Kamu mau punya centang biru Instagram? Bisa, kok. Tapi, ada syaratnya, ya. Meskipun bukan cuma buat artis atau orang terkenal, tidak semua orang bisa dapat ikon Instagram verified ini, lho.

Centang biru IG itu tanda kepercayaan Instagram atas akunmu. Jadi, sebelum menikmati berbagai manfaatnya, kamu harus memenuhi syarat centang biru Instagram dan menunjukkan kalau akun itu benar punya kamu.

Selain itu, kamu perlu tahu kalau cara centang biru Instagram bukan hanya satu. Itupun akan diproses secara bertahap. Jadi, kamu harus sabar mengikuti tiap tahapannya, ya.

Nah, daripada penasaran, langsung saja bahas dari apa yang dimaksud Instagram centang biru, keuntungan centang biru Instagram dan cara mendapatkannya. Yuk, baca sampai selesai.

Apa itu Centang Biru Instagram?

Centang biru Instagram adalah sebuah ikon yang ada di samping akun Instagram seseorang. Ikon itu menunjukkan kalau sebuah akun Instagram sudah diverifikasi sebagai akun asli.

Maksudnya, Instagram sudah mengecek dengan ketat sesuai persyaratan yang ditentukan dan memastikan sebuah akun memang benar milik seseorang. Nah selanjutnya, pengguna tadi berhak mendapatkan sebuah Instagram verified badge.

Proses mendapatkan centang biru Instagram bisa berasal dari sebuah permintaan atau pihak Instagram sendiri yang proaktif melakukan verifikasi.

Artinya, centang biru itu bukan cuma ikon tanpa arti. Kalau kamu punya centang biru IG, followermu akan yakin kalau akun yang mereka ikuti itu akun kamu, bukan akun fans atau akun palsu. Kalau sudah begitu, mereka akan lebih percaya diri untuk berinteraksi dengan postinganmu, atau bahkan kirim DM.

Inilah salah satu alasan banyak perusahaan, artis, dan content creator top berusaha dapat centang biru Instagram. Mereka akan senang dan menganggapnya prestasi kalau akun mereka sudah punya logo itu.

Kenapa Instagram centang biru artinya sepenting itu? Apa sekadar soal keaslian dan kredibilitas akun?

Ternyata bukan. Dengan punya centang biru IG di akunmu, kesempatan kamu ditemukan lebih banyak orang kian besar dan bisa mutualan IG. Ini terjadi karena Instagram sendiri jadi yakin buat merekomendasikan akun dengan centang biru. Bahkan, di posisi paling atas di kolom pencarian.

Sumber: IG xQc

Apa Saja Syarat Instagram Centang Biru?

Tidak ada acuan pasti syarat centang biru Instagram. Yang bisa kamu lakukan adalah berusaha memenuhi kriteria utama dari centang biru Instagram yang disebutkan di laman resmi mereka. Apa saja?

Authentic (Asli)

Instagram menyebutnya sebagai “represent a real person, registered business or entity”.

Kalau diartikan bebas, centang biru Instagram hanya untuk akun yang benar-benar menunjukkan orang asli sebagai entitas online. Bisa juga sebagai brand atau bisnis yang terdaftar resmi atau organisasi yang sudah diakui di negara tempatnya berada.

Hal ini biasanya melibatkan pembuktian dengan menggunakan dokumen resmi. Bisa berupa identas pribadi, informasi resmi bisnis, dan lainnya.

Unique (Unik)

Syarat ini menentukan bahwa “Only one account per person or business may be verified”. Maksudnya, Instagram hanya akan melakukan verifikasi terhadap satu akun Instagram milik seseorang atau bisnis.

Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa tidak akan ada satu pengguna Instagram yang bisa memiliki dua akun berbeda dan keduanya sama-sama mendapatkan centang biru IG.

Tapi, ada pengecualian buat bisnis yang punya beberapa unit usaha di negara lain dengan bahasa yang beda. Jadi, akun brand itu bisa saja sama-sama dapat centang biru Instagram.

Complete (Lengkap)

Instagram centang biru artinya akun kamu sudah punya informasi utama yang lengkap dan bisa dilihat oleh semua orang. Misalnya, bio IG dan foto profil. Selain itu, saat sedang diverifikasi, akun Instagram kamu harus dalam keadaan aktif.

Apakah itu berarti kamu bisa bebas mengisi bio sekadar untuk bisa memenuhi syarat centang biru IG? Tentu tidak. Bio IG kamu harus mengandung deskripsi yang sesuai dan foto profil kamu juga harus yang jelas merepresentasikan kamu sebagai brand atau content creator.

Coba lihat deh bagaimana Frost Diamond, seorang YouTuber terkenal, menunjukkan nama asli dan profesi yang jelas di bio Instagramnya. Maka tak heran, ia jadi punya akun Instagram centang biru.

Sumber: IG Frost Diamond

Notable (Dikenal)

Syarat centang biru Instagram lainnya adalah notable. Instagram menjelaskannya sebagai “a well-known, highly searched for person, brand or entity”. Maksudnya, kamu harus merupakan akun yang banyak dicari orang. Bisa karena kamu memang artis, olahragawan, atau content creator top.

Jika kamu YouTuber yang populer berkat konten menarik seperti Fiki Naki atau cosplayer terkenal seperti Matcha Mei, kamu bisa mendapatkan centang biru Instagram. Ini karena kamu dianggap populer di suatu niche.

Itu merupakan empat syarat utama untuk dapat logo Instagram centang biru. Selain itu, ada beberapa ketentuan tambahan yang tak boleh kamu abaikan. Apa saja itu?

  • Berusia di Atas 18 Tahun. Ketentuan umum dari Instagram mengharuskan centang biru IG hanya dimiliki pengguna di atas usia 18 tahun. Di Indonesia, bahkan disebutkan pada tahapan verifikasi di atas 21 tahun. Jadi, pastikan kamu memenuhi syarat ini
  • Akun Aktif — Kalau akunmu tidak aktif, jangan harap bisa dapat centang biru IG. Instagram akan memastikan penggunanya tidak kecewa mendapati akun Instagram centang biru yang jarang posting. Bisa dikatakan kalau ini syarat centang biru Instagram yang penting
  • Mengikuti Panduan Komunitas — Semua platform media sosial, termasuk Instagram, punya aturan penggunaan atau Community Guidelines. Tujuannya, menjamin platform nyaman digunakan berkat postingan yang kreatif dan asli, membangun interaksi positif dan tidak melanggar hukum. Kalau konten kamu tidak seperti itu, sulit untuk memenuhi syarat centang biru IG
  • Bukan Akun Tiruan — Kalau nama profil atau brand kamu mirip dengan orang lain, kamu akan sudah dapat centang biru Instagram. Misalnya, brand sepatu kamu bernama “Niki” dengan branding mirip “Nike”, proses verifikasi keasliannya tak akan mudah, meskipun cuma kebetulan sekalipun

Kalau semua syarat centang biru Instagram di atas terpenuhi apakah nantinya kamu akan langsung mendapatkan centang biru IG? Tentu tidak. Tapi, jangan khawatir. Meskipun keputusan akhir tetap ada di tangan Instagram, setidaknya kamu sudah berusaha untuk memenuhi persyaratannya.

Lalu, kalau kamu merasa bahwa kamu sudah memenuhi syarat centang biru Instagram, apa yang harus kamu lakukan?

Baca Juga: Cara Melihat Insights Instagram

Cara Mendapatkan Centang Biru Di Instagram (Gratis dan Berbayar)

Ada panduan mudah sebagai cara centang biru IG bisa kamu dapatkan. Nah, inilah beberapa langkahnya:

Cara Mengajukan Centang Biru Instagram di Android

Kalau kamu menggunakan ponsel Android, cara centang biru IG bisa dilakukan dengan langkah ini:

  • Buka aplikasi Instagram dan pilih akun yang akan mengajukan verifikasi
  • Dari feed Instagram, tekan foto profil kamu di pojok kanan bawah
  • Di halaman profil, pilih menu pengaturan berupa tiga garis di pojok kanan atas
  • Pada berbagai pilihan menu pengaturan, pilih Settings and Privacy
  • Di pengaturan Settings and Privacy, masuk ke kategori For Professional. Lalu pilih Account Type and Tools.
  • Di halaman pengaturan Account Type and Tools, pilih menu Request Verification
  • Lakukan konfirmasi authenticity dengan memasukkan nama lengkap
  • Unggah dokumen resmi untuk proses verifikasi nama itu, bisa berupa KTP atau SIM.
  • Setelah unggahan berhasil, lanjutkan ke langkah konfirmasi Notability. Kamu bisa informasikan kategori profile kamu sebagai apa dan isikan negara Indonesia.
  • Tambahkan deskripsi audiens kamu seperti apa
  • Masukkan juga nama samaran kamu siapa kalau ada. Contoh: Miawaug atau Ninja
  • Tambahkan tautan yang menunjukkan kamu itu orang terkenal atau sedang trending. Bisa berupa berita dari koran online, interview dengan media terkenal, dan lainnya.
  • Klik submit kalau semua data di atas sudah sesuai

Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram di iPhone

Di iPhone, cara mendapatkan centang biru Instagram sebenarnya tak jauh beda. Yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Buka aplikasi Instagram di iPhone dan login pakai akun yang mau diverifikasi
  • Ketuk ikon profil kamu di pojok kanan bawah untuk masuk ke halaman utama profil IG
  • Masuk ke menu pengaturan dengan pilih menu Settings and Privacy terlebih dulu
  • Pilih menu Account Type and Tools untuk masuk ke menu jenis akun Instagram
  • Di antara beberapa menu, pilih Request Verification
  • Ikuti panduan untuk memasukkan data diri lengkap sesuai panduan sebelumnya. Langkah pertama untuk konfirmasi authenticity, langkah berikutnya untuk konfirmasi notability. Ingat, makin lengkap dan benar informasi kamu, makin besar kemungkinan untuk diterima oleh Instagram.

Catatan: Kalau akun kamu sudah merupakan akun profesional, maka langkah yang perlu dilakukan adalah Profil > Settings > Account > Request Verification.

Cara Centang Biru Instagram Lewat Meta Verified (Berbayar)

Tidak seperti langkah sebelumnya yang gratis, ada cara untuk mendapatkan centang biru Instagram berbayar pakai layanan Meta verified.

Proses verifikasi tetap sama karena hanya pengguna yang berhak saja yang akan diverifikasi. Bedanya, kalau pakai Meta verified, kamu akan mendapatkan:

  • Perlindungan akun tambahan
  • Dukungan akun premium dari Meta
  • Fitur eksklusif berupa sticker unik yang bisa dipakai di Stories atau Reels

Inilah langkah dapat centang biru IG lewat Meta Verified:

  • Buka aplikasi Instagram kamu di Android atau iPhone
  • Masuk ke menu Profile > Settings
  • Pilih Meta Verified
  • Ada lima tahapan proses ini dimulai dari memahami ketentuan umum Meta verified
  • Pastikan akun yang akan diverifikasi sudah benar
  • Lakukan review layanan berlangganan. Harga centang biru Instagram berbayar adalah Rp130.000/bulan
  • Lanjutkan ke pembayaran sesuai metode yang kamu inginkan
  • Setelah memproses pembayaran, lanjutkan aktivasi 2FA untuk keamanan, ini wajib.
  • Seperti halnya verifikasi Instagram gratis, masukkan informasi diri untuk konfirmasi kebenaran akun, foto, dan unggah dokumen identitas seperti KTP atau SIM
  • Ketuk Finish apabila semua langkah yang ditentukan sudah sesuai

Tunggulah proses verifikasi Instagram centang biru yang dilakukan. Sesuai dengan kesesuaian informasi, kamu akan mendapatkan informasi apabila proses tersebut berhasil. Yang penting, pastikan kamu memenuhi syarat utama centang biru Instagram Meta Verified.

Kenapa Centang Biru IG itu Penting?

Semua tahapan buat dapat centang biru Instagram sudah kamu catat di atas. Nah, biar kamu makin semangat, kami informasikan beberapa keuntungan centang biru Instagram:

1. Akunmu Lebih Dipercaya

Dengan centang biru Instagram, akunmu akan lebih dipercaya oleh follower dan audiens. Mereka akan merasa lebih yakin untuk berinteraksi dengan postinganmu atau kamu sebagai content creator.

Centang biru IG akan semakin berguna kalau kamu sering mengadakan giveaway. Baik itu buat meningkatkan engangement atau menambah follower. Kebanyakan pengguna Instagram lebih suka iktu giveaway akun yang terpercaya.

2. Kamu Lebih Mudah Ditemukan

Bukan cuma pengguna yang akan mempercayai kamu, tetapi juga Instagram sendiri. Mereka tidak akan ragu untuk merekomendasikanmu di kolom pencarian atau feed di niche konten yang relevan. Dengan begitu, peluangmu untuk menjangkau lebih banyak audiens akan semakin besar.

Kenapa Instagram mau melakukannya dan seolah membantu kamu dapat reach lebih luas?

Alasannya, cara dapat centang biru di Instagram membutuhkan verifikasi pakai dokumen resmi. Jadi, kalau akun itu punya centang biru Instagram, itu berarti memang sesuai dengan profil yang didaftarkan.

3. Centang Biru Terlihat Istimewa

Cara mendapatkan centang biru Instagram tidaklah mudah. Tapi, kalau kamu berhasil melewati proses verifikasi dengan baik, kamu akan punya badge itu.

Dengan centang biru IG, akunmu akan terlihat istimewa dibandingkan dengan yang lain yang belum memilikinya.

4. Lebih Aman dari Peretasan atau Tiruan

Kamu tidak akan bisa benar-benar aman dari peretasan online, termasuk saat pakai media sosial. Tapi, centang biru Instagram bisa bantu lindungi akunmu.

Pertama, akunmu berbeda dari kebanyakan akun lain yang belum terverifikasi, jadi tidak mudah ditiru. Kedua, kamu membantu audiens menemukan akunmu yang asli, mereka tinggal mencari yang punya centang biru Instagram.

Sebagai tambahan, kalau pakai verifikasi berbayar, Instagram juga akan memberikan perlindungan tambahan agar akunmu tetap aman.

5. Membuktikan Kamu Populer

Buat meningkatkan peluang verifikasi, kamu perlu memberikan link yang menunjukkan kamu itu terkenal, bukan?

Artinya, kalau kamu punya centang biru Instagram, orang-orang akan menganggap kamu populer dan banyak dicari. Meskipun belum tentu mengenal kamu, akun Instagram kamu akan dianggap sebagai akun content creator top.

Nah, bagi beberapa orang yang ingin menjadi profesional, memiliki popularitas sebagai konten kreator yang baik bisa memberikan citra positif.

6. Membuka Peluang Collab Post

Dengan punya tanda centang biru Instagram, reputasimu akan semakin baik di mata content creator dan brand. Hal ini akan membuka peluang untuk bekerja sama dan collab post yang akan mendukung kariermu.

Lagi pula, kalau mereka juga punya centang biru IG, pasti mereka tahu susahnya dapat pengakuan dari Instagram. Jadi, mereka pasti senang kalau bisa kerja sama denganmu membuat konten.

7. Dapat Fitur Unik

Ini terutama berlaku kalau kamu membayar sebagai cara centang biru Instagram. Maksudnya, saat kamu berlangganan Meta Verified.

Dengan cara ini, kamu bisa pakai fitur spesial seperti stiker yang dapat dijadikan bagian dari konten di reels dan story. Itu akan membuat kontenmu menjadi lebih istimewa karena hanya akun Instagram centang biru yang punya.

Baca Juga: Jam Posting Instagram

Sudah Tahu Kan Cara Dapat Centang Biru Instagram?

Bagaimana, kamu sudah tidak penasaran lagi dengan centang biru, kan? Di artikel ini, kamu sudah belajar tentang syarat centang biru IG dan cara dapat centang biru Instagram

Gunakan informasi ini sebagai panduan untuk melakukan verifikasi Instagram dengan benar, ya. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat awal seperti umur, patuh pada panduan komunitas, dan lainnya. Setelah itu, baru kamu bisa melanjutkan dengan proses request verification.

Kalau kamu sudah punya akun Instagram centang biru, peluang buat jadi content creator profesional makin terbuka lebar. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri saat memonetisasi konten untuk dapat penghasilan, baik di Instagram maupun platform membership seperti Gank.

Di Gank, kamu bisa ajak fans buat menikmati konten eksklusif secara berlangganan. Selain itu, kamu juga bisa jualan merchandise khusus yang tidak tersedia di platform lain. Kamu bahkan bisa terima donasi langsung dari fans setia kamu. Seru, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan permintaan verifikasi kalau kamu sudah berhak. Semoga berhasil.

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version