Kalau di Indonesia ada SobatHape, di luar negeri ada Like Nastya. Nah, apa sih yang membuat mereka berdua sama? Keduanya mulai jadi YouTuber dengan bekal HP. Mau pakai Android atau iOS, ada cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang kamu mungkin belum tahu.

Itulah kenapa kami akan membahasnya di artikel ini. Jadi, kami akan infokan cara jadi YouTuber pemula pake HP supaya kamu bisa jadi content creator hebat. Yang seru, semua bisa dimulai sesuai dengan kemampuan dan peralatan yang sudah kamu punya sekarang. Makin penasaran, kan?

Kalau begitu, yuk ikuti langkah-langkah cara jadi YouTuber di HP. Saatnya membuktikan kalau YouTube adalah platform yang ramah pemula dan mendukung banyak orang jadi content creator profesional.

Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

Inilah langkah demi langkah cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang bisa dicoba siapa saja:

1. Pilih Niche Sebagai YouTuber

Mulailah dari yang paling penting, yaitu memilih niche. Inilah cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang tidak boleh dilewatkan.

Niche itu adalah topik khusus dari video yang kamu buat. Misalnya, gaming, cosplay, cover lagu, video reaction, ASMR dan banyak lagi.

Nah, apakah kamu masih berpikir membuat berbagai konten YouTube untuk pemula modal HP itu bagus? Sebaiknya, pikirkan lagi mumpung masih di awal. Kenapa begitu?

Tanpa memilih niche, kamu tidak akan bisa tampil spesial di mata penonton. Coba saja kamu lihat semua YouTuber dengan subscriber terbanyak di dunia. Mereka pasti akan fokus di satu niche. Misalnya, MrBeast itu fokus di konten challenge dan filantropi.

Lalu, bagaimana cara menjadi YouTuber pemula modal HP dengan niche yang tepat?

  • Ketahui minat terbesarmu. Apa passion kamu yang membuat kamu bisa mengerjakan hal itu sampai waktu lama? Coba buat daftarnya dulu untuk menemukan ide konten YouTube yang unik.
  • Buat niche lebih spesifik. Tidak cukup sekadar “gaming” atau “musik”. Kamu bisa coba lebih spesifik dan pastikan kamu ahli di niche itu. Misalnya, game RPG.
  • Lakukan riset. Pahami peta persaingan dan cari tahu seberapa banyak orang yang suka dengan niche itu dan mau jadi penontonnya.
  • Lakukan eksperimen. Jangan ragu bereksperimen. Kalau niche gaming terlalu ketat persaingannya, coba buat konten gaming yang unik. Jangan berkutat pada gameplay, coba buat konten commentary, review game atau lainnya.

Baca Juga: Cara Melihat Trending YouTube

2. Buat Akun Google

Kamu bisa melewati cara jadi YouTuber pemula pake HP ini. Asalkan sudah punya akun yang siap dipakai.

Sebenarnya, tidak ada ketentuan harus punya akun Google terpisah untuk sebuah channel YouTube. Tapi, kalau kamu serius mau jadi YouTuber profesional, sebaiknya pisahkan akun profesional dan pribadi.

Lalu, bagaimana cara menjadi YouTuber pemula modal HP dengan akun Google baru?

  • Buka menu Settings di HP kamu.
  • Pilih Accounts. Lalu tap Add Account.
  • Pilih Google di antara beberapa pilihan akun. Kamu akan diarahkan ke halaman login.
  • Pilih Create Account untuk akun baru. Lalu, pilih For my personal use.
  • Isikan nama depan dan nama belakang dengan benar.
  • Isikan password untuk akun itu. Pastikan yang sulit ditebak, ya.
  • Tambahkan nomor HP kamu untuk recovery account.
  • Gulir untuk melihat keseluruhan Privacy Policy Terms dan tap Agree.
  • Akun Google kamu sudah jadi sebagai bagian dari cara jadi YouTuber pemula pake HP

3. Buat Channel YouTube di HP

Kalau sudah punya akun Google khusus, saatnya membuat channel YouTube. Apa langkah yang harus dilakukan sebagai YouTuber pemula modal HP?

  • Buka aplikasi YouTube dan ketuk ikon Profile di sudut kanan bawah.
  • Di halaman utama YouTube, pilih Create a channel.
  • Pilih foto profil channel yang akan menjadi ikon channel baru itu
  • Isikan nama channel dan Handle untuk channel untuk tampil di URL
  • Tap Create channel dan kamu sudah punya channel YouTube baru.

Nah, itulah langkah cara menjadi YouTuber pemula modal HP dengan membangun channel baru. Apa selanjutnya?

Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube di PC

4. Personalisasi Channel

Nama saja tidak cukup untuk membuat channelmu beda dari channel lain. Itulah kenapa kamu perlu melakukan personalisasi channel.

Tunjukkan brand kamu sebagai seorang YouTuber. Jadi, orang bisa langsung tahu itu channelmu. Ini langkah penting, terutama kalau di proses pembuatannya kamu belum memberikan nama yang sesuai.

Nah, bagaimana cara jadi YouTuber pemula pake HP setelah channel YouTube kamu siap?

  • Buka aplikasi YouTube dan tap Profile untuk masuk ke halaman utama profil YouTube kamu
  • Tap pada View channel untuk melihat channel yang sudah kamu buat.
  • Tap pada ikon pensil di sisi, ikon analytics untuk melakukan kustomisasi
  • Pada Channel Settings, cek dan ubah pada bagian foto profil dan banner. Gunakan banner sesuai brand kamu
  • Lanjutkan dengan mengecek Handle sesuai nama channel
  • Akhiri dengan mengisikan deskripsi channel kamu secara jelas tapi singkat.

Setelah kamu pastikan semua informasinya sudah benar, kamu bisa lanjutkan ke cara jadi YouTuber di HP yang lebih fokus ke kreativitas produksi.

5. Siapkan Rencana Konten Video

Ada peribahasa mengatakan “If you fail to plan, you plan to fail”. Maksudnya, kalau kamu tidak merencanakan konten dengan baik, channel YouTubemu bisa gagal berkembang. Tentunya, ini bukan cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang benar.

Oh ya, rencana itu bukan hanya soal kapan video dibuat dan diupload, ya. Rencana konten harus mencakup semua tahapan, mulai dari produksi, editing, dan evaluasi.

Nah, apa saja cara jadi YouTuber di HP yang mumpuni berkat rencana yang matang?

  • Mulailah dengan brainstorm. Jangan batasi diri kamu. Tulis semua ide yang kamu punya lalu pilih yang mau dibuat jadi video. Catat ide yang ditunda untuk produksi berikutnya.
  • Buat content calendar. Rencanakan secara rinci tentang pembuatan konten video. Mulai dari menulis script, merekam video, melakukan prose edit, dan upload. Jadwalnya bisa kamu buat rutin atau disesuaikan dengan waktu yang kamu miliki.
  • Buat beberapa video sekaligus. Ingin lebih efektif ketika membuat konten dari HP? Gunakan sistem batch. Ini akan menghemat waktu persiapan dan pasca produksi. Cara membuat konten YouTube untuk pemula modal HP ini direkomendasikan, kecuali kalau ada kendala teknis.

6. Pahami Kualitas Kamera HP

Jadi YouTuber modal HP bukan masalah. Yang penting kamu tahu kemampuan perangkat yang kamu pakai, terutama kamera. Ini adalah cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang cukup penting.

Seperti kami bahas di awal, SobatHape juga pakai ponsel untuk merekam konten bermain game mobile sebelum pakai kamera profesional saat sudah sukses.

Like Nastya juga sama. Bahkan di video terbarunya, masih pakai iPhone untuk merekam konten video untuk aktivitas di luar ruangan. Dan ternyata jumlah penontonnya tetap banyak, kok.

Inilah langkah cara menjadi YouTuber pemula modal HP dengan kemampuan kamera yang ada:

  • Periksa resolusi. Dengan kamera HP resolusi minimal 720p, kamu sudah bisa membuat video YouTube yang menarik. Tapi, tentu akan lebih baik lagi kalau mampu mendukung 1080p.
  • Cek fitur autofocus. Kamera HP modern biasanya punya fitur auto fokus. Coba cek lagi, dan apabila ada di HP kamu, pastikan aktif saat kamu mulai ambil gambar untuk konten.
  • Gunakan image stabilizer. Terutama bagi vlogger yang sering mengambil gambar sambil berjalan, penting untuk mengaktifkan fitur stabilizer seperti EIS, Ini untuk memastikan gambar tidak terlalu goyang.

7. Siapkan Sound Terbaik

Selain visual, kualitas audio juga penting. Beberapa HP memiliki kualitas rekaman suara yang baik. Untuk memastikan, uji coba rekaman suara terlebih dahulu. Ini juga langkah cara menjadi YouTuber pemula modal HP.

Perhatikan kualitas suara dan sesuaikan dengan niche konten yang kamu buat. Untuk video AMSR, misalnya, lakukan perekaman dalam ruangan tertutup saat relatif sepi.

Sementara itu, kalau kamu membuat vlog travelling, gunakan mic external dengan windshield untuk mencegah suara angin mengganggu informasi yang kamu sampaikan. Meskipun masih ada langkah editing, memastikan rekaman suara sempurna sejak awal memudahkan produksi konten.

8. Gunakan Tripod

Sebagai bagian dari cara jadi YouTuber pemula pake HP, mungkin kamu berpikir tripod hanya sebagai aksesori tambahan. Padahal tripod bisa membantu kamu menghasilkan gambar yang profesional.

Dengan menempatkan kamera di sudut yang pas, kamu bisa menghasilkan video dengan angle yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa fokus pada konten yang kamu sampaikan tanpa harus terus memegang kamera.

Jadi, apa yang harus dilakukan saat jadi YouTuber modal HP dengan bantuan tripod?

  • Pilih tripod sesuai kebutuhan. Ada banyak jenis tripod yang bisa kamu pilih. Ada yang cocok untuk DSLR, ada yang khusus untuk HP. Sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Tentukan angle yang pas. Memakai tripod untuk hape tanpa penempatan yang pas tak akan menghasilkan video yang bagus. Eksperimen pada penempatannya sekreatif mungkin.

9. Lakukan Editing

Editing video itu wajib, kecuali video itu harus ditampilkan apa adanya, misalnya untuk tujuan jurnalisme. Ini cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang tidak bisa ditawar.

Ingat juga kalau editing melibatkan banyak hal. Bukan cuma memastikan suara dan gambar yang bagus, kamu harus meramu durasi video yang pas sampai menghapus kesalahan saat take video.

Apa langkah yang harus dilakukan pada cara jadi YouTuber di HP kali ini?

  • Pilih aplikasi editing mobile. Ada banyak pilihan untuk pemula seperti FilmoraGo dan InShot untuk editing. Pilih sesuai sistem operasi yang kamu pakai.
  • Kumpulkan semua aset. Mulai dengan mengumpulkan semua gambar, video, musik, animasi, dan elemen lain yang ingin kamu gunakan dalam video.
  • Tata alur cerita konten. Susun aset-aset itu untuk membentuk alur cerita menarik dan runtut.
  • Trim video. Kalau ada bagian yang berulang, kesalahan, atau kualitas gambar yang buruk, trim video. Pastikan tidak mengganggu alur cerita konten.
  • Tambahkan animasi dan musik. Untuk menekankan informasi, tambahkan elemen animasi dan membuat kontenmu lebih hidup, tambahkan musik yang sesuai.
  • Intro dan Outro. Berikan judul pada video dan tambahkan intro serta outro pada konten yang hampir sempurna.
  • Render dan Export. Lakukan render video yang sudah diedit dan export ke format MP4.

Mengedit di ponsel memang tak senyaman di PC, tapi hasilnya tak kalah bagus, kok. Jadi, selalu masukkan editing dalam cara jadi YouTuber pemula pake HP.

10. Lakukan Upload Video dari HP

Setelah video siap dibagikan ke penonton, upload video langsung dari HP. Kamu bisa melakukannya dari YouTube tanpa perlu aplikasi pendukung lain. Yang penting, pastikan video yang diunggah merupakah konten yang sudah diedit.

Apa yang harus dilakukan pada tahap upload konten YouTube untuk pemula modal HP?

  • Pilih waktu terbaik. Kalau kamu pikir setelah editing selesai dan bisa langsung upload, coba pikir lagi deh. Soalnya, kamu harus melakukannya saat audiens kamu aktif.
  • Upload lewat Aplikasi YouTube. Dari halaman utama YouTube kamu bisa upload video ke channel kamu. Caranya Create > Upload video > Select files > Upload.
  • Tambahkan judul dan deskripsi. Jangan lupa tambahkan judul video yang menarik dan deskripsi yang menggambarkan video itu dengan tepat.

Baca Juga: Cara Upload Video di YouTube

11. Buat Thumbnail yang Menarik

Thumbnail merupakan gambar mini yang dilihat pengguna YouTube di antara video lainnya. Buatlah menarik agar mendapat banyak klik. Ini strategi pemula yang kerap menjadi bagian dari cara menjadi YouTuber terkenal modal HP.

Berikut ini langkah membuat thumbnail dalam cara menjadi YouTuber pemula modal HP:

  • Tentukan software desain. Pilihlah software mobile yang bisa membantu kamu membuat thumbnail dengan mudah. Beberapa pilihannya adalah Canva, PicMonkey sampai Adobe Spark.
  • Buat Desain. Tentukan desain yang ingin digunakan. Tata penempatan element, komposisi gambar, jenis pallete dan font serta berbagai elemen lain. Pastikan gunakan ukuran thumbnail YouTube yang tepat.
  • Simpan sebagai template. Langkah paling mudah adalah membuat template thumbnail dan menggunakannya berulang untuk berbagai konten lain. Ini bisa menghemat waktu dan juga membangun konsistensi.
  • Export gambar. Setelah proses desain dan editing thumbnail selesai, export ke dalam bentuk JPG atau PNG yang sesuai ketentuan YouTube.

Oh ya, kamu sebenarnya bisa membuat thumbnail di YouTube Studio. Tapi, ada banyak keterbatasan. Jadi, lebih baik menggunakan aplikasi lain untuk hasil yang lebih bagus sebagai cara menjadi YouTuber pemula modal HP.

12. Promosikan Channel YouTube

Jangan hanya menunggu orang datang ke channelmu atau menemukan videomu ya? Kamu harus aktif mempromosikannya. Nah, media sosial merupakan cara yang bagus dan gratis untuk melakukannya.

Kenapa ini penting? Bayangkan, ada lebih dari 100 juta pengguna Instagram dan 200 juta pengguna Facebook. Dengan memperkenalkannya ke semua platform itu, kesempatan mendapat banyak penonton akan makin besar, bukan?

Lalu, apa yang perlu kamu lakukan di tahap cara menjadi YouTuber pemula modal HP ini?

  • Pilih platform yang tepat. Jangan promosi di semua platform kalau tidak efektif. Lebih baik fokus di satu platform yang sesuai dengan minatmu.
  • Posting video yang diupload. Post informasi penting video yang kamu upload dan ajak pengikutmu melihatnya.
  • Gunakan hashtag. Posting dengan hashtag yang relevan di setiap postingan agar lebih banyak orang melihat video YouTube kamu sesuai niche yang kamu tuju.
  • Tautkan URL channel YouTube. Cara termudah untuk promosi di media sosial adalah menyematkan URL di profil akun kamu.

13. Evaluasi Performa Channel

Bagaimana kamu tahu kalau cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang dilakukan sudah tepat? Dengan melihat jumlah views dan subscriber. Kalau jumlahnya banyak, berarti usahamu sudah pas dan perlu diteruskan. Kalau belum, saatnya melakukan perbaikan.

Tapi, jangan khawatir, YouTube sendiri memiliki tool gratis untuk melihat data itu. Inilah langkahnya:

  • Install YouTube Studio. Download dan install YouTube Studio dari Play Store atau App Store.
  • Cek Overview Channel. Masuk ke YouTube Studio dengan akun channel YouTube kamu dan lihat bagian Overview.
  • Pahami Data. Bukan hanya gambaran umum, kamu juga bisa cek pada bagian reach, engagement dan audiens untuk lebih mengenal performa konten dan kebutuhan audiens kamu dari data itu.
  • Perbaiki Kekurangan. Kalau ada konten yang jumlah view kecil atau kurang engagement, pelajari kekurangannya dan lakukan perbaikan di konten berikutnya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Sudah Paham Cara Jadi YouTuber Pemula Pake HP?

Selamat, ya.. Kamu sudah selesai membaca artikel ini dan belajar bagaimana cara menjadi YouTuber pemula modal HP. Meskipun langkahnya cukup banyak, tapi tak sesulit yang kamu bayangkan, bukan?

Semua itu membuat kamu makin dekat dengan impian kamu jadi YouTuber terkenal. Yang penting tetap konsisten membuat konten yang bagus dan tunjukkan keahlianmu sebagai content creator.

Oh ya, selanjutnya kamu juga bisa jadi YouTuber profesional dan dapat uang dari konten kamu, lho. Itu bisa kamu lakukan lewat YouTube langsung atau dengan bantuan platform content creator seperti Gank. Kamu bisa dapat donasi, jualan merchandise dan membangun komunitas dengan mudah.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Kalau ada pertanyaan, silakan bertanya di kolom komentar, ya.

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version