Meskipun ada banyak platform baru seperti TikTok, YouTube masih jadi favorit content creator buat pamer karya. Selain karena hobi, ada alasan profesional. Soalnya, YouTube masih bisa diandalkan untuk dapat penghasilan. Tapi, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube, ya?

Di artikel ini, kami akan menjelaskan semuanya. Kamu akan tahu cara menghasilkan uang dari YouTube dan lebih percaya diri kalau cari itu cocok untuk kamu. Bahkan, kami juga akan memberikan langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Jadi, jangan penasaran lagi deh. Baca artikel ini sampai selesai biar kamu siap mendapatkan penghasilan sampai jutaan rupiah per bulan dari platform ini. Yuk, lanjut!

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube di 2024

Penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Ini dia yang perlu kamu tahu:

1. Mengaktifkan Google AdSense/Iklan

  • Cocok untuk: YouTuber pemula dan profesional dengan konten yang berkualitas
  • Kisaran Pendapatan: Mulai Rp1,5 juta per bulan

Apa sih cara mendapatkan uang dari YouTube yang paling dikenal? Tentu iklan dari AdSense. Rasanya, semua YouTuber selalu menggunakan strategi ini. Tak terkecuali Raffi Ahmad dan Deddy Corbuzier tentunya.

Ini tentu tidak salah, ya. Soalnya, Google AdSense memang platform monetisasi resmi dari Google, perusahaan induk YouTube. Itulah kenapa dijadikan strategi utama.

Kenapa AdSense bisa jadi cara dapat uang dari YouTube? Yang pasti, AdSense itu program gratis dan terintegrasi. Jadi, pemula pun bisa dengan mudah untuk mendaftar dan melakukan aktivasi untuk mendapatkan penghasilan.

Sistemnya juga jelas, kok. Pas penonton klik iklan, content creator akan dapat uang dari YouTube. Jadi, sifatnya passive income.

Bagaimana langkah cara mendapatkan uang dari YouTube lewat Adsense?

  • Penuhi syaratnya — Minimal kamu punya 1.000 subscriber dan total jam tayang 4.000 jam dalam setahun terakhir.
  • Daftar AdSense — Buat akun AdSense, dan hubungkan ke channel YouTube kamu.
  • Aktifkan monetisasi — Buka YouTube Studio > Earn > Start. Lalu, isikan data lengkap yang diminta.
  • Tunggu review — Tunggu proses review dari pihak Google untuk permintaan kamu.
  • Mulai dapat duit dari YouTube— Iklan akan muncul di video kamu. Setelah mencapai $100, kamu bisa melakukan penarikan.

Inikah Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube Untuk Kamu?
AdSense adalah cara sederhana tapi efektif buat dapat uang dari YouTube. Tipsnya, pastikan kontenmu bagus dan menarik audiens yang tepat. Jangan lupa buat mereka terlibat dalam kontenmu.

Baca Juga: Cara Menjadi YouTuber

2. Menjajal Channel Membership

  • Cocok untuk: YouTube dengan konten berkualitas dan komunitas yang loyal
  • Kisaran Pendapatan: Mulai Rp.100.000/bulan per anggota, disesuaikan jumlah anggota

Kalau kamu ketemu channel YouTube yang punya tombol Join, itu berarti channel tersebut memakai Membership sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube.

Memangnya, fitur seperti itu ada? Tentu saja. YouTube bahkan menganggap membership sebagai fitur monetisasi yang akan mendukung YouTuber. Caranya, dengan meberikan imbalan atas pengetahuan yang mereka bagikan ke penonton.

Nah, audiens sendiri bisa bergabung ke channel membership di YouTube dan mendapat berbagai manfaat. Misalnya, punya badge, emoji, serta akses ke video eksklusif khusus anggota.

Nantinya, biaya keanggotaan akan langsung diberikan ke YouTuber, dengan potongan 30% dari YouTube.

Lalu, siapa sih yang memakai cara mendapatkan uang dari YouTube ini? Ada banyak, kok. Salah satunya adalah Rachana Ranade yang membahas berbagai hal tentang keuangan. Kalau yang dari Indonesia, Search Agency cukup terkenal juga.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube lewat membership?

  • Perbanyak Subscriber — Kumpulkan sebanyak mungkin subscriber yang nantinya akan dapat video terupdate dari kamu. Ini untuk membangun komunitas
  • Aktifkan Membership — Buka YouTube Studio > Earn > Membership. Kamu bisa membuat tier untuk jenis keanggotan yang bertingkat.
  • Promosikan Membership — Umumkan adanya membership di video kamu. Tunjukkan berbagai manfaatnya.
  • Terima Pembayaran — Anggota kamu akan membayar biaya membership tiap bulan. Pantau pendapatanmu di dasbor.

Inikah Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube Untuk Kamu?
Kamu bisa coba membership sebagai cara menghasilkan uang dari YouTube karena pendapatannya bisa cukup lumayan. Sayangnya, cara ini kurang cocok bagi pemula.

Baca Juga: Cara Melihat Trending YouTube

3. Menunggu Potensi YouTube Brand Connect

  • Cocok untuk: YouTuber dengan konten yang relevan dengan produk dari brand di suatu niche
  • Kisaran Pendapatan: Jutaan rupiah sesuai kesepatakan brand

Ada satu lagi fitur keren yang menunjukkan kalau YouTube itu ramah buat pembuat konten. Namanya YouTube BrandConnect. Ini salah satu cara buat menghasilkan uang dari YouTube yang perlu kamu tahu.

Konsepnya, YouTube akan mengenalkan YouTuber ke berbagai brand buat diajak kerjasama. Jadi, YouTube hanya jadi perantara lewat sebuah fitur. Nah, brand nantinya punya akses khusus buat milih content creator yang cocok buat diajak promo produk terbaru.

Pastinya ini lebih fokus ke brand-nya daripada si pembuat konten. Tapi kamu jadi tahu kalau ada peluang untuk siapa saja yang punya konten keren untuk bisa terlibat dalam sebuah brand partnership.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube melalui BrandConnect?

  • Penuhi Syarat Umum — Pastikan kamu memiliki setidaknya 10000 subscriber
  • Perbanyak Konten Berkualitas — Buat dan posting konten berkualitas secara rutin untuk menunjukkan channel aktif
  • Bangun Engagement yang Tinggi — Aktiflah berkomunikasi dengan subscriber melalui komentar
  • Komunikasi dengan Brand — Jangan ragu berkomunikasi dengan brand melalui berbagai media sosial
  • Tunggu Kesempatan — Tunggu kesempatan hingga ada brand yang menawarkan kerjasama promosi bisnis atau produk mereka

Inikah Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube Untuk Kamu?
BrandConnect bersifat pasif, jadi sebaiknya jangan menjadikannya cara utama untuk mendapatkan uang dari YouTube. Fokuslah pada beberapa cara lain terlebih dahulu, terutama jika kamu masih pemula.

4. Mengaktifkan Super Chat dan Super Sticker

  • Cocok untuk: YouTuber yang sering melakukan live streaming
  • Kisaran Pendapatan: Mulai Rp500.000 per sesi live, sesuai banyaknya viewers

Sebagai streamer, cara dapat uang dari YouTube wajib kamu coba. YouTube punya fitur Super Chat dan Super Sticker.

Super Chat adalah fitur yang memungkinkan penonton untuk kirim pesan spesial ke streamer. Kalau, Super Sticker adalah fitur yang membuat penonton bisa kirim gambar animasi ke kolom chat.

Kedua fitur ini bisa menarik perhatian streamer dan penonton lain. Untuk bisa pakai fitur ini, penonton harus membeli dulu dengan uang sungguhan.

Tapi kedua fitur ini juga sangat bermanfaat untuk content creator, lho. Dari setiap pembelian Super Chat atau Super Sticker, streamer akan mendapat 70 persen dari pendapatan yang dikonfirmasi oleh Google.

Inilah langkah cara mendapatkan uang dari YouTube lewat Super Chat dan Super Sticker?

  • Penuhi Syarat — Kamu harus punya lebih dari 1.000 subscriber dan gabung ke program YouTube Partnership Program (YPP)
  • Aktifkan Super Chat dan Super Sticker — Buka YouTube Studio > Earn > Supers. Di sana, aktifkan fitur Super Chat dan Super Sticker.
  • Siapkan Live Streaming — Karena kamu akan dapat uang dari YouTube lewat live streaming, jadi siapkan konten streaming yang keren.
  • Infokan Super Chat dan Super Sticker — Meskipun penonton banyak yang tahu, tidak ada salahnya kamu infokan lagi fitur Super Chat dan Super Sticker untuk memberi dukungan.
  • Dapat Uang — Kamu akan dapat uang dari YouTube ketika selama sesi life ada penonton yang pakai Super Chat atau Super Sticker.
  • Inikah Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Untuk Kamu?
    Ya, ini cara mendapatkan uang dari YouTube yang cocok buat kamu yang suka streaming. Utamanya untuk niche seperti gaming, musik, update teknologi dan lainnya.

5. Mempromosikan Super Thanks

  • Cocok untuk: YouTuber yang punya konten bagus dan audiens yang apresiatif
  • Kisaran Pendapatan: Mulai Rp1,5 juta sesuai banyaknya viewers dan tingkat keahlian

Dari namanya seolah mirip, ya? Padahal Super Thanks merupakan cara menghasilkan uang dari YouTube yang berbeda. Jadi, fitur ini bukan untuk sebuah sesi life streaming, tapi untuk video reguler yang ada di berbagai channel.

Kamu bisa melihat beberapa YouTuber terkenal menggunakan metode ini untuk menghasilkan uang dari YouTube. Beberapa di antaranya adalah Gadgetin, Sepulang Sekolah, dan Marques Brownlee.

Namun, apakah Super Thanks itu cara mendapatkan uang dari YouTube untuk pemula?

Ya, asalkan kamu memiliki setidaknya 1000 subscriber dan sudah bergabung dalam YPP. Toh, pada akhirnya, penontonmu yang akan menilai apakah video yang kamu buat berkualitas sehingga pantas mendapatkan dukungan berupa Super Thanks.

Kalau kamu suka membuat konten tutorial, vlog edukatif, atau cerita unik, Super Thanks bisa jadi pilihan yang bagus, nih. Soalnya jenis konten seperti itu yang paling bermanfaat buat penonton, terutama buat para subscriber kamu.

Baca Juga: YouTuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia

Bagaimana langkah cara mendapatkan uang dari YouTube lewat Super Thanks?

  • Aktifkan Super Thanks — Buka Youtube Studio > Earn > Super > Start.
  • Buat Video Keren — Super Thanks mengandalkan apresiasi. Jadi, kalau video yang kamu buat tidak berkualitas maka kecil harapannya untuk mendapatkan uang dari fitur ini.
  • Ajak Penonton Mendukung — Mungkin ada pentonton ingin mengucapkan terima kasih tapi belum tahu caranya. Jadi, kasih pesan di video kamu bagaimana Super Thanks membantu kamu.
  • Sampaikan Terimakasih — Ketika ada yang memberi Super Thanks, jangan lupa sampaikan terima kasih. Itu bukan hanya untuk menghargai mereka, tapi juga biar mereka mau memberikannya lagi.
  • Super Thanks jadi cara menghasilkan uang dari YouTube untuk kamu?
    Syarat untuk pasang Super Thanks di video YouTube kamu tidak sulit. Jadi, ini bisa jadi cara dapat uang dari youtube yang recommended.

6. Menjadi Afiliator

  • Cocok untuk: YouTubers dengan konten review produk, fashion, atau tutorial.
  • Kisaran Pendapatan: Rp1 juta sampai miliaran

Dulu orang berpikir negatif tentang afiliator. Tapi sebenarnya, menjalankan afiliasi itu cara dapat uang yang tidak melanggar hukum, kok. Dan ini bisa juga jadi cara mendapatkan uang dari YouTube yang kamu perlu coba.

Sederhananya, kamu akan bekerja sama dengan sebuah brand untuk mempromosikan bisnis atau produk mereka. Kalau ada produk terjual berkat rekomendasi kamu, komisi dari brand akan kamu terima.

Jangan salah, afiliasi tidak hanya terbatas pada investasi seperti yang kita tahu. Gamer, vlogger, musisi, dan bahkan Vtuber bisa pakai afiliasi sebagai cara untuk mendapatkan uang dari YouTube. Kuncinya, promosikan produk yang sesuai dengan konten dan niche channel YouTube kamu.

Cuan dari cara dapat uang ini bisa sampai miliran rupiah, lho. Konon Fuji, Dewa Eka Prayoga bersinar dari afiliasi.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube lewat Afiliasi?

  • Pilih Program Afiliasi yang Pas — Cari produk sesuai niche. Lalu, gabunglah dengan program afiliasi dan dapatkan link khusus untuk melacak penjualan dari rekomendasi kamu.
  • Promosikan Produk di Video — Buat konten menarik yang tunjukkan manfaat produk layananmu. Jangan lupa masukkan afiliasi di deskripsi atau komentar.
  • Ajak Penonton Membeli — Ajak penontonmu beli produk pakai link afiliasimu. Infokan kalau ada diskon khusus untuk mereka.
  • Dapatkan Komisi Penjualan — Setiap penjualan lewat tautan afiliasi akan terhitung komisi untuk kamu. Nantinya, kamu bisa melakukan penarikan dana sesuai ketentuan.
  • Inikah cara menghasilkan uang dari YouTube untuk kamu?
    Kalau kamu pandai memilih produk berkualitas dan cocok buat nich channel kamu, afiliasi bisa jadi cara mendapatkan uang dari YouTube dengan cuan besar.

7. Menunggah Konten Sponsor

  • Cocok untuk: YouTuber dengan banyak subscriber di satu niche tertentu
  • Kisaran Pendapatan: Jutaan rupiah sesuai kesepakatan dengan brand

Selain menjadi affiliator, kamu juga bisa menggunakan sponsored posts sebagai cara untuk mendapatkan uang dari YouTube. Apalagi kalau jumlah subscriber kamu banyak dan bertambah terus.

“Kan sama-sama merekomendasikan produk, apa bedanya dengan afiliasi?” Kamu mungkin bertanya seperti itu. Begini, pas kamu mempromosikan produk afiliasi, biasanya kamu sudah punya konten sendiri. Mungkin ada kaitannya dengan produk yang kamu rekomendasikan, mungkin tidak.

Kalau sponsored posts, kamu memang membuat video khusus yang membahas produk tertentu. Ini adalah cara untuk mendapatkan uang dari YouTube karena kamu membuat video itu dengan tujuan meningkatkan penjualan yang disponsori oleh sebuah brand.

Nah, karena kamu dibiayai oleh brand, pendapatannya bisa besar. Belum lagi kalau kamu mendapatkan kesempatan untuk mereview produk dari berbagai brand sekaligus di berbagai video.

Bagaimana langkah cara mendapat uang dari YouTube lewat Sponsored Post?

  • Bangun Kredibilitas — Sponsored itu artinya mendapatkan uang dari YouTube dengan merekomendasikan produk. Dan orang akan percaya pada rekomendasi dari ahli di niche tertentu.
  • Tingkatkan Viewers — Buatlah konten menarik agar jumlah penonton di berbagai video di channelmu semakin banyak.
  • Bergabung di Platform Influencer — Untuk lebih mudah ditemukan oleh brand yang perlu bantuanmu, jemput bola dengan promosikan dirimu sebagai content creator di platform influencer.
  • Lakukan Brand Pitch — Selain pakai platform influencer, kamu juga bisa mengenalkan diri ke brand yang cocok sama konten video di channel YouTube kamu.
  • Inikah cara menghasilkan uang dari YouTube untuk kamu?
    Kalau kamu sudah terkenal di salah satu niche sebagai influencer, kamu bisa upload video sponsored post di YouTube sebagai cara menghasilkan uang dari YouTube. Jadi, cara ini kurang pas bagi pemula.

8. Donasi

  • Cocok untuk: YouTuber dengan fans setia dengan konten di niche khusus
  • Kisaran Pendapatan: Rp1 juta – Rp 100 juta/bulan

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari YouTube, salah satunya lewat donasi. Banyak YouTuber, termasuk yang berpengalaman, pakai cara ini, lho.

Donasi bertujuan mendukung channel berkembang karena kontennya dianggap bermanfaat. Langkah ini efektif buat dapat uang di YouTube asalkan kamu tetap konsisten. Syaratnya, konsisten membuat konten berkualitas di niche tertentu.

Secara teknis, kamu bisa menaruh link di deskripsi video atau profil channel YouTube kamu. Kalo penonton klik link itu, mereka akan dibawa ke platform buat memberikan donasi.

Oh ya, sudah banyak platform buat menerima donasi buat kamu sebagai YouTuber. Salah satunya, Gank, sebuah platform membership yang bisa kamu pakai gratis. Banyak content creator sudah bergabung dan memanfaatkan fitur ini. Contohnya, Kitsunee di niche cosplay.

Bagaimana langkah cara mendapatkan uang dari YouTube lewat Donasi?

  • Pilihlah platform — Sesuaikan platform donasi dengan niche konten kamu di YouTube dan pastikan yang menerima pembayaran sesuai negara Indonesia
  • Buatlah Tier — Di platform tersebut, kamu bisa membuat tingkatan donasi dan jumlah donasi untuk memudahkan fans kamu memberi dukungan.
  • Promosikan link platform — Buat semua orang tahu bagaimana bisa memberikan donasi buat kamu. Sertakan link di custom link pada halaman profil channel YouTube kamu atau di deskripsi video.
  • Berikan Reward — Pikirkan untuk memberikan reward khusus ke fans yang sudah memberikan donasi bila perlu untuk membuat mereka makin semangat.
  • Inikah cara menghasilkan uang dari YouTube untuk kamu?
    Cara mendapatkan uang dari YouTube bagi pemula dan profesional dengan memanfaatkan platform pihak ketiga. Pendapatannya bisa cukup besar.

9. Penjualan Tiket Konser

  • Cocok untuk: YouTuber di niche musik yang punya channel musik official
  • Kisaran Pendapatan: Rp30 juta sampai ratusan juta/bulan, sesuai penjualan tiket

Ada cara untuk menghasilkan uang dari YouTube lainnya, yaitu melalui penjualan tiket. Kamu belum pernah mendengarnya? Dengan cara ini, kamu bisa menghasilkan uang dengan mengadakan acara pertunjukan live yang hanya bisa diakses oleh penonton yang memiliki tiket. Keren, kan?

Cara mendapatkan uang dari YouTube ini sebenarnya belum tersedia di Indonesia, tapi jangan khawatir. Kamu perlu tahu tentangnya sejak awal, jadi ketika ada update, kamu sudah tahu bahwa cara ini bisa dipakai untuk mendapatkan uang.

Seperti namanya, YouTube Ticketed Events cocok untuk content creator di bidang musik atau para musisi. Kamu perlu memenuhi semua syarat sebagai official artist dan melakukan pengaturan untuk membuka konser untukmu.

Namun, perlu diingat bahwa YouTube bukanlah penyelenggara acara tersebut. Artinya, kamu perlu memilih mitra untuk mengadakan konser tersebut. Misalnya, TicketMaster atau DICE.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube lewat penjualan tiket?

  • Cek Status Program — Selalu update informasi tentang program konser YouTube di Indonesia.
  • Jadikan Channel Musik — Apapun statusmu sebagai musisi, pastikan channel YouTube kamu sudah menjadi channel musik resmi.
  • Aktifkan Konser — Masuk ke YouTube Studio > Concerts > Sell tickets through YouTube > Aktifkan.
  • Gelar Konser — Selenggarakan konser live sesuai jadwal yang tertera pada tiket.

Inikah cara menghasilkan uang dari YouTube untuk kamu?
Salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube yang recommended buat content creator di bidang musik atau musisi.

10. YouTube Shopping

  • Cocok untuk: YouTuber yang memiliki konten review produk
  • Kisaran Pendapatan: Rp 1 juta sampai miliaran

Seperti penjualan tiket konser, YouTube shopping adalah cara lain untuk mendapatkan uang dari YouTube. Sayangnya, di Indonesia belum tersedia saat ini. Namun, di masa depan, Indonesia bisa menggunakan layanan YouTube Shopping.

Konsepnya mirip dengan afiliasi. Bedanya, pada afiliasi, kamu memasukkan link afiliasi di deskripsi video atau kolom komentar. Sedangkan pada YouTube shopping, kamu akan melihat ikon keranjang di video. Jika diklik, akan muncul daftar produk yang dapat dibeli oleh konsumen.

Dengan fitur YouTube shopping ini, pengalaman belanja penonton video kamu akan lebih baik. Dengan begitu, potensi pendapatan dari komisi sebagai afiliasi akan semakin besar. Saat ini, YouTube shopping hanya dapat diaktifkan oleh channel di Amerika. Marques Brownlee termasuk yang sudah menggunakannya.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube lewat YouTube Shopping?

  • Cek Status Program — karena belum tersedia di Indonesia, cek secara berkala apakah produk sudah bisa digunakan di sini.
  • Bergabunglah dengan YouTube Partnership Program — Pastikan bahwa kamu sudah tergabung ke dalam YPP untuk bisa menggunakan layanan YouTube shopping.
  • Aktifkan YouTube Shopping — Masuk ke YouTube Studio > Earn > Shopping > Affiliate Sellers and Offers.
  • Tag Produk Dalam Video — Setelah fitur aktif, jangan lupa untuk melakukan tag produk pada video kamu.

Inikah cara menghasilkan uang dari YouTube untuk kamu?
YouTube shopping belum bisa jadi cara dapat uang dari YouTube untuk saat ini di Indonesia. Tapi, jangan ragu untuk update info karena fitur tersebut berpotensi besar untuk meraih pendapatan.

Manakah Cara Menghasilkan Uang dari YouTube yang Kamu Pilih?

Tak disangka cara mendapatkan uang dari YouTube cukup banyak juga, ya? Sebagai content creator kamu jadi lebih bersemangat untuk membuat berbagai konten video di YouTube yang berkualitas, bukan? Soalnya banyak potensi untuk membuat konten tersebut menjadi sumber penghasilan kamu.

Nah, inilah rangkuman dari beberapa cara dapat uang dari YouTube yang tadi kita bahas:

  • Iklan AdSense
  • Penawaran Membership
  • YouTube BrandConnect
  • Super Stickers dan Super Chat
  • Super Thanks
  • Affiliasi
  • Sponsored Post
  • Donasi
  • Penjualan Tiket
  • YouTube Shopping

Kami sudah memberikan informasi awal manakah cara dapat uang dari YouTube yang cocok untuk kamu. Dan potensi penghasilannya juga sudah kami informasikan meskipun hanya berupa kisaran dan bervariasi untuk masing masing niche.

Oh ya, selain lewat YouTube, ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan di platform lain sebagai content creator. Misalnya, dengan Gank, kamu bisa menerima donasi atau menawarkan sistem membership. Bahkan, saat ini terdapat program Creator Grant yang memberi kesempatan content creator berkarya lebih baik di niche mereka.

Semoga info ini bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar kalau ada pertanyaan, ya?

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version