Begitu tahu ada banyak cara mendapatkan uang dari YouTube, kamu mungkin jadi penasaran sama cuan dari bikin konten di YouTube. “Berapa sih uang yang didapat? Apa bisa cek penghasilan YouTuber tiap bulannya?”

Jawabannya, bisa. Ada beberapa cara cek pendapatan YouTuber yang bisa kamu pakai. Mulai pendapatan kamu sendiri, sampai YouTuber lain. Tapi, jangan berharap akan dapat informasi rahasia itu 100%, ya?

Soalnya hanya YouTuber itu sendiri yang bisa cek penghasilan YouTube mereka. Baik yang berasal dari iklan maupun sumber pendapatan lain. Itupun masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahannya.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Soalnya, kamu tetap bisa tahu estimasinya dari cara melihat penghasilan YouTuber lewat aplikasi YouTubeatau tools lain.

Nah, biar tidak makin penasaran, yuk baca sampai selesai!

Sumber Pendapatan YouTuber

Sebelum cek penghasilan YouTuber, kamu perlu tahu dulu berbagai sumber pendapatan YouTuber yang pernah dibahas pada cara membuat channel YouTube:

  • Iklan — Sumber pendapatan utama YouTube adalah iklan, baik itu pre-roll, mid-roll, dan post-roll. Content creator biasanya dapat 55% pendapatan iklan dari video mereka.
  • YouTube Premium — Pengguna YouTube bisa nonton video bebas iklan dengan YouTube Premium. Nah, kamu akan dapat uang dari pembagian pendapatan YouTube Premium itu.
  • Channel Membership — Mau dapat uang dari penontonmu langsung? Aktifkan channel membership. Jadi, penonton akan membayar buat bisa nonton video spesial dan tawaran fitur istimewa dari layanan itu. Bisa berupa streaming eksklusif, diskon khusus, dan lainnya.
  • Super Chat dan Super Stiker — Kalau kamu sering live streaming di YouTube, kamu bisa dapat uang dari Super Chat dan Super Sticker. Penonton bisa kasih komentar dan animasi spesial yang bisa dilihat semua orang di kolom komentar.
  • Super Thanks —Kamu juga bisa dapat uang dari fitur Super Thanks. Kalau penonton suka kontenmu dan menganggapnya bermanfaat, mereka bisa kasih dukungan langsung dengan klik tombol Super Thanks. Ini sebagai bentuk penghargaan buat karyamu.
  • Jualan Merchandise — Kalau kamu sudah jadi YouTuber yang punya personal branding kuat dan penggemar setia, kamu juga bisa jual merchandise. Kamu bisa tawarkan berbagai produk keren, seperti kaos, topi, mug, dan lain-lain.
  • Platform Pihak Ketiga — Bukan cuma di YouTube, kamu bisa dapat dukungan dari penggemar lewat platform lain juga. Ada banyak platform yang bisa bantu kamu kumpulin donasi dan bikin program keanggotaan spesial. Salah satu contohnya adalah Gank, platform membership content yang gratis.

Baca Juga:

Cara Cek Penghasilan YouTuber

Karena YouTuber punya banyak cara dapat uang, maka banyak juga cara cek penghasilan YouTuber. Apa saja?

  • YouTube Studio — Ini cara cek pendapatan YouTuber yang bisa dilakukan langsung dari dashboard YouTube. Jadi, hanya content creator tersebutlah yang bisa tahu jumlahnya.
  • Situs Cek Penghasilan YouTuber — Ada banyak tools yang bisa dipakai di beberapa website untuk cek pendapatan YouTuber. Contoh tool YouTube adalah Social Blade, VidIQ, dan TubeBuddy. Tapi, hasilnya hanya estimasi.
  • Artikel Berita — Seringkali banyak media yang bisa tahu berapa pendapatan seorang YouTuber. Mereka bisa dapat informasi dari YouTuber itu sendiri atau dari sumber lain.
  • Kerjasama Brand — Beberapa brand menunjukkan angka kerjasama dengan YouTuber demi transparansi perusahaan. Jadi, tak perlu cek penghasilan YouTuber itu karena akan langsung kamu ketahui.

Ini penjelasan lebih lengkapnya:

Cek Penghasilan YouTuber Via YouTube Studio

Ini adalah cara cek penghasilan YouTuber langsung dari platform YouTube yang paling sering dipakai:

  • Buka web browser dan akses https://studio.youtube.com/ dari PC atau laptop.
  • Masuk ke YouTube kamu dengan akun Google
  • Di halaman utama YouTube Studio, pilih menu Analytics.
  • Di bagian atas terdapat beberapa menu, salah satunya Revenue.
  • Kamu akan melihat Estimated Earnings untuk rentang waktu default 28 hari. Bila perlu, kamu bisa melakukan pengecekan pada durasi yang lebih panjang, bahkan Lifetime.
  • Kamu akan melihat berbagai metrik untuk cek pendapatan YouTube, termasuk:
    • Estimated earnings. Jumlah pendapatan kamu selama periode tertentu.
    • Ad revenue. Banyak uang dari iklan yang ditampilkan di video kamu.
    • Channel memberships. Total pendapatan dari penonton yang membayar bulanan sebagai member.
    • Super Chat and Stickers. Pendapatan dari penonton yang membeli Super Chat atau Stiker selama kamu live.
    • Merchandise sales. Bagian untuk cek pendapatan YouTuber dari penjualan merchandise.

Itulah cara melihat penghasilan YouTuber langsung dari YouTube Studio. Semua informasi ini tentunya hanya diketahui oleh content creator yang bersangkutan.

Cek Pendapatan YouTuber dari Aplikasi YouTube Studio

Kalau kamu lebih banyak menggunakan HP atau tablet, kamu bisa cek penghasilan YouTuber dengan aplikasi YouTube Studio sebagai berikut:

  • Download dan install aplikasi YouTube Studio
  • Akses aplikasi YouTube Studio Mobile dan pastikan kamu sudah memilih akun yang sesuai
  • Di bagian bawah akan ada menu Analytics, tap pada ikon tersebut.
  • Lihat pada beberapa tab di bagian atas dan pilih Revenue.
sumber: help.google.com

Lalu, apa lagi cara cek penghasilan YouTuber lainnya?

Baca Juga: Cara Melihat Trending YouTube

Cara Melihat Penghasilan YouTuber dari Social Blade

Berikut ini adalah cara melihat penghasilan YouTube di Social Blade yang kamu perlu tahu:

  • Dari PC atau laptop, buka browser dan akses https://socialblade.com/.
  • Pada halaman utama Social Blade, pilih platform YouTube dan ketikkan username YouTube, misalnya MiawAug. Setelah itu, tekan enter.
  • Di halaman utama pencarian itu, akan ada beberapa nama content creator yang mewakili platform yang digunakan. Dalam panduan cek penghasilan YouTuber ini, kamu akan memilih yang memiliki label “YouTube”.
  • Kamu akan dibawah ke halaman utama Social Blade untuk YouTuber tersebut. Kamu dapat melihat berbagai statistik, termasuk perkiraan pendapatan bulanan dan tahunan di dashboard utama.
  • Kamu juga bisa melihat informasi lebih detail, seperti rata-rata pendapatan harian, di bagian bawah halaman.

Itulah cara melihat penghasilan YouTube di Social Blade. Cukup mudah, bukan?

Semua itu bisa kamu lakukan dengan gratis dengan informasi yang terbatas. Kalau ingin fitur lebih untuk cek penghasilan YouTuber di platform ini, kamu bisa berlangganan layanan premium mulai dari $4/bulan.

Baca Juga: YouTuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia

Cara Cek Pendapatan YouTuber Lainnya

Bukan hanya dari YouTube Studio atau aplikasi seperti Social Blade, kamu juga bisa cek penghasilan YouTuber dengan:

1. Cek Berita Terbaru

Salah satu cara termudah untuk cek penghasilan YouTuber adalah dengan baca berita tentang content creator di seluruh dunia. Seringkali, ada banyak artikel yang mengungkapkan jumlah pendapatan YouTuber dalam periode waktu tertentu.

Bagaimana outlet berita bisa mendapatkan informasi itu ya? Mereka bisa melakukan wawancara langsung dengan YouTuber itu. Atau bisa juga cari tahu dari informasi yang muncul dari media sosial. Tentunya, beberapa di antaranya bersifat rumor.

2. Cek Informasi Brand Partnership

Cara melihat penghasilan YouTuber bisa dari rilis resmi dari sebuah brand partnership. Sebagai contoh, kamu bisa melihat pada bagian Berita Pers, misalnya Newsroom milik Razer Gaming.

Bukan cuma itu, kadang informasi tentang sebuah kesepakatan dengan brand juga banyak diberitakan media secara resmi. Salah satunya ketika xQc, seorang YouTuber di niche gaming, melakukan kerjasama dengan Kick di awal 2023.

3. Informasi yang Bocor

Yang tak kalah menarik, kamu bisa cek penghasilan YouTube seseorang kalau ada informasi yang bocor. Soalnya, pendapatan seorang YouTuber itu kan rahasia, tapi ada kemungkinan informasi itu bisa didapatkan oleh peretas.

Sebagai tambahan, informasi bocor juga bisa terjadi kalau YouTuber tidak sengaja membukanya. Contoh terbaru, Ninja tanpa sadar memperlihatkan penghasilan bulanannya yang mencapai $140.000/bulan. Meskipun bukan dari YouTube langsung, informasi itu sempat membuat heboh penontonnya.

Baca Juga: YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Terbanyak

Situs Cek Penghasilan YouTube (Bonus)

Di atas, kamu sudah mencoba untuk cek penghasilan YouTuber dari Social Blade, ya? Padahal ada tools lain yang bisa kamu pakai untuk tujuan sama. Apa saja?

1. NoxInfluencer

Ini salah satu situs yang sering dipakai untuk cek penghasilan YouTuber. NoxInfluencer punya fitur estimasi pendapatan dari jumlah subscribers, views, dan jenis konten. Kamu bisa cek penghasilan YouTuber favoritmu lewat kalkulator online mereka, lho.

2. Vidooly

Vidooly juga merupakan platform buat cek penghasilan YouTube. Yang perlu kamu lakukan adalah bergabung ke platform dan hubungkan channel YouTube kamu.

Beda dengan Social Blade, Vidooly bukan untuk melihat pendapatan YouTube secara langsung. Vidooly hanya memberi metric seperti subscriber, engagement, dan lainnya.

3. TubeBuddy

Kami memasukkan Tube Buddy sebagai situs cek penghasilan YouTuber. Pun begitu, penggunaan dari TubeBuddy lebih ke fungsinya sebagai sebuah ekstensi browser. Tapi, jangan salah. Nama besar seperti Mr. Beast juga konon pakai TubeBuddy ini lho.

Tool ini bisa kamu pakai untuk cek penghasilan YouTuber sesuai sumber monetisasi mereka. Misalnya, dari iklan, channel membership, super chat hingga merchandise.

4. Tubular Insights

Kamu sudah tahu kalau Warner Bros, Amazon, dan Walmart pakai Tubular Insights? Mereka mengandalkan platform ini untuk tahu data media sosial mereka, termasuk YouTube.

Dengan Tubular Insights, kamu bisa dapat berbagai informasi, termasuk cek penghasilan YouTuber. Caranya mudah, kamu perlu masuk ke dashboard mereka dan pilih bagian Leaderboards, lalu tentukan rentang waktu pengecekan yang kamu mau.

5. Stream Hatchet

Platform ini bukan hanya untuk cek penghasilan YouTube. Stream Hatchet bisa digunakan untuk semua platform yang mendukung gamer dan streamer. Di dalamnya terdapat data analytics, termasuk data pendapatan YouTuber tentunya.

Nah, untuk cek penghasilan YouTuber, kamu bisa login ke platform dan masuk ke menu Analytics dan Earnings.

Baca Juga: Gaji YouTuber Pemula

Cek Penghasilan YouTuber itu Mudah, Bukan?

Cukup banyak juga ya cara cek penghasilan YouTuber yang kamu pelajari? Nah, kamu sendiri lebih suka untuk cek pendapatan YouTuber yang mana nih dari beberapa pilihan di atas?

Apapun itu, semua informasi yang kamu dapatkan itu cuma perkiraan, lho. Ya, termasuk yang datang dari YouTube Studio milikmu sendiri bukan merupakan total pendapatanmu 100%. Alasannya, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi pendapatanmu, seperti invalid trafik, tren yang berubah, dan lainnya.

Oh ya, kalau ternyata kamu belum puas dengan penghasilanmu di YouTube, kamu bisa coba cari cara lain untuk dapat uang lebih. Contohnya, jualan merchandise atau menerima donasi untuk project spesial kontenmu.

Selain YouTube, kamu bisa pakai platform seperti Gank. Inilah platform bagi content creator untuk membangun komunitas loyal. Kamu bisa memanfaatkannya dengan gratis. Tenang, sudah banyak YouTuber yang gabung, kok. Mulai dari niche cosplay seperti Kitsunee, gaming, musik dan lainnya.

Bagaimana? Tertarik untuk jadi YouTuber dengan penghasilan yang lebih besar lagi?

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version