Kamu membuka Instagram, lalu disambut dengan pesan yang berbunyi “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara”? Pastinya mengagetkan, ya?

Jangan khawatir! Bukan berarti kamu kehilangan akses ke akunmu. Kamu hanya perlu menerapkan cara mengatasi akun instagram dikunci sementara yang dibahas di artikel ini.

Tapi pasti kamu juga ingin tahu apa penyebab masalah itu, kan? Yuk, simak di sini. Nanti juga akan ada tips mencegah akun IG dikunci sementara lho!

Penyebab Akun Anda Sudah Dikunci untuk Sementara di Instagram

Akun Instagram terkunci sementara karena alasan keamanan. Pemicunya adalah sebagai berikut:

1. Ada Indikasi Pelanggaran Pedoman Komunitas

Jika akun Instagram dikunci sementara, itu bisa jadi karena kamu melanggar tata tertib penggunaan instagram. Peraturan tersebut dituangkan dalam pedoman komunitas Instagram.

Dari semua poin tata tertib yang berlaku, intinya kamu wajib:

  • Mengunggah konten orisinal
    Semua bentuk postingan yang kamu unggah ke Instagram harus asli buatanmu. Jika membagikan karya orang lain, kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu.
  • Menghormati pengguna Instagram lainnya
    Isi kontenmu tidak boleh menyinggung pihak tertentu. Selain itu, unggahanmu dilarang memperlihatkan objek-objek yang tidak pantas untuk dilihat anak-anak. Jika melakukannya, kamu akan menemui pesan “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” saat mengakses Instagram.
  • Menghindari interaksi berbayar dan tindakan spam
    Segala bentuk interaksi, termasuk like, komentar, dan following, harus kamu dapatkan secara jujur. Kamu juga tidak boleh melakukan spamming, seperti memberikan banyak like, komentar, dan direct message sekaligus.
  • Mematuhi hukum setempat
    Aktivitasmu di Instagram harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Negara tempatmu berada. Itu artinya, segala tindakan melanggar hukum bisa membuat akunmu di Instagram dikunci sementara.

Namun demikian, perlu kamu ingat bahwa sistem milik Instagram yang memonitor pelanggaran-pelanggaran di atas tidak sempurna. Kamu bisa saja dianggap melakukan hal terlarang meski tidak pada kenyataannya.

Jika itu terjadi, kamu berhak untuk mengajukan keberatan melalui cara mengatasi masalah “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” yang akan dijelaskan di artikel ini.

Baca Juga: Cara Melihat Insight Instagram

2. Akunmu Menunjukkan Aktivitas Spam

Tadi sudah disebutkan bahwa Instagram melarang spamming. Nah, aktivitas-aktivitas berikut ini juga bisa disangka sebagai spamming meski dilakukan tanpa sengaja:

  • Like dan unlike sejumlah postingan secara beruntun
  • Mengomentari sejumlah postingan secara beruntun
  • Terlalu banyak memberikan komentar yang sama
  • Follow dan unfollow sejumlah akun secara beruntun

Hal-hal tersebut bisa terjadi apabila akunmu dikelola oleh beberapa admin sekaligus. Ketika mereka berinteraksi dengan audiensmu secara bersamaan, misalnya memberikan komentar berbarengan, Instagram mungkin akan mengira akunmu menggunakan bot untuk spamming.

Itulah mengapa masalah “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” umum terjadi pada akun-akun bisnis.

3. Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga yang Tidak Disetujui Instagram

Menemukan aplikasi pihak ketiga yang bisa dihubungkan dengan akun Instagram itu mudah. Jenisnya beragam, mulai dari tool manajemen media sosial hingga aplikasi yang menjanjikan follower gratis.

Akan tetapi, tidak semua aplikasi tersebut aman untuk kamu gunakan. Sebab, ada aplikasi-aplikasi yang menyimpan password login-mu secara diam-diam. Informasi tersebut rawan dijual kepada hacker, yang akan memanfaatkannya untuk meretas akunmu.

Oleh karena itu, tidak semua aplikasi yang bisa dihubungkan dengan akun Instagram disetujui oleh platform media sosial tersebut atas alasan keamanan. Apabila menemukan pesan “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” saat mengakses Instagram, bisa jadi kamu sedang atau pernah log in ke salah satu aplikasi yang tidak diberi izin.

4. Akunmu Telah Diretas dan Disalahgunakan Hacker

Akun yang diretas berpotensi untuk dikunci sementara oleh Instagram. Namun, tidak semua akun hasil peretasan mengalami hal tersebut.

Instagram hanya menindak akun hasil peretasan yang terindikasi melakukan hal-hal yang tadi telah disebutkan, termasuk pelanggaran pedoman komunitas dan aktivitas spam.

Oleh karena itu, akunmu bisa saja jadi korban peretasan tanpa kamu ketahui. Bisa jadi, tahu-tahu detail akunmu dan postingan-postingan di dalamnya sudah berubah. Atau, tiba-tiba password-mu diganti. Seram ya?

Jadi, selain menghindari masalah “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara”, mewaspadai ancaman keamanan akun juga penting.

5. Akunmu Aktif di Beberapa Perangkat Sekaligus

Tidak jarang orang yang log in ke akun media sosialnya di lebih dari satu perangkat karena praktis. Misalnya di smartphone, tablet, dan browser laptop.

Selain itu, satu akun Instagram bisa saja digunakan di beberapa perangkat secara bersamaan karena dikelola oleh lebih dari satu admin. Hal itu cukup umum terjadi pada akun bisnis.

Padahal, kebiasaan itu bisa membuat akun IG dikunci sementara. Sebab, log in menggunakan akun yang sama di beberapa perangkat sekaligus merupakan ciri aktivitas spam. Pelaku spamming umumnya menggunakan lebih dari satu perangkat untuk mempermudah aksinya.

Cara Mengatasi Masalah “Akun Anda Sudah Dikunci untuk Sementara” di Instagram

Cara mengatasi akun Instagram dikunci sementara sangat mudah. Jadi, tidak usah panik dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Log in ke akun Instagram-mu.

2. Ketuk atau klik tombol Continue yang ada di bawah pemberitahuan bahwa akun IG dikunci sementara.

3. Ketuk atau klik Send Security Code untuk meminta Instagram agar mengirimkan kode rahasia ke email yang kamu gunakan untuk membuat akun Instagram. Kolom untuk memasukkan security code akan muncul.

4. Dapatkan security code dari email yang dikirim oleh Instagram. Lalu, masukkan kode tersebut ke kolom yang tadi kamu temui di Instagram. Kirim dengan ketuk atau klik Submit.

Demikian solusi dari masalah “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara”. Tidak memakan waktu lama, kan?

Baca Juga: Jam Posting Instagram

Cara Mencegah Masalah “Akun Anda Sudah Dikunci untuk Sementara” di Instagram

Setelah mendapatkan kembali akses ke akun IG, tentunya kamu tidak ingin kejadian yang sama terulang kembali. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah akun Instagram terkunci sementara? Berikut ini siasatnya:

1. Patuhi Pedoman Komunitas Instagram

Pencegahan yang satu ini sangat jelas. Jika tidak ingin akun Instagram dikunci sementara, kamu harus mematuhi semua peraturan di Instagram, di antaranya:

  • Menjaga orisinalitas unggahanmu
  • Tidak mengunggah konten eksplisit
  • Tidak melakukan spamming
  • Menjaga agar isi kontenmu tidak melanggar hukum

2. Hindari Aplikasi Pihak Ketiga yang Mencurigakan

Jika tidak ingin mengalami masalah “Akun Anda sudah dikunci sementara”, jangan log in akun IG di sembarang aplikasi. Pastikan dulu keamanan aplikasi yang ingin kamu gunakan dengan mencari ulasannya. Selain itu, jangan instal juga kalau minim ulasan.

Apabila kamu sudah terlanjur log in akun Instagram di aplikasi yang keamanannya diragukan, kamu bisa log out dengan praktis melalui pengaturan Instagram. Caranya, masuk ke Settings > Apps and Websites

3. Amankan Akunmu

Setelah kamu log out akun Instagram dari aplikasi-aplikasi yang harus dihindari, tentunya kamu tetap harus menjaga keamanan akun. Sebab, mungkin saja password-mu sudah disimpan oleh hacker yang mendapatkannya dari aplikasi tadi.

Langkah pertama mengamankan akun agar terhindar dari masalah “Akun Anda sudah dikunci sementara” adalah mengubah password.  Untuk melakukannya, kamu cukup ketuk menu Settings > Security > Password.

Langkah kedua yaitu mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) untuk akun Instagram. Setelah pengamanan tersebut aktif, kamu harus memasukkan kode rahasia setiap kali akan log in.

Metode untuk mendapatkan kode rahasia tersebut ada tiga, yaitu melalui pesan WhatsApp, SMS, dan aplikasi 2FA. Jadi, kamu harus menghubungkan akun Instagram-mu dengan nomor hape, WhatsApp, atau aplikasi 2FA. Caranya melalui Settings > Security > Two-factor authentication di pengaturan Instagram.

4. Log Out Sebelum Log In di Perangkat Lain

Masalah “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” tidak akan terjadi jika akunmu tidak di log in di berbagai perangkat. Jadi, pastikan dulu kamu sudah log out sebelum menggunakan akun di smartphone, tablet, atau PC lain.

Sama halnya apabila akunmu dikelola oleh lebih dari satu admin. Pastikan agar mereka tidak log in secara bersamaan untuk mencegah akun IG dikunci sementara.

Baca Juga: Ciri Ciri IG Diblokir

Cara Mengatasi Masalah “Akun Anda Sudah Dikunci untuk Sementara” Mudah, Kan?

Akun Instagram bisa dikunci sementara karena beberapa faktor, yaitu:

  • Pelanggaran pedoman komunitas Instagram
  • Indikasi aktivitas spam, contohnya memberikan banyak like dan komentar sekaligus
  • Penggunaan aplikasi pihak ketiga yang tidak disetujui Instagram
  • Akunmu diretas dan disalahgunakan hacker
  • Akunmu log in di beberapa perangkat sekaligus

Untungnya, cara mengatasi akun IG yang dikunci sementara tidak perlu waktu lama. Kamu cukup log in ke Instagram dan meminta security code agar bisa mengakses akunmu kembali. Kode keamanan tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar ke IG.

Agar masalah “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” tidak terulang, pastikan kamu melakukan tips berikut ini:

  • Mematuhi pedoman komunitas Instagram
  • Tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak disetujui Instagram
  • Mengamankan akunmu dengan mengganti password dan mengaktifkan autentikasi dua faktor
  • Log in di satu perangkat saja

Kami harap artikel ini membantu menyelesaikan masalahmu. Jika ingin tips dan info lainnya seputar media sosial dan pembuatan konten, jangan lupa ikuti blog Gank, ya!

FAQ

Mengapa akun IG dikunci sementara?

Pesan “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” bisa muncul karena faktor-faktor berikut ini:

  • Pelanggaran pedoman komunitas Instagram
  • Indikasi aktivitas spam, contohnya memberikan banyak like dan komentar sekaligus
  • Penggunaan aplikasi pihak ketiga yang tidak disetujui Instagram
  • Akunmu diretas dan disalahgunakan hacker
  • Akunmu log in di beberapa perangkat sekaligus

Berapa lama akun Instagram dikunci?

Akunmu bisa diakses lagi setelah kamu memverifikasi identitasmu. Caranya dengan memasukkan kode keamanan yang didapatkan dari Instagram. Pesan “Akun Anda sudah dikunci untuk sementara” akan hilang setelahnya.

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version