Mau kontenmu muncul di FYP TikTok? Jangan cuma mengandalkan sound trending atau ikutan challenge, ya. Kamu juga perlu tahu jadwal FYP TikTok yang ideal.

Ingat, algoritma TikTok itu mengukur interaksi pengguna juga, lho. Jadi, kalau kamu upload pas audiens lagi aktif di jadwal FYP TikTok hari ini, potensi video muncul di sana lebih besar.

Lalu, kapan sih jam FYP TikTok itu? Nah, itu dia yang akan dibahas di sini. Oh ya, bukan cuma hari dan jam yang ideal, kami akan bahas jadwal FYP TikTok sesuai dengan jenis konten yang kamu buat.

Jadwal FYP Tiktok 2024 untuk Content Creator di Indonesia

Ada beberapa versi jadwal FYP TikTok sesuai riset beberapa platform di luar negeri, salah satunya adalah:

  • Senin: 06.00, 10.00, 22.00
  • Selasa: 09.00, 12.00, 19.00
  • Rabu: 07.00, 09.00, 16.00
  • Kamis: 11.00, 19.00, 21.00
  • Jumat: 02.00, 04.00, 09.00
  • Sabtu: 07.00, 16.00
  • Minggu: 08.00, 12.00, 15.00

Tapi, data itu lebih cocok untuk konten yang audiensnya internasional. Jadi, kami coba pakai data jam FYP TikTok dari Influencer Marketing Hub. Soalnya, khusus untuk postingan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Jadwal FYP TikTok Hari Senin

Bagaimana dengan jadwal FYP TikTok hari Senin? Sebaiknya posting jam 06:00, 10:00, dan 22:00.

Jam 06:00 adalah saat orang baru bangun atau selesai sholat dan mungkin scroll TikTok. Pada jam 10:00, orang biasanya sedang break untuk membuat kopi atau mengisi gelas sambil menikmati konten TikTok.

Cobalah posting konten ringan seperti game. Misalnya, LetDa Hyper itu dapat 1,1 juta views dengan konten yang di upload di hari Senin jam 10:00, lho.

Nah, kalau baru bisa posting malam, usahakan di kisaran jam 22:00 saat orang sedang bersantai sebelum tidur, ya.

Jadwal FYP TikTok Hari Selasa

Beda dengan Senin, jadwal FYP TikTok hari Selasa itu di jam 02:00 atau 03:00 dan jam 09:00.

Lho, apakah 02:00 adalah jam FYP TikTok untuk posting? Menurut Influencer Marketing Hub, iya. Tapi ingat, konten yang kamu unggah sebaiknya yang ringan atau bertema hiburan saja, ya.

Kalau kamu tidak mau posting terlalu dini, jam 09:00 bisa jadi pilihan. Saat itu, orang-orang mulai beraktivitas, misalnya sambil menunggu meeting atau klien dengan scroll TikTok.

Jadwal FYP TikTok Hari Rabu

Banyak riset menunjukkan kalau waktu terbaik untuk posting di TikTok adalah di tengah minggu. Tapi, kapan jam FYP TikTok hari Rabu? Jam 07:00, 08:00, dan 23:00.

Postinglah mulai jam 07:00 untuk menjangkau orang yang bersiap berangkat kerja atau ke sekolah. Soalnya, mereka akan scroll TikTok saat menunggu transportasi atau selesai sarapan, kan?

Selisih satu jam juga tak masalah, kok. Biasanya konten yang diupload jam 08:00 itu buat menjangkau audiens yang sedang di perjalanan, baik lewat kereta atau transportasi umum lain.

Kalau tak mau posting sore hari, coba atur jadwal posting jam 23:00. Tujuannya, untuk mendapatkan views dari mereka yang scrolling TikTok sebelum tidur dan jadi FYP.

Jadwal FYP TikTok Hari Kamis

Jadwal FYP TikTok di hari Kamis itu cukup standar. Kamu disarankan posting di jam 09:00, 12:00, dan 19:00.

Pukul 09:00 itu waktu yang pas untuk upload konten saat orang break dari pekerjaannya. Lalu, di siang hari, mereka istirahat makan siang, kan? Kamu juga bisa posting konten di jam itu.

Di malam hari, banyak orang mencari hiburan setelah seharian beraktivitas, jadi ini juga waktu yang baik untuk upload konten.

Coba deh cek konten-konten Zach King. Hampir semuanya diunggah malam hari. Misalnya, trik sapu terbang yang sudah ditonton 2,3 miliar kali, itu diupload jam 7 malam.

Jadwal FYP TikTok Hari Jumat

Jangan remehkan jadwal FYP TikTok Jumat, ya? Umumnya, aktivitas orang mencari hiburan di hari ini meningkat. Sebaiknya, kamu posting di jam 05:00, 13:00, dan 15:00 agar potensi kontenmu viral kian besar.

Kalau jam 05:00, kontenmu akan menyasar orang yang baru bangun atau selesai salat Subuh. Sementara, di jam 13:00, itu waktu istirahat banyak orang setelah shalat Jumat.

Lebih sore lagi, jam 15:00, biasanya orang-orang sudah tidak ada deadline kantor dan siap untuk weekend. Jadi, mereka bisa scroll TikTok dengan santai.

Jadwal FYP TikTok Hari Sabtu

Weekend sudah tiba, kapan jadwal FYP TikTok hari Sabtu? Jangan terlalu pagi, ya. Soalnya, orang biasanya berencana bangun lebih siang. Rekomendasinya adalah pukul 11:00, 19:00, dan 20:00.

Jam 11:00 itu waktu yang pas buat orang mulai melihat konten setelah ngobrol dengan keluarga di pagi. Tapi, kalau kamu suka posting lebih awal, coba deh jam 09:00, seperti yang dilakukan akun Keluarga Ziyan ini:

Kalau tak ada konten spesial, lebih baik posting malam, sekitar jam 19:00 atau 20:00. Ini bisa bantu kontenmu dapat interaksi yang lebih banyak. Jadi, lebih cepat masuk FYP.

Jadwal FYP TikTok Hari Minggu

Di hari Minggu, orang biasanya bangun lebih pagi, entah untuk jalan-jalan atau alasan lain. Sebaiknya, posting konten TikTok sekitar pukul 07:00, 08:00, dan 16:00.

Minggu pagi itu pas untuk konten yang ringan dan inspiratif. Sore harinya, orang biasanya sudah selesai jalan-jalan atau siap-siap untuk makan malam, jadi mereka bisa scroll TikTok yang lebih beragam.

SCREENSHOT Influencer Marketing Hub

Lalu, konten seperti apa yang sebaiknya diposting sesuai jadwal FYP TikTok?

Jam FYP TikTok Sesuai Jenis Konten

Itu tadi jadwal FYP TikTok untuk berbagai konten umum di Indonesia. Nah, kalau kamu fokus pada satu niche, pertimbangkan Jam FYP TikTok sesuai konten berikut:

  • Game — Untuk konten game, jadwal FYP TikTok itu antara jam 11:00 dan 13:00, atau malam antara jam 19:00 dan 21:00.
  • Edukasi — Jam FYP TikTok untuk konten edukasi itu antara pukul 07:00 dan 12:00.
  • Kuliner — Karena termasuk konten yang ringan, konten kuliner bisa kamu upload pas makan siang dan malam, antara pukul 12:00 dan 19:00.
  • Komedi — Konten komedi dengan format Stitch atau lainnya cocok untuk jam istirahat, antara jam 10:00 sampai 13:00, dan juga antara pukul 19:00 sampai 21:00.
  • Musik — Punya konten musik di TikTok? Coba deh posting di antara 07:00 dan 09:00, atau malam hari antara pukul 20:00 dan 22:00.
  • Travel — Konten travel sebaiknya diupload sore hari sekitar jam 16:00-18:00, terutama saat weekend.
  • Fashion — Meskipun tak wajib, konten fashion umumnya cocok untuk malam hari. Jadi, jadwalkan posting antara pukul 19:00 sampai 21:00. Bahkan sebaiknya, di akhir pekan.
  • ASMR — Konten ASMR kamu akan lebih pas diposting malam hari antara pukul 22:00-23:00. Bahkan kalau kamu berencana melakukan live TikTok untuk membantu orang relaksasi.

Oh ya, itu tadi cuma contoh kecil. Masih banyak jenis konten lain yang bisa kamu buat, seperti OOTD di fashion atau tips sehat di fitness. Masing-masing punya waktu upload yang berbeda.

Bahkan, kamu bisa eksperimen untuk menemukan jadwal FYP TikTok hari ini yang cocok buat audiensmu.

Contohnya, akun @tamaradai_ di fashion. Dia terkenal dengan konten “Play with Movie” dan bisa dapat 34 juta view di satu video. Postingnya itu di hari yang berbeda. Tapi, dia selalu upload antara jam 09:00 dan 11:00.

Kenapa Tahu Jadwal FYP TikTok Hari Ini Penting?

Inilah beberapa alasan kenapa memperhatikan jadwal FYP TikTok itu penting:

1. Prime Time TikTok Tidak 24 Jam

Seperti di platform media sosial lain, tak semua orang online terus-menerus, kan? Ada waktu-waktu tertentu di mana penonton TikTok meningkat dan aktif berinteraksi dengan konten yang dilihat.

Ini yang disebut prime time. Tapi, waktu ini bisa bervariasi tergantung lokasi dan jenis konten yang kamu buat. Jadi, manfaatkan jam FYP TikTok untuk mengunggah konten terbaikmu di waktu ini.

Salah satu cara terbaik memang dengan melihat data TikTok Analytics. Namun sebagai gambaran umum, orang biasanya membuka TikTok saat istirahat, dalam perjalanan, atau sebelum tidur.

2. Adanya Batch Effect

Batch effect itu sistem di TikTok di mana kontenmu tidak langsung muncul di FYP Jadi, pas kamu upload, video kamu akan ditunjukan dulu ke beberapa orang.

Nah, algoritma akan melihat berapa lama audiens nonton, seberapa banyak engagement, apakah audiens follow, dan apakah video ditonton berulang kali.

Dari reaksi awal itu, TikTok akan menentukan apakah video kamu layak dipromosikan ke audiens yang lebih luas atau tidak.

Maka, penting buat tahu jadwal FYP TikTok hari ini. Bahkan ada yang mengatakan algoritma ini biasanya kerja dalam 30 menit sampai dua jam setelah kamu posting.

3. Algoritma TikTok Suka Konten Terbaru

Salah satu hal menarik tentang algoritma TikTok adalah kecenderungannya pada content freshness. Jadi, sebagai platform yang dinamis, TikTok terbukti lebih suka sama konten terbaru.

Ini juga alasan kenapa istilah “viral” muncul. Sebuah konten bisa tiba-tiba jadi sorotan banyak orang. Tentunya, masih ada hubungannya dengan efek batch tadi. Jadi, jelas kenapa konten yang diposting pas jadwal FYP TikTok bisa lebih cepat terkenal, kan?

4. Kontenmu akan Lebih Relevan

Bayangkan kamu posting konten edukasi berat di pagi. Lalu, malamnya, posting konten seputar aktivitas berat seperti fitness dan challenge.

Konten itu pastinya kurang cocok sama kebutuhan audiens yang ingin relax dan beristirahat. Hasilnya? Engagement malah bisa jadi rendah.

Nah, dengan tahu Jam FYP TikTok untuk berbagai niche konten, kamu jadi tahu rentang waktu ideal untuk posting berbagai jenis konten. Ini bisa bantu kamu dapat lebih banyak view dan follower.

5. Pembuatan Konten Lebih Efektif

Tahu jadwal FYP TikTok hari ini bisa membuat kamu lebih teratur dalam membuat konten. Misalnya, kalau mau upload di weekend, manfaatkan weekday buat menyiapkan konten terbaik tanpa harus buru-buru.

Kalau kamu kelewatan jam FYP TikTok di pagi hari, jangan panik. Kamu masih bisa upload di sore atau malam hari, yang jauh lebih efektif daripada memaksakan posting di waktu yang kurang pas.

Jangan lupa, saat liburan pun kamu bisa tetap posting dengan penjadwalan otomatis, jadi aktivitas liburanmu tidak terganggu oleh posting manual.

Baca Juga: Jam Posting Instagram Terbaik

Tips Tentang Jadwal FYP TikTok Hari Ini

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan upload konten berdasarkan jadwal FYP TikTok:

  • Mulai dengan data. Informasi di atas diambil dari Influencer Marketing Hub dan TikTok Post Date Finder. Tapi ingat, data ini mungkin tidak pas buat audiens atau konten kamu. Jadi, penting untuk cek data yang relevan di TikTok Analytics di dashboard TikTok Studio.
  • Posting di hari kerja itu lebih oke. Walaupun ada konten yang pas untuk akhir pekan, jadwal FYP TikTok di hari kerja biasanya lebih banyak. Kecuali, kalau data TikTok Analytics kamu menunjukkan view lebih tinggi di akhir pekan.
  • Jadwalkan posting dengan fleksibel. Jangan terjebak di jam FYP TikTok yang kaku. Coba eksperimen dengan waktu yang berbeda untuk hasil yang lebih baik. Misalnya, kalau kamu biasanya posting di hari kerja, coba deh di akhir pekan, atau sebaliknya.
  • Ikuti dan amati tren. TikTok itu mengikuti perilaku pengguna, jadi tren baru mungkin punya jadwal FYP yang berbeda. Jangan ragu untuk ikut challenge yang sesuai dengan niche kamu, tapi sesuaikan juga waktu posting dengan jam FYP dari challenge itu.
  • Manfaatkan fitur TikTok untuk FYP. Jangan cuma fokus di jam ideal posting, tapi juga perhatikan fitur seperti hashtag TikTok. Atau, coba fitur baru seperti Duet dan Stitch. Bisa juga, lakukan live streaming daripada cuma posting konten biasa.

Sudah Tahu Jadwal FYP TikTok 2024?

Rasanya informasi yang kami berikan di artikel ini sudah cukup lengkap, ya? Kamu jadi tahu jadwal FYP TikTok yang cocok dengan konten dengan audiens orang Indonesia.

Secara ringkas, jadwal FYP TikTok di 2024 adalah sebagai berikut:

  • Senin — 06:00, 10:00, dan 22:00
  • Selasa — 02:00, 03:00 dan 09:00
  • Rabu — 07:00, 08:00, dan 23:00
  • Kamis — 09:00, 12:00, dan 19:00
  • Jumat — 05:00, 13:00, dan 15:00
  • Sabtu — 11:00, 19:00, dan 20:00
  • Minggu — 07:00, 08:00, dan 16:00

Gunakanlah informasi ini sebagai panduan awal. Kalau ada perubahan, kami akan terus update di blog Gank. Jangan lupa subscribe supaya kamu tidak ketinggalan info terbaru, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version