Kebanyakan orang saat ini pasti tahu kalau YouTube adalah tempat untuk menemukan beragam jenis video dan menyaksikan acara live streaming. Tapi seberapa jauhkah kamu kenal dengan seluk-beluk website ini?

Nah, di artikel ini kamu akan belajar sekilas sejarah YouTube agar tahu bagaimana situs web ini menjadi seterkenal sekarang. Selain itu, kamu juga akan diajak untuk mengenal beberapa fitur YouTube yang digunakan secara umum.

Jadi, kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang YouTube, baca hingga selesai ya!

Apa Itu YouTube?

YouTube adalah sebuah situs web atau website berbagi video gratis. Itu artinya, kamu bisa mengunggah video ataupun menonton unggahan milik pengguna lain di YouTube tanpa membayar sepeser pun.

Fungsi YouTube tidak sebatas itu saja. Website berbagi video ini juga memungkinkan pengunggah dan penonton untuk saling berinteraksi melalui kolom komentar yang tersedia di halaman pemutar videonya. Itulah mengapa YouTube juga bisa dikategorikan sebagai platform media sosial.

YouTube juga memudahkanmu mencari video. Untuk melakukannya, kamu cukup mengetikkan kata kunci di kolom pencarian yang ada di website maupun aplikasi smartphone YouTube.

Kedengarannya mirip pencarian Google, ya? Memang, YouTube adalah salah satu layanan milik Google. Meski begitu, situs web ini awalnya tidak dikembangkan oleh raksasa mesin pencarian tersebut.

Sejarah Singkat YouTube

YouTube diprakarsai oleh Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim. Ketiganya merintis YouTube pada Februari 2005 karena ingin semua orang bisa saling berbagi video dengan mudah.

Tak lama setelah resmi diluncurkan di Desember 2005, YouTube mengalami pertumbuhan yang pesat. Di bulan Maret tahun berikutnya saja sudah ada sekitar 25 juta video yang diunggah ke situs web tersebut.

Awal mula Google memiliki YouTube adalah saat kedua perusahaan menyepakati akuisisi senilai $1,65 miliar pada Oktober 2006. Popularitas yang tak kunjung redup menjadikan YouTube peluang bagi Google. Sebabnya, Google juga sempat mengembangkan website berbagi video tetapi tidak mendapatkan jumlah pengunjung yang mereka inginkan.

Setelah membeli YouTube, Google membuat persetujuan dengan sejumlah perusahaan entertainment terkait pelanggaran hak cipta. Hal itu dikarenakan banyaknya film dan tayangan TV yang diunggah ke YouTube tanpa izin dari pihak terkait.

Berbagai perusahaan tersebut mengharuskan Google untuk menghapus konten-konten di YouTube yang dilindungi hak cipta. Keuntungan yang didapatkan YouTube adalah wewenang untuk mengunggah film-film berdurasi penuh yang disepakati kedua pihak dengan disertai iklan.

Langkah tersebut membantu YouTube dalam bersaing dengan layanan streaming Hulu yang sudah terlebih dulu mendapatkan hak untuk menayangkan konten dari sejumlah perusahaan media terkenal, termasuk Disney dan Fox.

Fitur-Fitur YouTube

Jika ingin tahu apa itu YouTube, rasanya tidak lengkap kalau belum mengenali fitur-fiturnya. Nah, berikut ini adalah berbagai fitur yang bisa kamu temukan di YouTube:

Unggah Video

Fungsi utama YouTube adalah memungkinkan pengguna untuk upload atau mengunggah video. Ingat, untuk menikmati fitur ini, kamu harus log in ke YouTube terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, log in-nya mudah karena cukup menggunakan akun Gmail.

Topik video yang bisa kamu unggah ke YouTube beragam, mulai dari edukasi hingga entertainment. Namun demikian, semua konten yang kamu upload harus sesuai dengan syarat dan ketentuan YouTube.

Nah, bagaimana dengan panjang video yang boleh kamu unggah? Saat artikel ini ditulis, durasi maksimal video YouTube adalah 12 jam. Itulah mengapa jenis konten YouTube berbagai macam, mulai dari panduan singkat hingga film dokumenter.

Interaksi Antar Pengguna

Selain memudahkan berbagi video, YouTube memiliki beberapa fitur yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Contohnya, kamu bisa memposting komentar di video unggahan orang lain dan sebaliknya. 

Tak hanya itu, baik kamu maupun pengguna lain bisa membalas komentar satu sama lain. Oleh karena itu, kolom komentar di video YouTube bisa menjadi tempat berdiskusi atau bercanda gurau antara penonton dan pengunggah konten.

Baca: Cara Menjadi YouTuber

Pencarian Video

Fitur lainnya milik YouTube adalah penelusuran video. Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup mengetikkan kata kunci di kolom pencarian di website YouTube atau aplikasinya di smartphone.

Setelah kamu memasukkan kata kunci pencarian, algoritma YouTube memproses permintaanmu dengan mempertimbangkan beberapa kriteria agar mampu memberikan hasil yang paling sesuai. Tiga di antaranya yaitu:

  • Ada atau tidaknya kata kunci pencarianmu atau kueri terkait di judul, tag, dan deskripsi video
  • Kredibilitas informasi yang disebutkan dalam video
  • Rata-rata waktu tonton video.

Jadi, misalkan kamu memasukkan kata kunci “tips berkebun”, isi hasil pencarian YouTube adalah video-video yang sesuai dengan kata kunci tersebut, urut dari yang paling memenuhi ketiga kriteria pencarian tadi.

Kanal YouTube

Kanal atau channel YouTube merupakan halaman yang menampilkan semua unggahanmu. Kurang lebih, fungsinya mirip dengan halaman profil di platform media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Kamu bisa mengikuti kanal milik para content creator favorit untuk mendapatkan notifikasi untuk konten-konten terbaru dengan klik Subscribe di kanal mereka. Jika kamu memiliki channel, pengguna YouTube lainnya pun bisa mengikutimu.

Rekomendasi Konten

Selain melalui penelusuran, kamu juga bisa menemukan video untuk ditonton melalui rekomendasi YouTube. Letak rekomendasi YouTube adalah di halaman beranda YouTube dan di panel sebelah kanan halaman pemutar video.

Rekomendasi yang YouTube berikan dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Histori penelusuran
  • Topik video yang sering kamu tonton
  • Topik kanal yang kamu ikuti
  • Video yang kamu beri like
  • Video yang kamu beri dislike

Jadi, semakin sering kamu berinteraksi dengan konten di YouTube, rekomendasi yang kamu dapatkan akan semakin sesuai dengan minatmu.

Monetisasi Kanal

Fitur YouTube selanjutnya adalah program monetisasi. Itu artinya, kamu bisa mengubah kanal YouTube-mu menjadi sumber pemasukan.

Saat ini, jenis-jenis monetisasi yang ditawarkan YouTube adalah:

  • Iklan
    Menampilkan iklan di video yang memenuhi persyaratan YouTube. Iklan yang muncul merupakan pilihan dari Google AdSense dan disesuaikan dengan konteks video kamu.
  • Super Chat
    Pengguna YouTube bisa membeli Super Chat sebagai wujud apresiasi mereka terhadap kontenmu. Setiap kali membeli Super Chat, pengguna mendapat kesempatan untuk menandai pesannya di kolom komentar videomu maupun chat live stream-mu.
  • Super Stickers
    Cara kerja Super Stickers sama seperti Super Chat. Bedanya, Super Stickers memungkinkan pengguna untuk menampilkan stiker khusus di kolom komentar videomu atau chat live stream-mu.
  • Membership
    Membership YouTube adalah fitur untuk membuat sistem berlangganan di kanalmu. Setelah mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menawarkan konten eksklusif, seperti video, live stream, dan emoji dengan biaya bulanan kepada pengguna YouTube.
  • YouTube Shopping
    YouTube memudahkanmu untuk berjualan merchandise dan produk lainnya melalui etalase di kanal dan videomu. Untuk menggunakan fitur Shopping, kamu perlu menghubungkan kanalmu dengan platform e-commerce yang didukung YouTube.

Sebagai catatan, 45% penghasilanmu dari iklan akan diberikan ke Google AdSense. Sementara itu, YouTube menerima 30% pendapatanmu dari metode monetisasi lainnya.

YouTube Live

Selain memberikan fasilitas berbagi video, fitur lainnya dari YouTube adalah live streaming. Kamu bisa menyiarkan konten live dan berinteraksi langsung dengan para penonton. Beberapa contoh konten live yang umum yaitu gaming, tanya jawab, dan tutorial.

Live streaming di YouTube sangat mudah karena bisa kamu lakukan melalui website maupun aplikasi smartphone YouTube. Selain itu, kamu hanya butuh webcam atau kamera bawaan smartphone untuk menampilkan videomu. Jadi, ini adalah cara yang cocok untuk live streamer pemula.

Namun demikian, YouTube adalah platform yang juga mendukung metode live streaming melalui encoder. Cara ini memungkinkanmu untuk mengatur format konten yang kamu siarkan.

Alih-alih hanya menampilkan dirimu, kamu bisa membagikan input audio visual dari perangkat lain. Contoh penerapannya yaitu melakukan siaran bersama content creator lain atau narasumber dan menyiarkan permainan game dari komputer lain atau konsol game.

Kelebihan YouTube

YouTube memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Gratis
    Kamu tidak perlu membayar untuk menonton atau mengunggah video di YouTube. Meski demikian, tayangan video akan diselingi beberapa iklan kecuali kamu berlangganan YouTube Premium.
  • Mudah digunakan
    Kelebihan lainnya yang dimiliki YouTube adalah antarmuka yang mudah dipahami. Menonton dan mencari video cukup dengan klik saja.
  • Bisa diakses di berbagai perangkat
    YouTube bisa kamu akses di komputer, smartphone, dan smart TV. Jadi, kamu bisa menikmati konten-konten favoritmu di mana saja.
  • Topik kontennya beragam
    Kamu bisa menemukan berbagai macam topik konten di YouTube, termasuk video klip lagu, panduan, dan dokumenter.
  • Memiliki berbagai fitur
    Kelebihan YouTube lainnya adalah tidak sekedar menyediakan fasilitas mengunggah dan menonton video saja. Para pengguna bisa mengikuti kreator kesukaan mereka, melakukan monetisasi kanal, dan bahkan menyiarkan live stream.

YouTube Adalah: Sudah Tahu Apa Itu YouTube, Kan?

YouTube adalah salah satu website untuk berbagi video dengan para penggunanya. Di situs web ini, kamu bisa menonton dan upload video tanpa harus membayar sepeserpun.

Kini fitur YouTube tidak sebatas berbagi konten saja. Kamu bisa menggunakannya sebagai sumber pendapatan pasif melalui iklan di video, Super Chat, dan sistem membership di kanalmu.

Tidak hanya itu, kamu bisa melakukan live stream di YouTube untuk berdiskusi dan bersenang-senang dengan audiens. Menariknya lagi, kamu bisa membuat siaran live cukup melalui situs web atau aplikasi YouTube. Dengan kata lain, YouTube adalah sarana live streaming yang mudah digunakan.

Nah, semoga artikel ini membantu kamu mengenali apa itu YT. Jika kamu menyukai artikel ini, jangan lupa ikuti blog Gank untuk mendapatkan informasi dan tips lainnya seputar dunia content creator. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version