil. Di Apple Store, mereka dapat rating 4,9/5. Sedangkan di Play Store, mereka dapat rating 4,4/5. Itu menunjukkan kalau pengguna TikTok puas dengan pengalaman yang didapatkan di aplikasi itu.

Yang tak kalah menarik, aplikasi TikTok adalah jenis aplikasi all-rounder. Maksudnya, TikTok juga bisa berupa web app buat diakses pakai laptop atau komputer, bahkan di Android TV pun bisa. Jadi, pengguna punya banyak pilihan menggunakannya.

Ini tentu beda sama Facebook yang awalnya cuma platform website, kan?

Oh ya, apa kamu bosan sama konten dari teman dan grup favorit di Facebook dan Instagram yang begitu-begitu saja? Tidak perlu khawatir. Di TikTok, kamu akan melihat beragam konten dari content creator di seluruh dunia yang sesuai dengan preferensimu. Dijamin, kamu tidak cepat bosan di TikTok.

Algoritma di TikTok adalah faktor utama di balik semua itu. Algoritma ini juga yang jadi kunci pertumbuhan pesat platform ini. Personalisasi konten jelas membuat pengguna puas.

Bagi content creator pun, algoritma itu mendukung peluang jadi viral berkat konten menarik yang masuk ke FYP (For Your Page).

Sejarah TikTok

Dengan pengertian TikTok di atas dan beberapa cerita perbandingan dengan platform lain, sebenarnya, bagaimana sih kisah awal mula TikTok?

Inilah sejarah TikTok yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan platform ini sebagai content creator:

  • 2016 — TikTok dirilis di China dengan nama Douyin. Idenya sama, platform berbagi video pendek dengan berbagai topik, seperti komedi, menari, edukasi, fashion, kecantikan dan lainnya.
  • 2017 — ByteDance membeli Musical.ly sebagai langkah strategis jadi pemain global. Sejarah TikTok juga mencatat bahwa di tahun sama, TikTok diluncurkan di Indonesia tapi harus menghadapi penolakan dari pengguna dan pemerintah karena konten yang dianggap tidak mendidik.
  • 2018 — TikTok memasukkan Musical.ly ke dalam platform. Lalu, TikTok adalah aplikasi global yang tersedia di lebih dari 150 negara di seluruh dunia dengan fitur unik berupa koleksi lagu lengkap. Indonesia jadi negara pertama yang punya kantor TikTok di Jakarta.
  • 2019 — TikTok adalah aplikasi yang terbanyak diunduh di Amerika Serikat dan juara kedua aplikasi populer dunia. Sejak itu, pengaruhnya makin besar, terutama di kalangan anak muda yang suka konten pendek yang kreatif. Tak heran, TikTok punya 1 miliar pengguna aktif bulanan di dunia.
  • 2020 — Bukan tahun yang baik bagi apa itu TikTok karena berbagai larangan di negara seperti India, Pakistan, Amerika dan lainnya.
  • 2021 — TikTok meluncurkan TikTok Shop, fitur buat jual-beli produk langsung di aplikasi. Indonesia dapat giliran pertama TikTok Shop dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Di tahun sama, TikTok jadi website terpopuler, mengalahkan Google, dan platform media sosial terpopuler mengungguli Facebook.
  • 2022 — Sejarah TikTok di dunia gaming dimulai ketika menggelar hajatan gaming global. Dengan semangat “TikTok Made Me Play It”, platform media sosial ini mau mengajak industri gaming melihat lebih jauh platform mereka. Ini juga upaya menarik banyak content creator di bidang gaming buat memanfaatkan platform ini lebih baik.
  • 2023 — TikTok Shop makin populer dan makin banyak orang dapat cuan setelah jualan di platform ini. Sayangnya, pemerintah Indonesia melarang kegiatan ini. Dan di akhir tahun, TikTok menjalin bekerja sama dengan Tokopedia.
  • 2024 — TikTok ingin memberikan dampak lebih besar ke para content creator dengan mengajak mereka ke World Economic Forum untuk bicara tentang project mereka di depan pemimpin top dunia. Ini sejarah TikTok yang pasti akan diingat.
Sumber Foto: newsroom.tiktok.com

Apa Saja Fitur TikTok?

Platform media sosial akan digemari pengguna kalau fiturnya keren. Nah, inilah beberapa fitur TikTok yang kamu perlu tahu:

1. Edit Video di Aplikasi

  • Kategori: Edit Konten

Salah satu fitur TikTok adalah bisa edit video langsung di aplikasinya. Kamu bisa dengan gampang trim dan merge video dan menyusun klip video sesuai cerita. Ini yang membedakannya dari Facebook.

Dengan fitur ini, kamu bisa membuat konten video yang kelihatan profesional. Plus, kamu tidak perlu repot buat konten yang sempurna sebelum diunggah. Kamu bisa pakai rekaman video apapun, kok. Selanjutnya, tinggal tambahkan efek keren seperti slow motion atau malah mode cepat.

2. Filter dan Efek

  • Kategori: Pembuatan Konten

TikTok adalah platform yang dikenal karena filter dan efek keren di dalamnya. Jadi, kalau bicara apa itu TikTok, rasanya tidak mungkin lupa dua fitur ini karena kamu pasti akan menggunakannya.

Konon, fitur TikTok ini digarap dengan serius sampai melibatkan kecerdasan buatan alias AI. Hanya berbekal ponsel, TikTok mau semua orang bisa pakai efek seperti pakai software edit video pro.

TikTok sendiri selalu punya efek baru yang seru. Kamu bisa coba Time Warp Scan, Face Zoom, atau yang lain. Bahkan, sekarang TikTok juga punya Mobile Effect Editor setelah sebelumnya mengenalkan Effect House buat pengguna web.

Sumber Foto: newsroom.tiktok.com

3. Koleksi Musik dan Efek Suara

  • Kategori: Pembuatan Konten

Apa sih yang membuat konten video kamu jadi makin dramatis atau lucu? Salah satunya, sound effect yang kamu pakai. Atau, soundtrack musik yang mengalun di belakangnya dan mendukung alur cerita.

Pakai dua fitur TikTok ini bisa membuat video kamu bisa bercerita dan membuat orang lain senang atau sedih tanpa harus mengatakannya. Cukup tambahkan efek yang pas untuk membuat penonton terbawa suasana.

4. Text-to-Speech

  • Kategori: Pembuatan Konten

Pernah kan kamu bingung mau kasih narasi video seperti apa? Kalau itu terjadi, coba saja pakai fitur Text-to-Speech di TikTok. Kamu tinggal tulis saja teksnya, nanti akan langsung jadi suara narasi itu. Serunya lagi, kamu bisa atur suara sesuai selera kamu lewat Voice Options.

Bukan cuma di kondisi itu, fitur TikTok ini cocok buat membangun penyampaian informasi sesuai dengan tujuan atau niche-nya. Misalnya, buat konten edukasi atau konten komedi.

5. Voice Effect

  • Kategori: Pembuatan Konten

Di TikTok, kamu bisa membuat sebuah rekaman dan menjadikannya punya suara yang berbeda di video. Fitur TikTok ini bernama Voice Effect.

Yang perlu kamu lakukan di TikTok adalah mencari opsi “Voice Effects” lalu pilih jenis nada yang kamu mau. Misalnya, Chipmunk, Baritone, Shake, Electronice, Echo, dan lainnya. Keunikan suara seperti ini akan membuat konten kamu tampil beda dan bisa menarik engagement dari audiens.

6. Voiceover

  • Kategori: Edit Konten

Bagaimana kalau kamu buat sebuah video, lalu tambahkan komentarnya terpisah? Ide bagus, kan? Nah, kamu bisa melakukan itu pakai fitur TikTok Voiceover.

Sesuai namanya, fitur TikTok ini tujuannya buat menambahkan narasi suara ke video yang sudah jadi. Akan cocok dipakai buat video tutorial biar kamu bisa fokus pada konten visual pas membuat langkah-langkahnya. Setelah itu, baru kamu jelaskan detail pakai voice over.

7. Green Screen

  • Kategori: Pembuatan Konten

Green screen TikTok adalah fitur buat mengganti latar belakang video dengan gambar atau video lain. Meskipun bukan hal baru, tapi fitur ini tentu sangat memudahkan content creator TikTok untuk melakukannya tanpa perlu bantuan aplikasi lainnya.

Memangnya fitur TikTok ini bisa dipakai buat konten apa? Banyak, kok. Mulai dari sketsa, parodi, atau sekadar konten yang mau dibuat menarik secara visual tanpa pengaturan yang ribet.

8. Duet

  • Kategori: Kolaborasi Content Creator

Duet adalah fitur TikTok untuk membuat konten dengan dua video bersebelahan. Kamu bisa pakai video dari pengguna lain dan video kamu sendiri untuk digabungkan. Dengan fitur ini, kamu jadi bisa kepikiran untuk membuat konten reaction yang seru, bukan?

Menariknya, kamu bukan cuma bisa membuat video duet dengan penggabungan kanan dan kiri. Kamu juga bisa pilih layout lain seperti react layout, atas-bawah, bahkan tiga video sekaligus.

@lauriehernandez_

#duet with @skinnymario1914 I’ve waited my whole life for this

♬ Linus & Lucy – Children’s Cartoon All-Stars

9. Stitch

  • Kategori: Kolaborasi Content Creator

Fitur TikTok ini sudah ada dari akhir 2020, namanya Stitch. Konsepnya seperti menjahit, di mana kamu menggabungkan konten orang lain dengan konten kamu dalam satu kesatuan video.

Kalau kamu pernah lihat #passthebrushchallenge yang sempat viral? Kamu akan paham konsep Stitch ini. Kamu tinggal potong dan gabungkan adegan dari video lain ke video kamu seolah sebagai sebuah cerita yang satu kesatuan.

10. Polling

  • Kategori: Interaksi

Kalau kamu mau dapat banyak engagement dari konten TikTok, cobalah Interactive Polling. Seperti di X atau Instagram, fitur TikTok ini bisa bantu kamu ajak audiens buat kasih pendapat mereka. Kamu tinggal pikirkan topik pollingnya saja.

Fitur ini bukan cuma membuat audiensmu merasa terlibat, tapi kamu bisa dapat banyak masukan berharga. Misalnya, kamu bisa tanya pendapat mereka tentang gaya busanamu sebagai influencer fashion, atau minta saran follower tentang desain cover yang mereka suka buat album baru kamu.

11. Pin Komentar

  • Kategori: Interaksi

Nama asli dari fitur TikTok ini adalah comment pinning. Fitur ini memungkinkan content creator buat menandai komentar yang dianggap keren di bagian paling atas. Mirip dengan apa yang kamu lihat di YouTube.

Fitur ini bisa kamu pakai buat menampilkan feeback positif yang paling mewakili pikiran orang, menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan, atau informasi penting untuk menjelaskan konten kamu dengan lebih baik.

12. TikTok Live

  • Kategori: Interaksi

Live streaming di TikTok adalah fitur yang wajib kamu manfaatkan kalau mau jadi content creator top di TikTok. Dengan fitur ini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan audiens melalui komentar dan reaksi mereka.

Selain itu, TikTok Live bisa menunjukkan expertise kamu sebagai content creator, lho. Soalnya, saat kamu live semua pengetahuan kamu akan muncul secara natural. Ini akan memperkuat brandingmu di niche tertentu dan membuatmu makin populer.

13. Q&A

  • Kategori: Interaksi

Fitur TikTok Q&A sudah ada hampir 3 tahun dan terbukti mampu meningkatkan interaksi antara audiens dan content creator. Bukan hal yang baru, sih. Intinya, mereka bisa kirim pertanyaan ke kamu buat dijawab.

Meskipun bisa untuk jenis konten apa saja, tentu paling pas pakai fitur TikTok ini buat konten edukasi dan informasi umum. Misalnya, buat konten kuliner, gaming, fashion, techno, cosplay dan lainnya.

Sumber Foto: newsroom.tiktok.com

14. For You Page (FYP)

  • Kategori: Antarmuka dan Algoritma

Kalau bicara apa itu TikTok mustahil buat melupakan For You Page alias FYP. Inilah fitur yang pasti dipakai oleh setiap pengguna TikTok.

Gampangnya, FYP itu tampilan utama di TikTok yang didukung oleh algoritma canggih. Sistemnya bekerja mencatat minat pengguna terhadap konten. Makin sering kamu menonton jenis video tertentu, makin banyak video serupa yang akan muncul di FYPmu.

Bagi content creator, berada di FYP akan menjadi titik balik yang mendorong konten kamu viral dan mendukungmu jadi content creator yang dikenal banyak orang di TikTok.

15. Hashtag

  • Kategori: Pencarian Konten

Ini fitur umum di platform media sosial. Tapi, fitur TikTok inilah yang membuat banyak konten biasa jadi viral dan munculnya berbagai konten challenge yang seru.

Hashtag fungsinya buat mengategorikan konten sekaligus memudahkan pencarian dari pengguna. Siapapun bisa explore video terkait topik, tren, atau challenge pakai hashtag. Misalnya, #moonwalker, #shufflechallenge, #distancedance dan masih banyak lagi.

16. TikTok Shop

  • Kategori: Monetisasi

Ini dia fitur TikTok di ranah social commerce yang sempat membuat heboh Indonesia. Mulai dari berita bisa dapat cuan milyaran jualan online sampai penghentian TikTok Shop karena dianggap menyalahi aturan.

Sesuai namanya, TikTok Shop mengintegrasikan e-commerce langsung ke dalam platform. Jadi, content creator dan brand bisa jualan produk langsung di konten mereka. Bahkan termasuk jualan pakai Live TikTok.

Kalau kamu pernah dengar istilah keranjang kuning. Nah, yang dimaksud adalah fitur TikTok ini.

17. Creator Marketplace

  • Kategori: Kolaborasi dan Monetisasi

Sebenarnya, ini bukanlah fitur di dalam TikTok, melainkan platform khusus yang disiapkan TikTok untuk mendukung ekosistem content creator. Seperti namanya, Creator Marketplace itu wadah bagi brand dan content creator buat bertemu untuk berkolaborasi.

Brand bisa melihat content creator top mana yang pas jadi influencer produk mereka. Dan, content creator jadi berpeluang buat dapat penghasilan dari kerjasama dengan brand alias brand partnership.

18. Creativity Program

  • Kategori: Kolaborasi dan Monetisasi

Dulu TikTok punya The Creator Fund yang membantu para content creator dapat uang biar bisa terus berkreasi di platform itu. Tapi sekarang TikTok punya Creativity Program Beta. Kamu bisa sebut ini fitur TikTok atau platform terpisah buat mendukung content creator di TikTok.

Apapun itu, Creativity Program akan kasih kamu akses biar bisa buat video berdurasi panjang. Nantinya, kamu akan dapat insentif tunai yang lebih besar sampai 20 kali lipat dari jumlah yang ditawarkan oleh Creator Fund.

Baca Juga: Content Creator Grant

Kelebihan TikTok

Dengan fitur melimpah seperti itu kira-kira apa saja kelebihan TikTok sebagai platform media sosial kekinian, ya?

1. Menjangkau Miliaran Pengguna

Kalau mau cari platform media sosial yang penggunanya mencapai 1,7 miliar pengguna dan diprediksi mencapai 2,13 miliar di 2025, TikTok adalah jawabannya.

Dengan pengguna tersebar di 150 negara akan besar peluang untuk jadi content creator yang dikenal banyak orang. Apalagi kalau konten kamu itu tidak terkendala bahasa dan budaya seperti yang dilakukan Khaby Lame.

Sumber: WeAreSocial

2. Algoritma Unik FYP

Tidak perlu jadi selebriti dulu buat terkenal di TikTok, kok. Justru, banyak content creator TikTok yang jadi viral dan dianggap selebriti. Contohnya, Charli D’Amelio, Bella Poarch, atau Addison Rae.

Nah, ini semua berkat algoritma TikTok adalah sistem yang membuat konten viral bisa muncul di FYP banyak orang. Apalagi makin banyak like, komentar, dan share akan lebih viral lagi konten itu. Itu semua bisa terjadi dalam waktu yang relatif cepat, lho. Dan algoritma ini merupakan kelebihan TikTok yang unik.

Baca Juga: Algoritma YouTube

3. Tampilan Ramah Pengguna

Tak bisa dipungkiri kalau kelebihan TikTok adalah pada antarmukanya yang ramah pemula. Semuanya terlihat begitu sederhana, baik bagi audiens atau content creator.

Membuat konten video jadi lebih seru dan gampang. Di aplikasi TikTok sudah ada filter, stiker, musik, dan efek keren yang bisa langsung dipakai. Dan, semua fitur sudah disusun rapi.

Bukan cuma itu, cara akses konten dengan swipe benar-benar membuat pengguna betah. Ditambah lagi pindah halaman dari FYP, Following, dan Friends juga mudah, langsung dari bagian atas layar.

4. Mendukung Kreativitas Content Creator

Content creator memang harus kreatif dalam membuat konten yang menarik. Sayangnya, kadang ada kendala pada perangkat dan proses editing. Nah, kelebihan TikTok adalah membuat kreasi konten lebih mudah. Jadi, makin banyak content creator yang bisa ikut membuat konten seru.

Bayangkan, sebelum ada fitur Duet atau Stitch, membuat konten reaksi atau lucu-lucuan saja akan cukup ribet. Kamu harus pakai aplikasi lain dulu, baru diunggah ke media sosial.

Kalau pakai TikTok, kamu bisa fokus pada ide kreatif konten sesuai niche. Dan siapa saja bisa langsung mulai membuat konten di aplikasi TikTok. Baik itu pelajar, dokter, gamer, musisi dan lainnya.

5. Biaya Produksi Konten Lebih Murah

Melanjutkan penjelasan sebelumnya, kadang pas pilih aplikasi editing video, kamu hanya menemukan aplikasi premium. Bahkan, untuk menambahkan efek tertentu harus upgrade ke versi pro. Setelah dibeli, ternyata tidak semua efek dan filter yang kamu butuhkan ada di dalamnya.

Nah, kelebihan TikTok adalah mampu melihat kesulitan pengguna (pain point) seperti itu. Makanya, TikTok membuat aplikasi mereka lengkap dengan fitur editing video, efek dan fitur kreatif lain seperti voice over yang bisa dipakai gratis.

Dampaknya, biaya produksi konten yang murah membuat semakin banyak content creator yang membanjiri platform mereka.

6. Kolaborasi Konten Lebih Mudah

TikTok adalah platform yang ingin fokus pada membangun komunitas dengan manfaat jangka panjang. Maka dari itu dibuatlah ekosistem yang mendukung kolaborasi antara content creator, brand dan lainnya.

Duet dan Stitch hanya dari sisi fitur. Tapi lebih jauh, TikTok punya platform seperti Creator Marketplace dan TikTok Creative Exchange untuk tujuan ini.

Sumber Foto: ads.tiktok.com

TikTok Creative Exchange lebih cocok untuk proyek besar kolaborasi dengan brand dengan alur yang lebih terstruktur. Sementara Creator Marketplace bisa buat proyek kolaborasi apapun dengan brand.

7. Pilihan Monetisasi Banyak

TikTok adalah platform keren yang bisa buat kamu dapat uang. Bisa dari konten yang kamu buat sebagai content creator, atau sebagai jadi influencer yang memanfaatkan banyaknya pengguna di platform ini. Plus, kamu juga bisa jualan produk online pake TikTok Shop.

Terutama bagi content creator, pilihan monetisasinya cukup banyak. Misalnya dari sponsored post, bergabung ke Creativity Program, jualan merchandise, sampai dapat uang dari partnership lewat Creator Marketplace atau bahkan TikTok Creative Exchange yang khusus profesional.

TikTok adalah Platform Media Sosial Pilihan Kamu?

Kami sudah menjelaskan pengertian TikTok sebagai platform media sosial di atas. Kamu jadi paham bahwa yang dimaksud apa itu TikTok tak seperti media sosial yang kamu kenal sebelumnya.

Banyak fitur TikTok yang menarik dan membuat banyak orang tertarik jadi content creator di sana. Kelebihan TikTok adalah aplikasi mereka mudah dipakai untuk membuat dan menonton konten. Ini yang membuatnya dianggap mengungguli Facebook, X, dan Instagram.

Salah satu manfaat TikTok adalah bisa jadi sumber penghasilan content creator profesional. Banyak cara untuk menghasilkan uang dari TikTok, entah itu jadi influencer atau brand partnership.

Kalau TikTok masih belum cukup untuk dapat uang dari konten, platform seperti Gank bisa jadi pilihan. Inilah platform membership gratis tempat content creator dan fans berkumpul dan saling support.

Di Gank, kamu bisa dapat uang dari donasi, jualan merchandise dan membuat komunitas eksklusif dengan sistem berlangganan. Makin menarik saja ya jadi seorang content creator? Kamu tertarik?

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version