YouTube Shorts bisa mendapatkan 50 miliar views setiap harinya. Karena popularitas yang begitu tinggi, format video pendek ini tentu bisa jadi ladang penghasilan bagi kreator konten dan live streaming. Itulah mengapa kamu perlu tahu cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

Kabar baiknya, kamu bisa memiliki lebih dari satu cara agar YouTube Shorts dapat uang. Mulai dari menawarkan konten berbayar hingga mempromosikan produk atau layanan sebuah brand di videomu. Kamu akan mempelajari beberapa metode utamanya di artikel ini.

Di akhir artikel kamu juga akan menyimak beberapa tips agar pendapatan dari YouTube Shorts bisa maksimal. Jadi, baca hingga selesai ya!

Apa Itu YouTube Shorts?

Apakah kamu sudah tahu YouTube Shorts? Kalau belum, penting untuk mengenali format konten ini sebelum belajar cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

YouTube Shorts adalah sebutan untuk video pendek di YouTube yang berdurasi antara 15 hingga 60 detik. Kamu bisa menemukan konten ini di beranda YouTube, halaman channel, dan feed “Shorts” yang bisa kamu akses melalui menu navigasi YouTube.

Berbeda dari video YouTube biasa yang pada umumnya horizontal, Shorts hanya tersedia dalam orientasi vertikal. Maka dari itu, YouTube Shorts cocok ditonton di smartphone seperti konten-konten TikTok, Instagram Reels, dan Snapchat.

Kalau sudah pernah membuat konten di ketiga platform yang baru saja disebut, kamu pasti bisa dengan mudah mengkreasikan YouTube Shorts. Sebab, caranya sangat mirip. Kamu cukup merekam video melalui aplikasi YouTube lalu mengeditnya sesuai keinginanmu dengan menambahkan filter, musik, tulisan, dan fitur lainnya.

Nah, kamu pasti penasaran, apakah YouTube Short bisa menghasilkan uang seperti konten TikTok? Jawabannya tentu saja bisa.

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts. Salah satunya melalui program yang disediakan oleh YouTube, yaitu YouTube Partner Program (YPP).

Sebelumnya YPP hanya berlaku untuk video YouTube biasa. Namun, program tersebut juga bisa digunakan untuk memonetisasi YouTube Shorts sejak Februari 2023. Sebelum kamu mempelajari YPP lebih lanjut, yuk kenali dulu syarat-syaratnya!

Syarat Monetisasi YouTube Shorts melalui YPP

Syarat video Short YouTube dapat uang melalui YPP sama persis dengan konten YouTube biasa. Jadi, kalau sudah diterima di program tersebut, otomatis kamu juga bisa mempraktikkan cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

Jika belum pernah bergabung dalam YPP, kamu harus melakukan langkah-langkah di bawah ini agar diterima:

  • Tinggal di negara tempat YPP tersedia
  • Tidak memiliki teguran pedoman komunitas YouTube yang aktif
  • Mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk akun Google-mu
  • Identitasmu sebagai pemilik channel telah diverifikasi YouTube
  • Memiliki akun Google AdSense yang telah dihubungkan dengan channel-mu

Kalau sudah melakukan kelima langkah tadi, kamu cukup memenuhi dua syarat agar bisa mendaftar YPP, yaitu:

  • Memiliki 1.000 subscriber
  • Memiliki 4.000 jam waktu tonton dalam satu tahun terakhir atau 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir

Dengan mematuhi syarat-syarat tersebut, kamu bisa mengakses semua cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts, termasuk menampilkan iklan dan mengaktifkan fan funding.

Content creator yang sudah lama berkecimpung di YouTube barangkali bisa menepati kedua syarat tadi dengan mudah. Akan tetapi, kamu mungkin akan cukup kesulitan untuk memenuhinya jika baru saja menjadi YouTuber.

Untungnya, YouTube menawarkan ketentuan yang lebih ringan agar kreator baru bisa mulai memonetisasi video Shorts lebih dini. Syaratnya antara lain:

  • Memiliki 500 subscriber
  • Mengunggah tiga video selama 90 hari terakhir
  • Memiliki 3.000 jam waktu tonton selama satu tahun terakhir atau tiga juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir

Cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts yang bisa kamu lakukan dengan memenuhi ketiga syarat di atas sebatas fan funding saja. Tapi jangan khawatir! Kamu akan bisa mengakses metode monetisasi Shorts lainnya setelah memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton dalam satu tahun terakhir atau 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts Melalui YPP

Saat artikel ini ditulis ada empat cara dapat uang dari YouTube Short yang bisa kamu lakukan jika sudah bergabung dalam YPP. Semua cara ini bisa kamu aktifkan melalui YouTube Studio. Keempat metode tersebut yaitu:

  • Menyetujui penayangan iklan di feed Sorts
  • Mengaktifkan fan funding
  • Menampilkan etalase produk dengan YouTube Shopping
  • Menerima bagi hasil dari YouTube Premium

Masing-masing metode di atas memiliki cara kerja dan persentase komisi yang berbeda. Yuk, kenali satu per satu!

1. Iklan

Kamu pasti tidak asing dengan iklan-iklan yang muncul saat akan menonton video YouTube, kan? Itu merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

Setelah diterima di YPP, kamu bisa menyetujui modul Shorts Monetization agar YouTube menampilkan iklan sebelum video pendekmu diputar di feed Shorts.

Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi dari views (penayangan) video Shorts yang dimonetisasi dengan iklan. YouTube memberikan komisi tersebut setiap bulannya.

Untuk menentukan jumlah komisi kamu, YouTube menerapkan empat langkah berikut ini:

  1. Mengumpulkan total pendapatan mereka dari iklan di feed Shorts dalam satu bulan terakhir.
  2. Menghitung jumlah biaya royalti lagu yang digunakan di semua Shorts yang dimonetisasi dengan iklan. Sisanya akan dibayarkan ke kreator YPP.
  3. Menghitung pendapatan masing-masing kreator berdasarkan persentase views mereka.
  4. Memberikan komisi ke kreator sebesar 45% dari pendapatannya.

Agar hasil cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts maksimal, pastikan kamu tidak:

  • Membuat konten Shorts yang melanggar pedoman komunitas YouTube
  • Menggunakan cuplikan tayangan TV, film, atau konten buatan pihak lain tanpa izin
  • Menggunakan bot atau aplikasi untuk menambah jumlah views Shorts

2. Fan Funding

Setelah berhasil memenuhi syarat mendaftar YPP, kamu setidaknya pasti sudah memiliki sejumlah penggemar yang tidak segan mengapresiasi karya-karyamu. Nah, fitur fan funding YouTube memungkinkan mereka untuk memberimu penghargaan dalam bentuk uang.

Ada empat bentuk fan funding yang bisa kamu aktifkan di channel-mu sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts, yaitu:

  • Super Thanks
  • Super Chat
  • Super Stickers
  • Membership

Super Thanks bisa diibaratkan sebagai tip. Setelah fitur ini kamu aktifkan, penggemarmu bisa memberi tip dengan klik “Buy Super Thanks” di video Shorts milikmu. Saat ini tersedia empat nominal Super Thanks, yaitu $2, $5, $10, dan $50. 

Para pengguna YouTube yang memberikan Super Thanks berhak menuliskan komentar untuk konten Shorts kamu. Komentar ini akan ditandai di kolom komentar sebagai tanda bahwa penulisnya adalah penggemar beratmu.

Nah, Super Chat adalah cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts yang fungsinya mirip dengan Super Thanks. Bedanya, Super Chat tersedia di kolom chat YouTube Live. Oleh karena itu, kamu patut mengaktifkan fitur ini jika rutin mengadakan live stream.

Super Stickers juga muncul saat live stream, tapi berupa animasi gambar layaknya stiker yang biasa kamu lihat di aplikasi pesan singkat. Baik Super Chat dan Super Stickers tersedia dari harga $1 hingga $50.

Selain ketiga jenis fan funding tadi, kamu bisa membuka pendaftaran Membership untuk para penggemar. Fitur ini memberimu kesempatan untuk menawarkan konten eksklusif dengan biaya bulanan. Konten eksklusif yang dimaksud meliputi video, live stream, dan community post khusus member.

Membership merupakan cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts yang cukup fleksibel. Kamu bisa membuat lima tier atau tingkat membership dengan keuntungan dan harga yang berbeda-beda, dari $1 hingga $500. 

Contohnya, YouTuber Hughwizzy menjajakan tiga tingkat membership dengan keuntungan sebagai berikut:

  • Tier 1: badge dan emoji custom yang bisa member gunakan saat berpartisipasi di live stream Hughwizzy 
  • Tier 2: keuntungan tier 1 + video khusus member
  • Tier 3: keuntungan tier 1 dan 2 + video khusus member

Keuntungan yang bisa kamu promosikan tentunya boleh lebih beragam. Namun, pastikan penawaranmu sesuai dengan ketentuan membership YouTube, ya.

Sebagai catatan, semua cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts melalui fan funding menggunakan sistem bagi hasil. Oleh karena itu, YouTube menerima 30% dari pendapatan masing-masing upaya fan funding yang kamu lakukan.

3. YouTube Shopping

Kalau kamu berjualan merchandise channel, YouTube Shopping adalah cara dapat uang dari YouTube Shorts yang mesti dicoba. Fitur ini memungkinkanmu untuk menambahkan etalase untuk kaos, jaket, topi, atau berbagai merchandise lainnya di channel-mu.

Agar bisa mencoba cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts dengan memanfaatkan YouTube Shopping, kamu perlu menghubungkan channel-mu dengan lapak e-commerce yang kamu gunakan untuk berjualan merchandise. Saat ini ada tiga platform e-commerce yang YouTube dukung, yaitu Shopify, Spreadshop, dan Spring.

Nantinya para penggemar bisa mengakses etalasemu melalui tab “Store” di channel milikmu. Saat mereka klik sebuah merchandise, halaman produknya di platform e-commerce yang kamu gunakan akan tampil. Proses transaksi kemudian dilakukan di platform tersebut.

Kamu juga bisa mempromosikan merchandise di konten Shorts dengan menambahkan tag saat upload video. Nanti penonton bisa cek dan mengunjungi halaman produk merchandise-mu dengan klik “View products” di atas judul Shorts.

Berbeda dari cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts melalui YPP yang lainnya, YouTube Shopping tidak dikenai sistem bagi hasil. Oleh sebab itu, kamu bisa untung lebih jika menggunakan metode monetisasi ini.

4. YouTube Premium

Setelah tahu bahwa para kreator YouTube Shorts dapat uang dengan menampilkan iklan di video, kamu pasti penasaran apa yang terjadi jika kebanyakan penontonmu berlangganan YouTube Premium. Pasalnya, pengguna Premium bebas dari iklan.

Jangan khawatir, sebab kamu akan menerima komisi 45% dari persentase views atau penayangan Shorts yang didapatkan dari pengguna YouTube Premium.

Alternatif Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts

Apakah cara dapat uang dari YouTube Shorts hanya sebatas bergabung ke YPP? Tentu saja tidak. Ada beberapa metode monetisasi lain yang bisa kamu coba untuk meningkatkan pendapatan, antara lain:

1. Menjual Produk Digital

Sebagai kreator video Shorts, produk yang bisa kamu tawarkan ke para penggemar tidak sebatas merchandise saja. Kamu juga bisa menjual produk digital seperti ebook panduan, photoset, dan video custom.

Berjualan produk digital memiliki keunggulan yang tidak bisa kamu dapatkan dari produk berbentuk fisik. Masing-masing produk digital-mu cukup dibuat satu kali, sehingga kamu tidak perlu memikirkan stoknya.

Agar bisa menawarkan produk digital sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts, kamu perlu menggunakan platform paywall. Nantinya, kamu cukup membuat akun di platform tersebut, lalu mengunggah produkmu dan menentukan harganya.

Ada beberapa platform paywall yang bisa kamu pilih, salah satunya yaitu Gank. Di Gank, kamu bisa mulai berjualan produk digital dengan gratis. 

Jika sudah memiliki akun di platform paywall, taruh link-nya di deskripsi channel YouTube dan di caption Shorts agar penggemarmu tahu. Jangan lupa promosikan juga produk-produk digital-mu di video Shorts yang relevan agar makin menarik pembeli.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Mengikuti program afiliasi adalah cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts yang cocok untuk kamu yang belum mampu memproduksi merchandise ataupun produk digital. Sebab,  tugasmu adalah mempromosikan produk tertentu melalui video Shorts atau konten lainnya. 

Produk yang harus kamu pasarkan tergantung dengan penyedia program afiliasi. Tokopedia Affiliate, misalnya, menawarkan beberapa kategori produk, termasuk kecantikan, makanan, dan aksesoris handphone.

Agar membuahkan hasil, kamu perlu memilih penyedia program afiliasi yang produknya sesuai dengan niche (tema) kontenmu dan kebutuhan target audiens. Contohnya, kalau channel-mu membahas seputar perawatan kulit, mengikuti program afiliasi yang menyediakan produk kecantikan merupakan pilihan tepat.

Lalu, bagaimana program afiliasi bisa digolongkan sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts? Begini detailnya.

Setelah bergabung dengan sebuah program afiliasi, kamu bakal menerima link afiliasi untuk masing-masing produk yang bisa kamu promosikan. Link tersebut sebenarnya mengarah ke halaman produk di website penyedia program afiliasi, tetapi mengandung kode unik yang kamu dapatkan sebagai seorang afiliator.

Nah, setiap kali terjadi transaksi melalui link tadi, kamu akan mendapatkan komisi yang besarannya ditentukan penyedia program afiliasi. Sebagai contoh, jumlah komisi untuk afiliator Tokopedia Affiliate antara 1%-10% tergantung kategori produknya.

Komisimu tidak bisa diterima afiliator lain dan sebaliknya selama kamu menggunakan link afiliasi milikmu. Jadi, penting agar kamu tidak salah saat mencantumkan link afiliasi.

Supaya cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts dengan program afiliasi membuahkan hasil, ada baiknya kamu membahas produk yang kamu pasarkan di dalam video. Dengan begitu, penonton akan lebih tertarik untuk membeli karena kamu tidak terlalu terkesan “menjual”.

3. Bekerjasama dengan Brand

Influencer media sosial merupakan salah satu sarana utama banyak brand untuk memasarkan produk mereka. Sebut saja Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang wajahnya terpampang di berbagai iklan. Oleh karena itu, menjadi influencer dan bekerjasama dengan brand bisa jadi salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

Untungnya, kamu tidak perlu setenar mereka agar bisa dilirik merek terkenal. Kamu bahkan tidak butuh puluhan ribu subscriber YouTube. Sebab, tidak jarang brand yang mencari influencer nano, sebutan untuk figur media sosial yang baru memiliki 1.000-10.000 pengikut.

Selama jumlah subscriber-mu ada dalam rentang tersebut, cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts sebagai influencer tidak sulit. Kamu hanya perlu memiliki niche yang konsisten. 

Kamu pasti memulai channel YouTube dengan mengangkat sebuah tema, kan? Misalnya, kuliner, gadget, atau kecantikan.

Kalau kamu bisa konsisten membuat konten seputar tema tersebut, pasti akan ada brand yang tertarik untuk merekrutmu. Sebab, itu artinya kamu punya demografi audiens yang spesifik. 

Contohnya, jika channel-mu tentang cara merawat kulit, bisa diasumsikan bahwa sebagian besar penontonnya adalah perempuan yang tertarik dengan perawatan diri. Nah, itu merupakan tanda bagi merek-merek kosmetik dan skin care untuk menjadikanmu marketer mereka.

Sebaliknya, cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts dengan mencari sponsor brand akan susah jika kamu memiliki beberapa niche sekaligus. Sebab, demografi penontonmu kemungkinan terlalu beragam. Brand bakal ragu untuk bekerjasama denganmu kalau hal itu terjadi.

Tips Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts

Semua cara yang tadi dibahas memungkinkanmu untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube Shorts. Namun, alangkah baik jika kamu mendukungnya dengan beberapa upaya yang disebutkan di bawah ini.

Kiat-kiat berikut ini tidak secara langsung meningkatkan penghasilanmu dari cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts, tetapi bisa mendatangkan lebih banyak penonton. Jadi, kamu berpotensi menambah jumlah pengguna membership, pembeli merchandise, ataupun komisi afiliasi.

Buat Konten dengan Format yang Sedang Tren

Seperti di platform media sosial lainnya, di YouTube Shorts ada konten-konten yang menjadi viral atau tren. Popularitas kebanyakan video tersebut biasanya meredup dalam hitungan hari atau minggu, tetapi bisa mendatangkan hingga jutaan views.

Oleh karena itu, lumrah saja jika ada banyak kreator yang kontennya mengambil inspirasi dari video populer. Sebab, karya mereka juga bisa ikut viral.

Kamu pun bisa mengikuti jejak mereka untuk mendukung cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts yang sudah kamu praktikkan. Namun, jangan asal mengejar tren konten, ya. Pilihlah topik atau format yang relevan dengan target audiensmu agar tetap menarik bagi mereka.

Mencari ide video Shorts yang sedang viral cukup mudah. Kalau rajin memantau content creator lain yang niche-nya sama atau berkaitan dengan milikmu, kamu pasti menemukannya. Selain itu, kamu bisa melihat trending YouTube melalui menu Explore > Trending baik di website maupun aplikasi YouTube.

Terapkan SEO YouTube

Layaknya konten website dan blog, video YouTube perlu dibuat sesuai kriteria SEO (optimasi mesin pencarian) agar mudah ditemukan di penelusuran. Itulah mengapa penerapan SEO bisa membantu cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

Pada dasarnya algoritma YouTube memprioritaskan tiga kriteria saat memproses hasil penelusuran video, yaitu:

  • Relevansi – kesesuaian konten dengan kata kunci pencarian
  • Interaksi – tingkat interaksi penonton dengan konten, meliputi waktu tonton, like, dan komentar
  • Kualitas – kredibilitas fakta yang dibahas di dalam konten

Nah, selama menjadi kreator Shorts mungkin kamu sudah memastikan kualitas video dan mendorong adanya interaksi penonton. Contohnya dengan mengecek fakta yang kamu bahas dan memberi pertanyaan ke viewers di akhir tayangan.

Meningkatkan relevansi video untuk mendukung cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts membutuhkan penyebutan kata kunci pencarian yang sesuai dengan topik kontenmu. Misalnya, “tips perawatan wajah” atau “produk perawatan wajah terbaik”.

Kata kunci tersebut harus kamu sebut di:

  • Judul
  • Deskripsi
  • Nama file video
  • Hashtag

Promosikan Shorts di Platform Lain

Sebagai content creator, barangkali kamu juga memiliki akun di platform media sosial selain YouTube. Jika ya, tidak ada salahnya kamu mempromosikan video-video Shorts terbaru di platform tersebut. Itu adalah salah satu upaya untuk mendukung cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

Cross promoting atau membagikan konten di platform yang berbeda bisa mendatangkan penonton baru ke channel YouTube-mu. Sebab, pengikutmu di platform lain belum tentu tahu kalau kamu juga mengunggah konten ke YouTube Shorts.

Kolaborasi dengan Content Creator Lain

Apakah kamu pernah membuat konten bersama kreator lain? Kalau belum, kamu patut mencobanya.

Kolaborasi dalam dunia pembuatan konten memungkinkan pihak-pihak yang terlibat untuk saling berbagi audiens. Dengan begitu, potensi untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube Shorts bisa meningkat.

Kerjasama antar content creator umumnya dilakukan oleh yang niche-nya sama. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kamu berkolaborasi dengan kreator yang memiliki niche berbeda. Semua upaya yang mendukung cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts wajib untuk dicoba.

Hanya saja, kamu harus memastikan bahwa audiens kreator lain tertarik dengan topik channel-mu dan sebaliknya. Hal itu diperlukan agar masing-masing pihak bisa saling menguntungkan.

Yuk, Cari Penghasilan Melalui YouTube Shorts!

Mencari pendapatan sebagai kreator video Shorts bukan hal yang mustahil. Kiatnya pun cukup beragam. Salah satunya yaitu mendaftar YouTube Partner Program atau YPP yang memberikanmu beberapa opsi monetisasi, seperti:

  • Menampilkan iklan di YouTube Shorts
  • Fan funding
  • Berjualan menggunakan YouTube Shopping
  • Menerima bagi hasil dari YouTube Premium

Selain bergabung ke YPP, ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Menjual produk digital
  • Mengikuti program afiliasi
  • Bekerjasama dengan brand

Nah, cara apa yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Apapun itu, jangan lupa terapkan keempat tips meningkatkan pendapatan dari YouTube Shorts yang telah dibahas agar hasil makin maksimal.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

FAQ tentang Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts

Apakah YouTube Short bisa mendatangkan uang?

Tentu saja. Kamu bisa memonetisasi konten YouTube Shorts dengan mendaftar YouTube Partner Program. Cara dapat uang dari YouTube Shorts lainnya meliputi penjualan produk digital, program afiliasi, dan sponsor.

Berapa viewer agar dapat uang dari YouTube Shorts?

Kamu butuh 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir untuk memonetasi YouTube Shorts melalui YouTube Partner Program. Akan tetapi, kamu tidak begitu perlu memikirkan jumlah viewer jika ingin menggunakan cara dapat uang dari YouTube Shorts lainnya.

Apakah bisa mendaftar YPP tanpa 1.000 subscriber?

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts tanpa mengumpulkan seribu subscriber, termasuk:

  • Mendaftar YPP dengan memiliki 500 subscriber, tetapi kamu hanya bisa mengaktifkan fitur fan funding
  • Mengikuti program afiliasi
  • Menjual produk digital
  • Mencari sponsor
Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version