Sebagai kreator TikTok, cara live di TikTok adalah salah satu skill yang perlu kamu pelajari. Sebab, 62% pengguna TikTok menonton siaran live di platform tersebut setiap hari. Dikarenakan itu, live TikTok bisa jadi sarana efektif untuk berinteraksi dengan audiens.

Lalu, apakah cara siaran langsung di TikTok itu susah? Tentu saja tidak! Kamu bisa langsung mencobanya menggunakan aplikasi TikTok di smartphone maupun software streaming di komputer.

Di artikel ini kamu diajak untuk belajar cara live TikTok di HP dan PC, serta tips agar acaramu terlihat lebih berkualitas. Untuk memulai, yuk cari tahu apa saja prasyarat untuk melakukan live di TikTok!

Syarat Live di TikTok

Sebelum beranjak ke cara live di TikTok, perlu dicatat bahwa kamu harus memenuhi dua ketentuan untuk mengadakan live stream, yaitu:

  • Berusia 18 tahun keatas.
  • Memiliki 1.000 follower atau lebih.

Meski harus cukup terkenal terlebih dahulu, jangan mengandalkan jasa yang menawarkan follower bayaran, ya.

Pedoman komunitas TikTok menyebutkan bahwa sistemnya memantau peningkatan metrik engagement, termasuk jumlah follower, yang tidak wajar. Apabila kamu terbukti melakukan pelanggaran tersebut, TikTok akan menghapus follower-follower yang kamu beli.

Nah, daripada rugi, alangkah lebih baik kalau kamu mempelajari cara menambah followers TikTok. Cara tersebut tentu memerlukan proses, tetapi akan mendatangkan follower sungguhan yang tentunya berdampak positif terhadap perkembangan dan reputasi akunmu.

5+ Cara Live di TikTok

Berikut ini adalah beberapa cara live TikTok yang wajib kamu ketahui agar jago menyiarkan live streaming dengan perangkat apapun:

1. Cara Siaran Langsung di TikTok melalui Aplikasi TikTok

TikTok sejatinya merupakan platform medsos yang diutamakan untuk pengguna smartphone. Jadi, kamu barangkali akan lebih sering menggunakan ponsel untuk melakukan live. Ini dia cara live TikTok di hp menggunakan aplikasi TikTok:

1. Pada halaman beranda, ketuk tombol + di bagian bawah layar.

2. Di bawah tombol shutter, geser ke kanan untuk memilih LIVE.

3. Lengkapi informasi tentang siaranmu, seperti judul, topik, dan tujuannya.

4. Sesuaikan pengaturan live dan tambahkan filter sesuai kebutuhan.

5. Ketuk Go LIVE untuk memulai siaran.

2. Cara Live di TikTok di PC melalui TikTok LIVE Studio

Seiring berkembangnya TikTok, kini streamer pun bisa mengadakan live di PC menggunakan aplikasi resmi dari TikTok, yaitu LIVE Studio.

Dibandingkan dengan di smartphone, live streaming melalui komputer menawarkan keleluasaan lebih. Kamu bisa menambah dan mengatur sumber video dan suara dengan mudah. Contohnya adalah ketika kamu ingin menyiarkan permainan game dan video dari kamera secara bersamaan.

Lalu, bagaimana cara live menggunakan TikTok LIVE Studio? Berikut ini adalah cara live di TikTok melalui TikTok Live Studio:

1. Download dan install TiKTok LIVE Studio di komputermu.

2. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut dan log in.

3. Selanjutnya kamu akan menjumpai tiga menu: “Set up now”, “Import from another tool”, dan “Go LIVE now”. Klik Set up now untuk menentukan pengaturan streaming.

4. Pilih mikrofon dan kamera yang ingin kamu gunakan.

5. Tentukan kualitas video, encoder, encoder shift, dan scene setting (output video yang ingin kamu tampilkan, misalnya output dari kamera, layar komputer, atau keduanya).

6. Jika sudah siap melakukan live, kembali ke halaman dengan tiga menu tadi dan klik Go LIVE now.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

3. Cara Live di TikTok di PC Melalui Software Streaming Lainnya

Selain menggunakan TikTok LIVE Studio, kamu juga bisa melakukan siaran melalui software streaming lainnya yang mendukung TikTok. OBS Studio dan Restream Studio adalah contohnya.

Kedua software tersebut sedikit lebih rumit pengaturannya dibandingkan dengan TikTok LIVE Studio. Namun, fiturnya lebih canggih daripada aplikasi streaming resmi TikTok tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan OBS dan Restream untuk menyiarkan acaramu ke beberapa platform medsos sekaligus. Dengan begitu, kamu bisa berinteraksi dengan lebih banyak penonton di waktu bersamaan.

Di bawah ini adalah cara live di TikTok menggunakan software streaming:

1. Masuk ke aplikasi TikTok di smartphone dan ketuk tombol +.

2. Di bawah tombol shutter, geser ke kanan dan pilih LIVE.

3. Lengkapi informasi tentang siaranmu, seperti judul, topik, dan tujuannya.

4. Tambahkan filter dan efek visual lainnya sesuai keinginanmu.

5. Ketuk Cast to PC di bawah tombol Go LIVE.

6. Catat stream key dan URL server yang muncul di layar. Jangan berikan kedua informasi ini ke orang lain.

7. Buka software streaming, masuk ke bagian pengaturannya, klik Custom RTMP.

8. Ketikkan stream key dan URL server ke kolomnya masing-masing, lalu klik Save.

9. Siarkan live stream-mu.

Belajar cara live di TikTok melalui software streaming adalah pilihan tepat jika kamu ingin lebih kreatif dengan berbagai format acara live. Selain menyiarkan permainan game, kamu juga bisa mengadakan webinar dan talk show dengan menghadirkan pembicara lain.

4. Cara Live TikTok di HP sambil Main Game

Kamu tidak punya PC, tapi ingin bisa live gaming untuk seru-seruan bersama para penonton? Jangan khawatir karena aplikasi TikTok di smartphone juga bisa digunakan untuk keperluan itu.

Namun, sebelum beranjak ke pembahasan cara live di TikTok sambil memainkan game, ada dua hal yang perlu kamu catat.

Saat menyiarkan game di aplikasi TikTok, penonton hanya bisa melihat apa yang kamu mainkan. Jadi, kamu tidak bisa menampilkan wajahmu.

Selain itu, kamu cuma bisa memainkan game hp yang didukung oleh TikTok. Tapi pilihannya cukup banyak, kok. Mulai dari game casual seperti Candy Crush hingga yang sifatnya kompetitif seperti Garena Free Fire.

Nah, di bawah ini adalah cara live TikTok di hp sambil bermain game:

1. Buka aplikasi TikTok dan ketuk tombol +.

2. Di bawah tombol shutter, geser ke kanan dan pilih LIVE.

3. Di bawah tombol Go LIVE, pilih Mobile Gaming.

4. Ketuk judul game yang ingin kamu mainkan pada daftar yang muncul.

5. Lengkapi informasi tentang siaranmu, seperti judul, topik, dan tujuannya.

6. Ketuk tombol Go LIVE.

7. Jika muncul pertanyaan pop-up, ketuk Start now.

5. Cara Live di TikTok di HP Bersama Pengguna Lain

Kamu bisa mengundang beberapa pengguna TikTok lain ke live stream-mu melalui fitur multi–guest di aplikasi TikTok. Fitur ini memungkinkanmu untuk siaran langsung dengan sembilan orang sekaligus.

Dengan kemampuan untuk live stream beramai-ramai, jenis acara yang bisa kamu adakan jadi lebih beragam. Kamu bisa mengadakan tanya-jawab, belajar bersama, dan kegiatan berkelompok lainnya.

Fitur live bersama di TikTok juga membuka kesempatan bagi para kreator konten untuk mengenalkan audiensnya ke satu sama lain. Hasilnya, masing-masing kreator bisa mendapatkan banyak follower baru.

Untuk melakukan cara live di TikTok dengan fitur multi-guest, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siarkan live menggunakan aplikasi TikTok.

2. Setelah live dimulai, ketuk menu +Guest di pojok kiri bawah.

3. Ketuk Invite dan ketikkan username pengguna TikTok yang ingin kamu ajak jadi pembicara. Video pengguna tersebut akan muncul di sebelah videomu setelah menerima ajakanmu.

Patut dicatat bahwa dengan mengaktifkan fitur multi-guest, penonton juga bisa minta izin untuk berbicara di acara live-mu. Untuk mengizinkan penonton yang ingin bergabung, ketuk +Guest, lalu ketuk Accept di sebelah username yang bersangkutan.

6. Cara Live di TikTok Tanpa 1.000 Follower

Bagaimana kalau kamu ingin bisa segera mengadakan live di TikTok meski belum memiliki 1.000 follower? Beberapa sumber menyebutkan bahwa ada cara untuk mengakali persyaratan tersebut, meski tingkat keberhasilannya tidak menentu.

Pada dasarnya, kamu bisa coba melapor ke layanan dukungan pengguna TikTok bahwa kamu sebelumnya bisa mengakses fitur live TikTok, lalu tiba-tiba menunya hilang dari aplikasimu. Berikut ini adalah cara live di TikTok tanpa 1.000 follower:

1. Buka profilmu dan ketuk menu garis tiga di pojok kanan atas.

2. Ketuk Settings and Privacy.

3. Ketuk Report a problem.

4. Di bagian Popular, ketuk I can’t start a LIVE.

5. Ketuk No di bawah tulisan “Is your problem solved?”.

6. Tulis pesan di mana kamu ingin meminta bantuan layanan dukungan TikTok untuk mengembalikan fitur live yang hilang dari aplikasimu.

7. Ketuk Report untuk mengirimkan pesan tersebut.

Sekali lagi perlu diingat bahwa trik ini belum tentu berhasil memungkinkan cara live di TikTok. Namun, kalau belum memenuhi syarat live di TikTok, tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini.

Tips Agar Live di TikTok Lebih Berkualitas

Setelah belajar cara live TikTok di hp maupun PC, tugasmu selanjutnya adalah memanfaatkan fitur siaran TikTok untuk membangun hubungan dengan para audiens.

Nah, agar penonton puas, tentunya siaran live-mu harus menawarkan kualitas yang baik. Bagaimana caranya? Mari simak di bawah ini:

1. Tentukan Topik dan Susunan Acara

Jika ingin meningkatkan kedekatan dengan para audiens, bincang-bincang ringan selama live stream adalah salah satu kiat yang tepat.

Akan tetapi, kalau ingin belajar cara live di TikTok yang lebih berkualitas, kamu perlu memvariasikan jenis dan topik acaramu. Alih-alih mengobrol tentang aktivitas kesukaan para penonton, misalnya, kamu bisa membahas tips-tips mengedit video secara mendalam.

Dengan menentukan suatu topik, kamu bisa menentukan poin-poin pembicaraan dan susunan acara yang lebih jelas. Hasilnya, live-mu lebih terstruktur dan menarik untuk diikuti hingga selesai.

2. Tawarkan Manfaat

Apa yang membuatmu tertarik untuk mengikuti sebuah acara? Salah satunya pasti manfaat dari acara tersebut, bukan?

Oleh karena itu, siaran live-mu harus bisa memberikan manfaat bagi para audiensnya. Keuntungan itu bisa berbagai macam, mulai dari keseruan bermain game hingga pengetahuan atau ilmu baru. Itulah salah satu cara live di TikTok yang bisa membuat penonton puas.

Tentunya, jangan lupa untuk sebutkan manfaat tersebut di ajakan atau pengumuman live stream-mu ya. Dengan begitu, para follower tahu apa yang bisa mereka harapkan dari acaramu.

3. Umumkan di Berbagai Platform

Meski melakukan live stream di TikTok, bukan berarti kamu tidak boleh mengundang audiens dari platform media sosial lain. Apalagi kalau kamu sudah memiliki banyak follower di luar TikTok.

Bisa saja ada beberapa pengikutmu di media sosial lain yang menggunakan TikTok, tetapi belum tahu bahwa kamu juga punya akun di situ. Kalau melihat pengumuman acara live-mu, tentunya mereka akan berkenan untuk ikut meramaikan kursi penonton.

Nah, agar makin banyak yang tidak sabar untuk hadir, unggahlah pengumuman acaramu satu minggu atau beberapa hari sebelum hari-H. Satu hari sebelumnya, ingatkan lagi para follower. Itulah cara live di TikTok yang bisa mendatangkan banyak audiens.

4. Ajak Penonton untuk Berinteraksi

Ingin penonton mengikuti live stream-mu hingga selesai? Jangan sungkan untuk berinteraksi dengan mereka.

Sebelum memulai acara, sambutlah para penonton yang telah bergabung. Kamu bisa berbasa-basi sedikit dengan menanyakan kabar atau asal mereka, sebagai contoh.

Jangan lupa libatkan penonton selama live berlangsung. Misalnya, lakukan sesi tanya-jawab tentang topik yang kamu bahas.

5. Batasi Durasi Acara

Batas waktu live TikTok adalah 60 menit. Namun, kamu tidak perlu menghabiskan seluruh waktu tersebut. 30 menit saja sudah cukup untuk berbagai format acara.

Ingat, TikTok terkenal dengan konten video berdurasi pendek. Jadi, penggunanya belum tentu tertarik dengan live stream yang menghabiskan banyak waktu.

Oleh karena itu, cara live di TikTok agar penonton tetap tertarik sepanjang siaranmu adalah menjaganya agar singkat tanpa mengurangi manfaat yang kamu tawarkan. Apabila topik yang kamu bahas cukup panjang, bagilah pembahasannya ke dalam beberapa sesi live stream.

6. Tentukan Jadwal Live yang Cocok untuk Target Audiens

Berbeda dari YouTube dan Twitch, di TikTok kamu tidak mendapatkan pilihan untuk menyimpan live stream yang sudah usai. Jadi, follower yang ketinggalan acaramu tidak akan bisa menontonnya.

Agar makin banyak penonton yang bisa mengikuti acaramu, tentunya kamu harus membuat jadwal live yang cocok dengan mereka. Jadwal ini idealnya adalah saat-saat di mana kebanyakan follower-mu aktif menggunakan TikTok. Itulah salah satu cara live di TikTok yang efektif.

Lantas, bagaimana caranya tahu kapan para follower biasanya online? Secara umum, banyak pengguna TikTok yang online setelah pukul 5 sore. Tapi kalau ingin tahu lebih tepatnya, kamu bisa cek TikTok analytics melalui menu Privacy and settings dengan cara ketuk tombol garis tiga di profilmu. 

7. Siapkan Perlengkapan yang Memadai

Perlengkapan streaming merupakan hal yang bersifat opsional, tetapi patut kamu miliki jika memiliki dana yang cukup. Sebab, menggunakan sarana-sarana khusus untuk live bisa membuat acaramu terlihat lebih profesional.

Nantinya, kamu juga perlu belajar cara live di TikTok menggunakan peralatan yang tepat untuk live streaming agar tidak kebingungan saat mengoperasikannya.

Sarana yang sebaiknya kamu miliki antara lain adalah:

  • Webcam (bagi pengguna laptop)
  • Mikrofon
  • Earphone atau headphone
  • Pencahayaan
  • Koneksi internet yang bisa diandalkan
  • Ruangan yang sepi dan kedap suara

8. Gunakan Moderator

Layaknya acara live di TV seperti wawancara dan talkshow, live stream di TikTok sebaiknya melibatkan moderator. Perannya untuk membantumu menjaga suasana positif di antara para penonton. Moderator di live TikTok bisa menyaring komentar-komentar berdasarkan kosakata tertentu dan memblokir penonton yang bersikap negatif.

Kamu bisa menambahkan moderator sebelum memulai siaran. Caranya:

  1. Ketuk tombol + di bagian bawah aplikasi TikTok.
  2. Pilih LIVE di bawah tombol shutter.
  3. Ketuk Settings >> Moderators dan ketikkan username orang yang ingin kamu pilih.

Cara Live di TikTok Mudah, kan?

Cara siaran langsung di TikTok bisa kamu lakukan baik melalui hp maupun di komputer. Di smartphone, kamu hanya membutuhkan aplikasi TikTok untuk menyiarkan acara live.

Sementara kalau di PC, kamu bisa memilih dari beberapa software streaming. Jika ingin yang pengaturannya mudah, TikTok LIVE Studio adalah solusinya. Software streaming resmi TikTok ini cocok untuk kamu yang masih pemula.

Apabila sudah terbiasa live di TikTok dan ingin software yang lebih canggih, pilihlah OBS Studio, Restream Studio, atau semacamnya. Opsi tersebut membuatmu lebih leluasa menentukan format acara. Selain itu, kamu jadi bisa menyiarkan ke beberapa platform media sosial sekaligus.

Jadi, apakah kamu siap belajar cara live di TikTok pemula? Sukses terus ya!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version