Apakah ada teman dekat atau kerabat yang sering berinteraksi denganmu di Instagram, tapi tiba-tiba aktivitasnya di platform itu seakan berhenti? Itu bisa jadi ciri ciri IG diblokir.

Instagram memiliki fitur block yang canggih untuk membantu melindungi privasi semua penggunanya. Sebab, kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan jika kena blokir. 

Namun demikian, tanda IG diblokir teman tetap ada. Misalnya, tahu-tahu, kamu sudah tidak melihat postingan seseorang di Home Feed. Atau, pesanmu kepada seseorang tidak pernah dibaca.

Daripada penasaran terus, yuk kenali ciri ciri Instagram diblokir dan cara mengetahui kita di blokir di IG di artikel ini!

Ciri Ciri IG Diblokir oleh Pengguna Lain

Jika akunmu di-block oleh orang lain di Instagram, kamu sama sekali tidak bisa berinteraksi dengan orang tersebut. Berikut ini adalah ciri ciri Instagram diblokir:

  1. Kalau mutualan IG dengan pengguna yang memblokirmu, amu otomatis hilang dari daftar follower-nya dan tidak bisa mengikutinya kembali.
  2. Jika profil orang yang memblokirmu sifatnya publik, kamu masih bisa menemukannya, tetapi feed-nya tidak akan tampil. Apabila profilnya privat, kamu tidak akan bisa menemukannya.
  3. Like dan komentar yang kamu berikan ke postingan pengguna yang memblokirmu akan dihapus dan tidak dapat dimunculkan lagi.
  4. Kamu tidak bisa mention atau tag orang yang memblokirmu di postingan maupun Story milikmu.
  5. Ciri ciri IG diblokir yang lainnya bisa kamu ketahui dari direct message (DM). Sebab, kamu tetap bisa mengirimkan DM ke orang yang memblokirmu, tetapi pesan tersebut tidak akan muncul di inbox-nya.
  6. Jika pengguna yang memblokirmu mengadakan IG Live, kamu tidak bisa menontonnya.

5 Cara Mengetahui Pengguna yang Memblokirmu di IG

Berdasarkan yang sudah dijelaskan, kamu pasti sudah paham tanda-tanda IG diblokir teman atau orang yang tidak ingin berinteraksi denganmu.

Tapi mungkin kamu juga ingin tahu bagaimana cara memeriksa apakah kamu benar-benar kena blokir atau tidak. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara memastikan ciri ciri IG diblokir:

1. Cari Profil Pengguna yang Diduga Memblokirmu

Langkah pertama memastikan ciri ciri IG diblokir adalah mencari profil yang kamu curigai. 

Ketikkan username profil tersebut di pencarian Instagram. Jika masih ada dan menampilkan feed-nya, coba kamu follow kembali. Kalau kamu bisa, kemungkinan pemiliknya sebatas menghapusmu dari daftar follower-nya.

Akan tetapi, kalau feed orang tersebut kosong dan kamu tidak berhasil follow lagi, itu artinya kamu sudah diblokir. Ciri ciri instagram diblokir oleh akun publik bisa kamu lihat di tangkap layar berikut ini.

Beda halnya apabila kamu di-block oleh akun privat. Sebab, kamu bahkan tidak akan bisa menemukan profil pemiliknya di pencarian Instagram meskipun username-nya benar.

2. Buka Profil Orang Tersebut di Browser

Selain cara memastikan ciri ciri IG diblokir yang pertama tadi, kamu bisa coba mengakses profil yang diduga memblokir melalui browser. Untuk melakukannya, log in ke website Instagram terlebih dahulu.

Setelah kamu log in, ketikkan instagram.com/username (ganti “username” dengan nama akun Instagram yang dicurigai telah memblokirmu) di kolom URL atau address bar browser. Jika muncul tulisan “Sorry this page isn’t available” atau “Maaf, halaman ini tidak tersedia”, ada dua kemungkinan.

Kemungkinan pertama, akun yang tadi kamu curigai sudah dihapus atau dinonaktifkan, sehingga tidak bisa kamu temukan. Kemungkinan kedua, kamu sudah di-block oleh pemilik akun tersebut.

Untuk memastikan kemungkinan yang kedua yang menandakan ciri ciri IG diblokir, log out dulu dari akunmu. Lalu, buka kembali halaman profil akun tadi. Kalau kali ini profilnya muncul, itu tandanya kamu memang kena blokir.

3. Cek Komentarnya di Postingan Akun Lain

Setelah kamu di-block seseorang, komentar-komentar orang tersebut masih bisa ditemukan  di postingan akun lain. Jadi, ciri ciri akun IG kita diblokir orang juga bisa kamu pastikan melalui komentar miliknya di postinganmu atau postingan pengguna lain.

Nah, coba kamu cari komentar dari orang yang diduga memblokirmu, kemudian ketuk atau klik username-nya. Jika tidak bisa kamu follow kembali atau justru muncul pesan “Sorry this page isn’t available”, berarti ciri ciri IG diblokir terbukti.

4. Periksa Direct Message-mu dengan Orang Tersebut

Riwayat DM atau pesan antara kamu dengan orang yang memblokirmu tidak akan hilang kecuali kamu hapus. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk memeriksa ciri ciri diblokir di IG.

Buka riwayat pesanmu dengan orang yang kamu duga memblokir, lalu ketuk username-nya. Apabila akunnya tidak bisa kamu follow atau tidak muncul, itu artinya kamu di-block oleh pemiliknya.

Baca Juga: Akun Anda Sudah Dikunci Sementara

5. Gunakan Akun Lain atau Minta Teman untuk Memeriksa Profil Tersebut

Selain semua cara mengecek ciri ciri IG diblokir yang sudah dibahas, kamu masih punya satu alternatif lagi. Mintalah bantuan pengguna lain untuk mengakses profil orang yang diduga memblokirmu. Bisa dipastikan kamu kena blokir kalau profil tersebut bisa dilihat oleh pengguna lain.

Apabila kamu tidak memiliki teman atau kenalan yang bisa dimintai bantuan, buat saja akun Instagram lain. Kemudian, gunakan akun itu untuk mengakses profil yang dicurigai membuat akun utamamu kena blokir.

Baca Juga: Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

Sudah Paham Ciri Ciri IG Diblokir?

Kamu tidak akan langsung tahu ketika di-block oleh seseorang di Instagram karena tidak ada notifikasinya. Namun, meski tidak mencolok, tanda-tanda IG diblokir bisa kamu temukan dengan memeriksa profil milik pengguna yang kemungkinan telah memblokir.

Setelah kamu memastikan bahwa telah di-block, jangan buru-buru marah. Coba ingat-ingat apa yang sudah kamu lakukan hingga membuat orang yang memblokirmu melakukan hal sedemikian rupa. Bisa jadi, ia merasa privasinya telah kamu ganggu.

Media sosial tak ada bedanya dengan dunia nyata. Tindakanmu di situ juga akan mempengaruhi perasaan pengguna lainnya. Jadi, kalau kamu merasa telah menyinggung orang lain, cobalah berlatih menggunakan empati agar tidak ada pihak lainnya yang memblokirmu, ya.

FAQ Ciri Ciri IG Diblokir

Jika kita memblokir seseorang di IG apakah dia tahu?

Orang yang kena blokir di Instagram tidak akan mendapatkan notifikasi. Jadi, baik pengguna lain atau kamu tidak akan otomatis tahu ketika di-block.

Apa tanda kalau kita diblokir di Instagram?

Tanda IG diblokir teman yaitu:

  • Hilang dari daftar follower orang tersebut dan tidak bisa mengikutinya lagi
  • Kamu tidak bisa menemukan akun orang tersebut jika profilnya bersifat privat
  • Komentar dan like yang kamu berikan ke postingan orang tersebut dihapus
  • Kamu tidak bisa tag dan mention username akun yang memblokirmu
  • Pesanmu kepada yang bersangkutan tidak pernah dibaca
  • IG Live orang tersebut tidak bisa kamu saksikan

Itu dia ciri ciri IG diblokir.

Berapa lama akun Instagram diblokir?

Akun Instagram diblokir hingga di-unblock oleh pengguna yang memblokirmu.

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version