Sebagai salah satu platform media sosial terpopuler, Instagram menawarkan beberapa fitur untuk komunikasi pengguna. Percakapan grup adalah salah satunya. Jadi, jika kamu sering menggunakan Instagram, cara membuat grup di IG adalah salah satu tips yang wajib kamu ketahui.

Masing-masing anggota grup Instagram tidak sekedar bisa berkirim pesan, foto, dan video saja. Fasilitas ini juga bisa digunakan untuk melakukan video call yang tentunya seru kalau dihadiri beberapa orang sekaligus.

Nah, bagaimana cara buat grup di Instagram? Simak langkah-langkahnya di artikel ini!

Setelah cara membuat grup Instagram artikel ini juga akan membahas cara mengelola grup IG. Jadi, baca sampai selesai, ya!

3 Cara Membuat Grup di IG

Berikut ini adalah tiga cara bikin grup di IG:

1. Melalui Aplikasi Instagram

Sebagian besar pengguna Instagram mengakses platform medsos favorit ini melalui smartphone atau tablet mereka. Oleh karena itu, kamu pasti juga ingin tahu cara buat grup di IG melalui aplikasinya. Nah, untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Ketuk ikon direct message (DM) di pojok kanan atas (sebelah ikon bergambar jantung hati) untuk membuka daftar pesanmu.

2. Ketuk ikon bergambar pensil di pojok kanan atas.

3. Ketuk menu Create a group chat di atas daftar akun Instagram yang kamu follow.

4. Cara membuat grup di IG selanjutnya adalah menambahkan orang ke percakapan grup dengan mengetuk nama mereka di daftar akun yang kamu ikuti. Agar lebih cepat, kamu bisa mengetikkan nama mereka di kolom pencarian agar lebih cepat.

5. Ketuk Create group chat untuk buat grup.

2. Melalui Menu Pembuatan Story

Selain lewat daftar direct message, cara buat grup di Instagram juga bisa melalui menu di mana kamu biasa membuat Story IG, lho. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Ketuk ikon tanda + di bagian bawah aplikasi Instagram atau geser layar ke kanan saat kamu berada di home feed.

2. Pilih Story di jenis konten yang ingin diunggah.

3. Cara membuat grup di IG selanjutnya yaitu memilih foto atau video yang ingin kamu bagikan ke grup dan edit sesuai keinginanmu dengan menambahkan teks, filter, atau efek visual lainnya.

4. Ketuk tanda panah yang ada di pojok kanan bawah.

5. Pilih Message, lalu ketuk ikon orang dan tanda + di sebelah kanan kolom pencarian.

6. Pilih orang-orang yang ingin kamu masukkan ke dalam grup percakapan.

Cara membuat grup Instagram yang satu ini merupakan solusi praktis jika kamu ingin membagikan gambar atau video yang sudah diedit seperti Story IG ke grup teman, rekan kerja, atau keluarga saja.

3. Melalui Instagram Versi Web

Apakah kamu lebih sering menggunakan Instagram versi web? Kamu juga bisa melakukan cara membuat grup di IG di versi tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Ketuk menu Messages di baris sebelah kiri home feed.

2. Ketuk ikon bergambar pensil di atas daftar direct message.

3. Ketikkan nama orang-orang yang ingin kamu masukkan ke dalam grup percakapan.

4. Klik Chat.

Itu tadi tiga cara buat grup di Instagram. Sangat mudah, bukan? Sekarang mari belajar cara menggunakan beberapa pengaturan yang ada dalam grup percakapan IG.

Baca Juga: Cara Menambah Followers IG

Cara Mengganti Nama Grup Instagram

Setelah melakukan cara membuat grup di IG, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengganti namanya. Tujuannya, agar grup percakapan tersebut mudah ditemukan olehmu dan anggota lainnya di antara direct message lainnya. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka grup yang ingin kamu ubah namanya.
  2. Ketuk nama grup di bagian atas chat.
  3. Ketuk Change name & photo di halaman informasi percakapan, lalu pilih Change name.
  4. Ketikkan nama yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia, kemudian ketuk Save.

Baca Juga: Cara Melihat Postingan yang Disukai di IG

Cara Menambahkan Anggota ke Grup Instagram

Tentunya kamu sudah memilih akun-akun yang ingin dijadikan anggota saat mengikuti cara membuat grup di IG. Tapi, setelah itu mungkin kamu ingin menambahkan anggota lagi. Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka grup yang ingin kamu tambah anggotanya.
  2. Ketuk nama grup di bagian atas chat.
  3. Ketuk Add.
  4. Pilih akun-akun yang ingin kamu tambahkan sebagai anggota grup, lalu ketuk tombol Add.

Sebagai pembuat grup, kamu otomatis merupakan adminnya. Jadi, kamu juga bisa menambahkan anggota dengan mengirimkan undangan ke orang-orang yang kamu pilih.

Agar bisa melakukan itu, kamu perlu membuat link undangan terlebih dahulu. Caranya, ketuk nama grup, lalu ketuk Invite link. Ketuk tombol di sebelah tulisan invite link untuk mengaktifkan link undangan. Hal ini bisa kamu lakukan setelah mengikuti cara membuat grup di IG.

Sekarang, kamu cukup membagikan link tersebut kepada orang yang ingin kamu ajak bergabung ke grup percakapan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Cara Menghapus Anggota dari Grup Instagram

Suatu saat bisa saja kamu ingin mengeluarkan seseorang dari grup percakapan IG yang kamu buat karena satu dan lain alasan. Untuk melakukan itu, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka grup percakapan.
  2. Ketuk nama grup.
  3. Cari anggota yang ingin kamu hapus.
  4. Ketuk tombol titik tiga di sebelah namanya, lalu ketuk Remove from group.

Cara Menjadikan Orang Lain Sebagai Admin Grup Instagram

Setelah mengikuti cara membuat grup di IG, kamu bisa mengangkat anggotamu sebagai admin dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka grup percakapan.
  2. Ketuk nama grup.
  3. Cari anggota yang ingin kamu jadikan admin.
  4. Ketuk tombol titik tiga di sebelah namanya, lalu ketuk Make admin.

Mengajak orang lain untuk menjadi admin bisa memberimu kemudahan. Sebab, adanya admin lain bisa membantu mengelola grup.

Namun, jika tidak puas dengan kelakukan orang yang kamu pilih sebagai admin, kamu juga bisa mengubahnya kembali menjadi anggota biasa. Ikuti saja keempat langkah barusan, lalu ketuk Remove as admin di akhir langkah keempat.

Cara Meninggalkan Grup Instagram

Di titik ini kamu pasti sudah paham cara membuat grup di IG dan cara mengelolanya. Nah, bagaimana kalau kamu ingin meninggalkan grup percakapan yang kamu buat? Caranya mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka grup yang ingin kamu tinggalkan.
  2. Ketuk nama grup.
  3. Ketuk Leave.

Sebelum meninggalkan sebuah grup Instagram, ada baiknya kamu memilih seseorang sebagai admin pengganti. Sebab, Instagram otomatis menunjuk salah satu anggota sebagai admin baru secara acak jika kamu keluar dari grup tanpa ada admin pengganti.

Setelah kamu keluar dari grup, kamu tidak bisa masuk lagi tanpa ada yang mengajakmu. Jadi, keputusanmu untuk memilih admin pengganti sangatlah penting.

Baca Juga: Cara Repost Story IG

Cara Membuat Grup di IG Mudah, Bukan?

Kini kamu sudah mengerti bahwa ada tiga cara membuat grup Instagram. Kamu bisa melakukannya baik melalui aplikasi IG maupun versi web-nya.

Di aplikasi, cara buat grup di IG bisa melalui menu di atas inbox direct message atau dari menu untuk membuat Story. Sementara kalau di Instagram versi web, kamu bisa membuat grup percakapan dari menu di inbox direct message saja.

Semoga artikel ini membantumu mempelajari beberapa fitur percakapan yang Instagram tawarkan, ya. Jika kamu ingin informasi dan tips lain seputar media sosial dan dunia pembuatan konten, jangan lupa untuk ikuti blog Gank!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version