Siapa sih yang tidak mau jadi YouTuber seperti Jess No Limit? Dia itu terkenal dan bisa punya pendapatan sampai Rp1,14 miliar sebulan dari nge-game. Jadi, jangan kaget kalau banyak orang jadi ikut membuat channel YouTube. Sayangnya, masih sedikit yang tahu cara jadi YouTuber yang sukses.

Yang terjadi, kebanyakan asal membuat konten video tanpa fokus yang jelas. Atau kurang memperhatikan kualitas dan kebiasaan penontonnya. Akhirnya semua video yang susah payah dibuat jadi tidak ada yang nonton. Akibatnya, channel mereka jadi tidak berkembang karena sepi.

Sejujurnya, tanpa tahu cara jadi YouTuber sukses akan sulit untuk mengatasi persaingan yang ada. Belum lagi, dibutuhkan berbagai syarat menjadi YouTuber yang bisa menarik jutaan viewer.

Nah, agar kamu tidak terlalu khawatir, kali ini kami akan membagikan cara jadi YouTube pemula. Kami akan berikan semua informasi langkah demi langkah cara menjadi content creator YouTube dan berbagai tips YouTuber pemula. Yuk, baca sampai selesai!

Cara Menjadi YouTuber dengan Banyak Penonton di 2024

Inilah langkah demi langkah cara menjadi YouTuber sukses untuk pemula yang perlu kamu ketahui:

1. Kenali Passion dan Keahilan Kamu

Ini cara menjadi YouTuber yang paling dasar. Sayangnya, sering dilupakan, terutama oleh content creator baru. Padahal langkah ini penting sebelum kamu sibuk dengan langkah teknis. Jadi, ada baiknya mulailah dengan mengenali apa yang kamu suka dulu.

Kenapa sih harus memulai dengan passion sebagai cara jadi YouTuber top? Soalnya, untuk jadi content creator terkenal di YouTube itu perlu waktu. Tidak bisa instan untuk membangun identitas online yang kuat dengan konten yang bermanfaat.

Bayangkan kalau kamu menjalaninya tanpa passion, risiko jadi bosan dan berhenti di tengah jalan akan makin besar. Apalagi kalau ditambah dengan membuat konten yang bukan keahlian kamu.
Kamu bisa cepat kehabisan ide dan bingung mau membuat konten apa lagi.

Yang paling mengkhawatirkan, kalau kamu jadi kurang percaya diri ketika berinteraksi sama subscribermu. Mungkin kamu khawatir tidak bisa jawab pertanyaan mereka karena kurang menguasai topiknya. Wah, gawat, ya?

Cara Menjadi YouTuber Pemula di Tahap Ini:

  • Lakukan refleksi diri
  • Buat daftar yang menunjukan diri kamu sebenarnya
  • Prioritaskan hal yang paling istimewa dari daftar itu

2. Pilih Niche yang Pas

Cara menjadi YouTuber kurang lengkap tanpa diikuti memilih niche. Inilah kategori topik buat semua kontenmu. Misalnya gaming, musik, fashion, dan masih banyak lagi. Pikirkanlah strategi memilih niche sesuai passion dan skill.

Data Vidiq menunjukkan 77% penonton YouTube suka konten komedi dan konten gaming ditonton 500 juta viewer tiap bulan. Nah, kalau kamu punya skill dan passion di niche itu, pilihlah sebagai niche channel YouTube-mu.

Eits, tapi bukan berarti kamu perlu selalu mengikuti tren atau membuat konten yang populer saja. Sebagai content creator, kamu bebas menjadi diri sendiri. Kamu bahkan bisa menciptakan konten unik di niche baru. Lalu, tinggal tambahkan unsur komedi untuk peluang penonton lebih besar.

Cara Menjad YouTuber Pemula di Tahap Ini:

  • Lihat daftar yang kamu buat sebelumnya
  • Lakukan riset dengan melihat berbagai data terbaru
  • Buat daftar berbagai potensi ini yang cocok buat kamu
  • Pilih salah satu niche yang paling pas dengan kamu

3. Kenali Audiens Kamu

YouTube adalah tempat berkumpulnya orang dengan minat yang berbeda. Ada yang cari info, ada yang cuma buat hiburan, dan lain-lain. Jadi, jangan berharap semua orang akan jadi penontonmu. Pada akhirnya, cuma orang-orang yang tertarik sama topik di kontenmu yang akan nonton.

Nah, siapa sih sebenarnya audiens kamu? Kamu harus kenal mereka dengan baik sebagai bagian dari cara jadi YouTuber pemula.

Salah satu cara yang cukup efektif adalah membuat persona, sebuah karakter imajinasi audiens. Persona itu akan menunjukkan ciri dari audiance kamu di dunia nyata. Karakter ini punya nama, umur, tempat tinggal, hobi, masalah yang sering dihadapi, dan lain-lain. Semua konten yang kamu buat nantinya ditujukan untuk si persona tadi.

Jangan pikir ini cuma halusinasi, ya. Soalnya hampir setiap bisnis sukses menggunakan konsep persona ini untuk mengenal lebih baik konsumennya. Jadi, kamu juga bisa pakai ini sebagai cara menjadi YouTuber top.

Cara Menjadi YouTuber Pemula di Tahap Ini:

  • Pastikan kamu sudah menentukan niche untuk channel kamu
  • Lagi-lagi lakukan riset dengan data atau survey terbaru
  • Buat persona, bisa manual atau pakai tool khusus
  • Lakukan perbandingan dengan kompetitor di niche yang sama

4. Tentukan Konsep Konten YouTube Kamu

Bukan bermaksud terlalu ribet, tapi menentukan konsep konten YouTube kamu di awal itu penting. Dan langkah ini sudah banyak dipakai sebagai cara menjadi YouTuber yang sukses. Soalnya, bisa bantu kamu menentukan arah pengembangan channel YouTube itu dengan jelas.

Misalnya, konsep channel YouTube kamu mau faceless alias tanpa menunjukkan muka. Itu bisa dicoba dan cukup banyak YouTuber di berbagai niche melakukannya. Ini bisa jadi konsep yang beda di tengah banyaknya YouTuber terkenal lain.

Salah satu contohnya adalah ErDev. Di channel ini, fokus konten lebih pada tampilan gadgetnya bukan content creator. Sedikit berbeda dengan channel terkenal seperti Gadgetin, bukan?

Perlu inspirasi niche lain? Coba deh lihat bagaimana Solo Travel Japan bisa membawa penonton menikmati indahnya negara Jepang tanpa sedikitpun tahu siapa orang yang ada di balik kamera itu.

Oh ya, kamu bisa mengubah konsep yang kamu gunakan di tengah jalan kalau memang sangat diperlukan. Tidak harus tetap, tapi disesuaikan dengan perkembangan channel kamu sendiri.

Cara Menjadi YouTuber Pemula di Tahap Ini:

  • Riset konsep konten di niche yang akan kamu geluti.
  • Buat daftar konsep yang cocok untuk kamu gunakan.
  • Lihat keberhasilan YouTuber lain dengan konsep tersebut
  • Pilih salah satu sebagai konsep utama YouTube kamu
  • Tetap pertimbangkan konsep lain yang tak kalah potensial

Baca Juga: Ide Konten YouTube untuk Berbagai Niche

5. Tentukan Tujuanmu Sebagai YouTuber

Kamu sudah tahu kan konsep kontenmu dan siapa yang akan jadi penonton? Lalu, channel YouTube kamu mau dibawa ke mana?

Inilah pentingnya menentukan tujuan sebagai cara menjadi YouTuber yang fokus.

Awalnya, kamu bisa menentukan tujuan umum dulu. Misal, “menjadi YouTuber top di niche mobile gaming”. Dengan tujuan ini, kamu fokus membuat konten dan membangun fan base untuk beberapa game seperti PUBG Mobile, Free Fire, Brawl Star, Roblox atau lainnya.

Nah tapi, begitu sudah berjalan, tujuan kamu harus lebih spesifik lagi. Rekomendasinya, kamu bisa pake pendekatan SMART ala HubSpot. Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound. Ini jadi cara menjadi YouTuber yang cukup penting. Apa maksudnya?

Dengan SMART, kamu bisa merencanakan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dengan jelas. Misalnya, di awal targetnya mendapetkan 1000 subscriber di 3 bulan pertama. Lalu, dalam setahun ingin punya 100.000 subscriber dan kerja sama dengan du brand di niche itu.

Cara Menjadi YouTuber Pemula di Tahap Ini:

  • Catat berbagai kemungkinan sukses yang kamu harapkan (subscriber, engagement, monetisasi)
  • Fokus pada satu jenis tujuan terlebih dahulu
  • Mulai hitung target yang spesifik tujuan itu untuk waktu tertentu
  • Belajar dari riset atau kompetitor untuk tahu apakah target kamu realistis.

6. Siapkan Perangkat Terbaik untuk Kontenmu

Dengan semua cara jadi YouTuber pemula di atas, kamu sudah siap masuk ke langkah teknis.

YouTube memang gratis. Tapi sebagai YouTuber bukan berarti kamu tak perlu keluar uang sama sekali untuk membuat konten yang keren. Menyiapkan peralatan terbaik juga merupakan cara menjadi konten kreator YouTube. Dan ini tidak bisa dihindari.

Kamu tidak perlu beli peralatan mahal dan baru, kok. Gunakan saja semua yang sudah kamu punya saat ini. Tapi, tetap sesuaikan dengan konsep dan tujuan kamu sebagai seorang YouTuber. Jadi, kalau kamu mau membuat podcast, minimal kamu perlu dua mikrofon yang suaranya bagus.

Mau pakai alat sederhana tapi kemudian jadi sukses? Bisa kok. Ini cara jadi YouTube pemula yang pernah dipraktikkan oleh SobatHape dan MiauwG sebelum dia punya 20 juta subscriber saat ini.

Cara Menjadi Content Creator YouTube di Tahap Ini:

  • Kenali kebutuhan perangkat untuk jenis kontenmu.
  • Cek kondisi semua perangkat yang kamu punya sekarang.
  • Kalau harus beli baru, cari tahu harga dan spesifikasinya dengan benar.
  • Mulailah membeli perangkat dari yang paling penting saja.
  • Pelajari dulu cara pakai perangkat itu sebelum beli.
  • Kalau harganya tidak beda jauh, pikirkan untuk kebutuhan jangka panjang.

7. Membangun Channel YouTube

Sekarang saatnya kamu membuat channel sebagai cara menjadi YouTuber pemula. Jangan salah, ini bukan cuma tentang klik “Buat Channel” di profil YouTube kamu. Ini tentang memilih nama brand yang keren sebagai YouTuber dan membangun reputasi online sebagai content creator.

Langkah ini penting untuk menjadi YouTuber sukses. Kamu harus memastikan bahwa channelmu mencerminkan siapa kamu dan apa yang kamu lakukan. Mulailah dengan memilih nama yang bagus, deskripsi yang lengkap, dan branding yang keren.

Faktanya, menurut data dari TubeBuddy, 48% channel YouTube yang punya brand yang keren dan gampang diingat biasanya punya subscriber lebih banyak.

Cara Menjadi YouTuber di Tahap Ini:

  • Gunakan akun khusus kalau kamu ingin membangun brand profesional.
  • Klik “Buat Channel” dari pengaturan akun YouTube kamu.
  • Pastikan jenis channel, deskripsi channel, dan pengaturan privasi sudah benar.
  • Ubah foto profil dan banner sesuai dengan personal brand kamu

Baca Juga: Ukuran Banner YouTube

8. Siapkan Rencana Pembuatan Konten

Cara menjadi YouTuber selanjutnya adalah membuat rencana konten. Ini bukan cuma tentang kapan kamu akan membuat konten, tapi juga tentang apa yang akan kamu ceritakan, seberapa sering kamu upload video di channel kamu, dan lain-lain.

Semua rencana itu jadi lebih kompleks kalau jenis kontennya melibatkan banyak orang. Misalnya, kalau kamu bikin podcast dengan mengundang tamu atau vlog jalan-jalan yang perlu persiapan kendaraan dan tempat menginap sesuai topik konten.

Tanpa persiapan yang baik, akan susah untuk membuat konten yang bagus. Bahkan menurut data dari VidiQ, 82% channel YouTube yang pakai content calendar berhasil mencapai target subscriber mereka.

Itu baru tentang pembuatan konten, belum lagi soal kapan kamu upload video. Ini cara jadi YouTuber yang penting karena channel jadi terlihat konsisten degan koleksi video yang bermanfaat.

Bagaimana Cara Menjadi YouTuber Tahap Ini:

  • Siapkan catatan khusus untuk semua rencana konten yang akan kamu buat.
  • Tentukan tahapan dari setiap pembuatan konten.
  • Tuliskan informasi spesifik untuk setiap konten di dalam setiap tahapan.
  • Berikan judul, deskripsi, dan tanggal deadline yang jelas di setiap informasi.
  • Gunakan checklist untuk menandai yang sudah selesai dan yang belum.

Baca Juga: Cara Melihat Trending YouTube

9. Membuat Konten Video Berkualitas dan Bermanfaat

Inilah bagian paling seru dari cara menjadi YouTuber papan atas. Langkah ini penting untuk melihat apakah konten di channel-mu bisa membuat penonton tertarik. Bahkan, syarat menjadi YouTuber sukses adalah bisa terus membuat video berkualitas dan menarik.

Lalu bagaimana sih cara membuat video yang bagus di YouTube?

Mulailah dengan passion untuk membuat konten yang sesuai dengan tujuanmu sebagai YouTuber. Setiap video kamu adalah karya yang bisa membantu kamu dikenal di dunia online, khususnya kalau kamu mau jadi profesional.

Selanjutnya, jangan lupa dua hal penting. Pertama, video di channel YouTube kamu harus bermanfaat. Artinya, informasi yang kamu berikan harus berguna buat penonton sesuai niche. Kedua, buatlah suara dan videonya bagus supaya enak dilihat dan didengar.

Kalau lebih teknis, kamu perlu memikirkan tentang pencahayaan yang baik, keterampilan editing, intro dan outro, serta penulisan caption dan lainnya.

Bagaimana Cara Menjadi YouTuber Pemula di Tahap Ini:

  • Siapkan peralatan untuk mulai membuat video di YouTube.
  • Siapkan skrip untuk mengatur pembicaraan saat merekam video.
  • Rekam video dengan pencahayaan dan setting yang sesuai dengan jenis konten.
  • Edit video agar lebih menarik.
  • Simpan video dalam format dan resolusi yang sesuai dengan aturan YouTube.
  • Unggah video menggunakan koneksi internet yang stabil.

10. Lakukan Optimasi SEO YouTube

SEO bukan cuma untuk website biar muncul di Google, lho. Video yang kamu buat juga harus diatur biar lebih gampang muncul di hasil pencarian teratas di YouTube.

Coba bayangkan ya, dalam sehari saja ada lebih dari 3,7 juta video baru yang diunggah ke YouTube. Lalu, bagaimana caranya biar video kamu bisa menarik perhatian sebagian dari 2,5 miliar pengguna YouTube? Tentu dengan mengoptimalkan SEO. Dan ini langkah wajib dari cara menjadi YouTuber yang sukses.

Ada beberapa langkah untuk melakukannya. Salah satunya adalah membuat thumbnail yang mengundang penasaran dan agak clickbait. Lalu, pastikan juga judul dan deskripsinya mengandung keyword sesuai pencarian. Misalnya, “laptop terbaik” atau “monitor terbaik”.

Baca Juga: Ukuran Thumbnail YouTube yang Tepat

Jangan lupa juga buat menampilkan end-screen dan rekomendasi video yang relevan biar penonton betah nonton video kamu lebih lama. Ini juga bisa membantu kamu terlihat lebih kredibel di mata penonton dan YouTube.

Bagaimana Cara Menjadi YouTuber di Tahap Ini:

  • Selalu lakukan riset kata kunci sebelum membuat konten video.
  • Gunakan kata kunci itu dalam script YouTube.
  • Masukkan kata kunci sebagai bagian dari judul, deskripsi, dan gambar kecil.
  • Selalu unggah video dengan kualitas tinggi saja.
  • Tambahkan elemen untuk merekomendasikan video kamu yang lain.

11. Mengupload Konten secara Konsisten

Salah satu cara gagal dalam menjadi YouTuber adalah dengan tidak mengunggah video dalam waktu yang lama. Ini tentu bukan cara jadi YouTuber sukses. Sebaliknya, kamu perlu mengunggah konten secara teratur sesuai dengan content calendar yang sudah kamu buat.

Jangan lupa ya, konsistensi itu penting sebagai syarat menjadi YouTuber top. Apalagi kalau kamu fokus di niche entertainment seperti musik, komedi, atau mini drama. Layaknya acara TV, penonton pasti menunggu adanya episode baru di setiap minggunya.

Masih belum percaya pentingnya upload rutin? Data terbaru menunjukkan kalau 100 channel teratas di YouTube biasanya upload 2,3 video per hari. Yang lebih menarik, channel yang upload video seminggu sekali biasanya mendapat views 14 kali lebih banyak dari yang tidak melakukannya.

Inilah Cara Menjadi YouTuber di Langkah Ini:

  • Lihat kembali rencana pembuatan konten yang sesuai dengan kalender konten.
  • Tentukan konsep video yang akan direkam dalam jadwal penjadwalan.
  • Bedakan waktu antara pengambilan gambar, proses pengeditan, dan pengunggahan.
  • Siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan sebelum memulai proses perekaman.
  • Pastikan koneksi internet yang digunakan stabil dan cepat.

12. Berinteraksi Dengan Penonton

Syarat menjadi seorang YouTuber yang baik tidak bisa cuma sekadar jago membuat video keren. Kamu juga harus bisa berkomunikasi dengan penonton. Itu semua agar penonton merasa ikut terlibat dan jadi bagian dari perjalanan karirmu sebagai YouTuber.

Dan semua ini bukan cuma saran, tapi memang harapan penonton. Ini berlaku untuk content creator atau pebisnis yang ingin terjun ke YouTube. Menurut data dari Sprout Social, 80% orang ingin bisa bicara langsung dengan pembuat konten dan 71% diantarnya ingin interaksi personalized.

Cara jadi YouTuber yang digemari orang itu termasuk bersikap ramah dan terbuka untuk bisa berbicara dengan viewers. Kamu bisa melakukannya lewat kolom komentar atau chat saat sedang live streaming. Selain itu, kamu juga bisa membuat video khusus untuk komunikasi ini.

Bukan cuma untuk menerima komentar yang bagus saja, tapi kamu juga harus tanggap dengan feedback negatif. Tujuannya, semangat channel YouTube kamu tetap fokus untuk memberi manfaat. Meskipun mungkin ada kekurangan di beberapa hal.

Bagaimana Cara Menjadi YouTuber di Tahap Ini:

  • Sempatkan waktu membaca komentar dari viewers. Bila perlu jadwalkan khusus.
  • Baca dengan serius komentar atau chat dari penonton saat live streaming
  • Selalu jawab setiap pertanyaan atau komentar dengan sopan dan informatif.
  • Jangan membiarkan komentar yang perlu dijawab terlalu lama tidak mendapat perhatian.
  • Pakai bahasa yang gampang dimengerti ketika menanggapi sebuah komentar.
  • Tetap tenang kalau ada komentar negatif. Jangan terpancing emosi.

13. Mempromosikan Video Di Berbagai Platform

Salah satu cara jadi YouTuber yang banyak ditonton adalah dengan memastikan kamu bisa ajak banyak orang nonton video yang sudah kamu buat. Caranya, tentu dengan strategi promosi yang jitu.

Benar, promosi itu kuncinya. Dan kamu bisa mulai dari dalam YouTube sendiri, lalu dilanjutkan dengan promosi di berbagai platform media sosial.

Kalau dari dalam YouTube sendiri, kamu bisa pakai end-screen, dan rekomendasi video di tengah konten. Bisa juga menyisikan uang untuk memasang iklan. Atau kamu bisa membuat live streaming khusus sebagai promosi video tertentu.

Sedangkan kalau melalui media sosial, kamu bisa memposting video yang akan dirilis atau sudah dirilis di Facebook, X, Instagram dan lainnya.

Yang perlu dicatat adalah video yang dipromosikan lewat media sosial akan lima kali lebih sering dilihat dibanding video yang tanpa promosi. Jadi selain membuat jadwal rilis video, kamu juga perlu membuat rencana promosinya.

Bagaimana Cara Menjadi YouTuber di Tahap Ini:

  • Pelajari cara promosi di YouTube sendiri.
  • Gunakan media sosial untuk bantu promosi video.
  • Pilih strategi promosi yang sesuai dengan tema video kamu.
  • Promosi video secara terus-menerus untuk hasil yang lebih baik.
  • Ajak followers berinteraksi dengan video promosi kamu.

14. Lihat Performa Video Kamu

Di awal, kami sudah jelaskan cara menjadi YouTuber pemula itu dengan menentukan apa yang mau kamu capai saat membuat channel YouTube. Nah, kamu tidak akan tahu berhasil atau tidak kecuali kamu cek performa setiap video.

Semua ini adalah cara jadi YouTube sukses yang mau tidak mau harus kamu lakukan.

Untungnya, ada tools seperti YouTube Analytics yang bisa bantu kamu untuk membuat prosesnya lebih otomatis. Bahkan kalau perlu, kamu juga bisa menggunakan tools tambahan seperti VidiQ.

Gampangnya, menjadi YouTuber tidak bisa mengandalkan asumsi, tapi berdasar data. Sebagai contoh, sebaiknya kamu membuat jenis konten seperti apa, cara berinteraksi dengan penonton bagaimana, dan lain-lain.

Bagaimana Syarat Menjadi YouTuber di Langkah Ini:

  • Mulai bangun mindset bahwa kamu harus melakukan semuanya tanpa asumsi
  • Siap belajar berbagai tools analitik seperti YouTube Analitics dan yang lainnya
  • Fokus pada beberapa metrik penting yang cocok dengan tujuanmu sebagai YouTuber
  • Lakukan analisis data secara teratur dengan jadwal khusus
  • Ambil keputusan untuk melakukan perubahan berdasarkan data
  • Lakukan perubahan total kalau sudah melakukan A/B test

15. Bergabung ke YouTube Partner Program (YPP)

Ini adalah cara untuk jadi YouTuber sukses yang tidak perlu lakukan kalau tujuan kamu bukan untuk mendapatkan uan. Soalnya, YPP itu memang program yang diwajibkan YouTube untuk content creator yang mau melakukan monetisasi.

Kalau kamu mau jadi profesional, syarat menjadi YouTuber sesuai program YPP antara lain:

  • memiliki total 4.000 jam tonton dalam satu tahun terakhir.
  • memiliki 1.000 tontonan YouTube Shorts dalam 90 hari terakhir.
  • berada di negara yang YPP sudah tersedia.
  • memiliki akun Adsense untuk dihubungkan ke channel YouTube kamu.

Setelah semua itu terpenuhi, dan kamu udah bisa mengaktifkan monetisasi di channel kamu, berarti kamu sudah siap dapat uang dari AdSense dan program YouTube lainnya.

Ini juga kasih kode ke YouTube kalau kamu benar-benar serius jadi content creator. Jadi, ini akan membantu kamu dapat kesempatan membangun channel YouTube kamu lebih baik ke depannya.

Bagaimana Cara Menjadi YouTuber di Langkah Ini:

  • Update informasi terbaru tentang program YouTube Partner Program (YPP)
  • Pastikan kamu sudah memenuhi semua persyaratan untuk bergabung ke YPP
  • Lakukan permohonan pengajuan bergabung ke program tersebut
  • Pastikan kamu juga sudah memiliki akun Google AdSense
  • Setelah diterima, kamu bisa mulai mendapatkan uang dari YouTube

16. Menggunakan Strategi Monetisasi yang Beragam

Cara mendapatkan uang dari YouTube bukan cuma dari program di platform itu sendiri. Ada banyak pilihan buat kamu yang mau jadi content creator profesional.

Ini merupakan cara jadi YouTuber yang sukses dan sering dipakai oleh YouTuber top dunia. Jadi, pada awalnya mereka memang mendapatkan uang dari iklan. Tapi ternyata, penghasilan dari kerjasama brand dan lainnya bisa jauh lebih besar dibanding revenue-sharing dari YouTube.

Beberapa contohnya yaitu Ninja di niche gaming. Dia bisa mendapatkan uang lebih banyak di waktu tertentu saat jadi brand ambassador RedBull. Atau PewDiePie, dia juga ikut terjun ke bisnis penjualan merchandise untuk memberi penawaran keren buat fansnya di seluruh dunia.

Oh ya, cara jadi YouTuber pemula dengan penghasilan yang menjanjikan bisa dari donasi dan membership.

Nah, ada satu platform yang bisa membantu kamu mewujudkan impian jadi YouTuber sukses. Namanya Gank. Di platform ini, kamu bisa bergabung tanpa harus membayar. Cukup daftar, lalu bangun kredibilitas online, dan buka donasi atau jualan merchandise di sana. Seru, bukan?

Bagaimana Syarat Menjadi YouTuber dengan Penghasilan Lebih dari Langkah Ini:

  • Selalu update info tentang cara dapat uang selain dari dalam YouTube
  • Tentukan strategi monetisasi yang mau kamu coba (donasi, sponsored post, membership)
  • Pilih platform yang bisa kamu pakai gratis dan menyediakann fitur-fitur itu.
  • Pastikan platformnya mendukung YouTuber pemula.
  • Buatlah konten eksklusif di platform itu supaya makin spesial.
  • Beri tahu viewers kamu agar mereka bisa mampir ke platform itu.

Baca Juga: Cara Cek Penghasilan YouTuber

Tips YouTuber Pemula yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Berikut ini beberapa tips YouTube pemula yang perlu kamu ketahui setelah tahu cara menjadi YouTuber:

  • Pilih Sub Niche — Kadang kalau kamu fokus di sub-niche, kamu justru bisa jadi YouTuber sukses. Ini salah satu tips YouTuber pemula yang penting. Tak perlu belajar banyak hal, jadilah ahli di satu topik yang spesifik dan punya ilmu mendalam.
  • Buatlah Konten Evergreen — Kamu juga perlu membuat konten yang evergreen daripada selalu fokus pada tren yang sebentar kemudian hilang. Misalnya, kamu bisa membuat video tentang informasi dasar atau tutorial untuk pemula.
  • Coba Berbagai Format — Kalau kamu belum tahu format video YouTube yang disukai penontonmu, cobalah bereksperimen. Ini tips YouTuber pemula yang penting biar konten di channel YouTube-mu tidak membosankan. Kamu bisa membuat video Q&A, behind the scenes, atau format lainnya.
  • Berkolaborasi Dengan Content Creator Lain — Jangan anggap ini upaya panjat sosial, ya. Sebenarnya, kamu bekerja sama dengan content creator lain untuk mengenalkan diri ke penonton baru. Plus, kamu juga bisa dapat ide kreatif untuk membuat konten yang belum pernah kamu buat.
  • Investasi Pada Kualitas Audio-Video — Kalau kamu sudah dapat uang dari YouTube, jangan langsung beli barang yang tidak penting, ya. Justru cara jadi YouTuber pemula yang sukses adalah selalu memikirkan bagaimana kualitas audio dan video konten kamu makin bagus.
  • Buat Versi Terjemahan atau Caption — Jangan lupa tambahkan versi bahasa lain supaya bisa menjangkau audiens lebih luas. Ini adalah tips penting buat YouTuber pemula. Buktinya YouTuber terkenal seperti MrBeast dan LikeNastya juga melakukannya, kok.
  • Rutin Melakukan Livestream — Jangan salah paham, YouTube bukan cuma buat pre-recorded video. Sekarang banyak yang suka nonton live streaming seru. Selain bisa berinteraksi dengan subscriber dan kamu bisa membuat konten video yang beda tapi tetap bermanfaat.

Baca Juga: 16 Aplikasi Live Streaming Terbaik

Sudah Tahu Cara Jadi YouTuber yang Punya Banyak Viewers?

Indonesia masih termasuk negara dengan jumlah penggun YouTube paling banyak. 139 juta orang tak pernah lepas dari platform itu. Artinya, kebutuhan akan konten YouTube masih tinggi.

Itulah juga salah satu alasan mulai banyak orang ikut terjun jadi YouTuber. Padahal, banyak dari mereka yang belum tahu bagaimana cara menjadi YouTuber yang benar. Untungnya, kamu termasuk yang sudah tahu langkah cara jadi YouTuber sukses.

Ingat ya, cuma tahu informasinya saja juga tidak akan membuat kamu jadi YouTuber top. Kamu tetap harus beraksi dan mengikuti langkah cara menjadi YouTuber pemula itu. Ini rangkumannya:

  • kenali minat dan kemampuanmu
  • pilih topik yang pas
  • pahami audiens
  • tentukan konsep konten
  • tentukan tujuan dengan realistis
  • siapkan perangkat terbaik untuk membuat konten
  • bangun channel youtube dengan branding yang baik
  • siapkan content calender untuk konten
  • buat video berkualitas
  • siapkan monetisasi
  • dan lain-lain

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi bukan cara menjadi content creator YouTube harus melakukan apa? Oh ya, kalau kamu ingin menjadi seorang profesional dan dapat uang dari YouTube, mulailah dari sistem monetisasi bawaan mereka yaitu YouTube Partnership Program.

Selain itu, kamu juga bisa pakai platform content creator seperti Gank untuk menghasilkan uang. Kamu bisa terima donasi, jualan merchandise, membuat membership khusus fans setia, dan sebagainya.

Semoga informasi cara menjadi YouTuber di atas bermanfaat dan sampai ketemu di artikel tentang YouTube lainnya.

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version