Kamu boleh pakai stopwatch untuk membuktikannya. Dan kamu akan kaget bahwa dengan tahu cara menghapus akun TikTok, kamu bisa melakukannya hanya dalam 1 menit.

Beneran semudah itu, kok. Tapi, karena langkah cara hapus akun TikTok itu penting, jangan sampai ada kesalahan yang malah membuat kamu menyesal, ya?

Itulah kenapa sebaiknya kamu membaca lengkap artikel ini dulu. Soalnya, bisa jadi panduan cara menghapus akun TikTok lama atau akun yang tidak kamu butuhkan lagi.

Siap belajar cara hapus akun TikTok kamu? Yuk, lanjut!

Yakin Mau Hapus Akun TikTok?

Sebelum masuk ke cara menghapus akun TikTok, sebaiknya pastikan dulu alasan kamu melakukannya, ya. Apakah karena ini?

  • Privasi Kamu Terganggu — Ada banyak berita yang mengatakan kalau TikTok adalah platform media sosial yang sering mengumpulkan data pribadi pengguna. Kalau kamu tidak nyaman informasi pribadi seperti lokasi, jenis hape, atau data finansial diketahui, mungkin ini alasan buat hapus akun TikTok.
  • Khawatir Terhadap Kesehatan Mental — Ada banyak keuntungan pakai TikTok, apalagi kalau kamu seorang content creator. Tapi, kalau kamu merasa sudah terlalu sering menggunakannya dan khawatir sama kesehatan mentalmu, cara tutup akun TikTok bisa jadi solusi. Apalagi kalau konsultan psikologi kamu yang menyarankannya.
  • Menghindari CyberBullying — Kalau kamu mau dapat manfaat positif dari TikTok, tapi lingkup pertemanan di sana malah melakukan perundungan, itu perlu dicegah. Pertimbangkan cara menghapus TikTok segera agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk.
  • Menjadi Korban Hacking — TikTok itu platform media sosial yang aman. Tapi, risiko kena hack selalu ada dan bisa terjadi ke siapa saja. Kalau kamu terlalu khawatir akun kamu dibajak dan disalahgunakan, cara hapus akun TikTok bisa jadi langkah pencegahannya.
  • Sudah Tidak Sesuai Tujuan — Kalau TikTok sudah tidak sesuai sama tujuan awal kamu, misalnya menambah teman atau dapat uang dari TikTok, mungkin cara hapus akun TikTok bisa membuat kamu lebih fokus di platform sosial media lain.

Cara Menghapus Akun TikTok di Android

Inilah langkah cara menghapus akun TikTok secara umum kalau kamu pakai ponsel Android:

  • Masuk ke Profil — Dari halaman FYP TikTok, klik pada ikon Profil di sisi kanan bawah untuk masuk ke halaman profil.
  • Akses Menu Settings and Privacy — Dari halaman profil, pilih menu hamburger berupa tiga garis di sisi kanan atas, kemudian pilih Settings and Privacy.
  • Kelola Akun — Di halaman Settings and Privacy, pilih menu paling atas yaitu Account untuk mengelola akun TikTok
  • Akses Menu Hapus Akun TikTok — Di halaman Account, kamu bisa pilih menu Deactivate atau Delete Account sesuai tujuan kamu.
  • Pilih Delete atau Deactivate — Pilih Deactivate untuk menonaktifkan akun TikTok sementara. Atau, langsung pilih Delete Account sebagai cara hapus akun TikTok permanen.
  • Pilih Alasan Hapus Akun TikTok — Pilih alasan untuk menghapus akun tersebut, misalnya terlalu banyak iklan, terlalu sering pakai TikTok, atau alasan lain. Kemudian, klik Continue.
  • Download Data — Kamu bisa Request Download data sebelum cara menghapus akun TikTok secara permanen dilakukan
  • Tunggu Proses Senggang 30 Hari — Akun TikTok kamu dalam proses penghapusan dan kamu perlu menunggun 30 hari sebelum semua konten dan akun dihapus total.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok

Cara Hapus Akun TikTok di iPhone

Cara menghapus akun TikTok secara permanen di iPhone mirip dengan langkah di Android, yaitu:

  • Buka TikTok dan Masuk ke Profil — Untuk memulai cara tutup akun TikTok, buka aplikasi TikTok di iPhone kamu. Cari ikon Me di pojok kanan bawah layar.
  • Akses Menu Settings and Privacy — Setelah berada di halaman profil, pilih menu tiga garis di sudut kanan atas untuk masuk ke menu Settings and Privacy.
  • Masuk ke Menu Akun — Pilih menu Manage Account untuk mengelola berbagai pengaturan akun termasuk hapus akun TikTok
  • Pilih Hapus Akun — Di halaman Manage Account, kamu akan menemukan opsi Delete Account.
  • Verifikasi Hapus Akun — Demi keamanan, kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi untuk memastikan kamulah yang meminta proses cara menghapus akun TikTok.
  • Konfirmasi Hapus Akun — Kamu akan masuk ke halaman konfirmasi akun tentang semua konten yang ada di TikTok. Kemudian, akan muncul popup, klik Delete.
  • Tunggu Proses 30 Hari — Kalau proses cara menghapus akun TikTok lama kamu sudah benar, cukup tunggu prosesnya 30 hari sebelum benar-benar terhapus.

Cara Menghapus Akun TikTok Lama di Browser Laptop

Selain cara menghapus akun TikTok pakai aplikasi langsung, kamu bisa juga melakukannya pakai laptop lewat browser. Ini langkahnya:

  • Buka website TikTok — Berbeda dengan di aplikasi, di browser, kamu perlu memasukkan alamat URL TikTok yang benar terlebih dahulu
  • Login ke akun TikTok — Untuk menikmati layanan platform dan memastikan kamu menghapus akun TikTok yang benar lakukan login terlebih dahulu. Kamu bisa pakai pilihan untuk login seperti: QR Code dengan kode langsung dari aplikasi TikTok, nomor telepon, email atau username, akun Facebook, akun Google, akun Apple, dan lainnya.
  • Akses Profil Kamu — Setelah login, ikon profil kamu di sisi kanan atas dari browser. Kemudian, pada menu yang muncul, pilih Settings.
  • Pilih Manage Account — Kamu akan masuk halaman Settings dan di sisi kanan terdapat beberapa menu, pilih Manage Account.
  • Kelola Account Control — Saat memilih Manage Account, di sisi kanan, kamu bisa lihat di Account Control, dan klik Delete pada bagian Delete Account.
  • Konfirmasi Hapus Akun TikTok — Akan muncul popup untuk melakukan konfirmasi cara menghapus akun TikTok secara permanen di browser. Klik Continue.
  • Tunggu Proses dari TikTok — Apabila cara tutup akun TikTok kamu benar, cukup tunggu proses yang nantinya dijalankan oleh TikTok.

Cara Tutup Akun Tiktok Sementara

Dua cara di atas merupakan cara hapus akun TikTok permanen. Nah, kalau kamu mau tahu cara menghapus TikTok untuk sementara, maka kamu cukup melakukan deactivate. Ini langkahnya:

  • Buka TikTok — Buka aplikasi TikTok di Android atau iPhone.
  • Akses Profil TikTok — Dari halaman utama, klik pada ikon Profil atau ikon Me di sisi kanan bawah untuk masuk ke halaman profil TikTok kamu.
  • Masuk ke Settings and Privacy — Kamu akan masuk ke halaman profil. Pilih menu tiga garis di sisi kanan atas untuk masuk ke menu utama profil dan pilih Settings and Privacy.
  • Masuk ke Manage Account — Di halaman Settings and Privacy, kamu bisa mengelola akun sesuai login yang dilakukan. Pilih menu Account.
  • Pilih Menu Hapus Akun TikTok — Di halaman Account itu, kamu bisa pilih menu Deactivate atau Delete Account.
  • Pilih Deactivate — Di halaman Delete or Deactivate, pilih Deactivate Account untuk menonaktifkan akun TikTok sementara agar nantinya hanya menonaktifkan akun tapi tidak menghapus semua konten yang ada di dalamnya.
  • Konfirmasi Deactivate — Kamu masih perlu melakukan konfirmasi deactivate TikTok dengan beberapa informasi utama terkait proses hapus akun TikTok itu.
  • Verifikasi Akun — Kalau kamu login pakai Google, akan ada tahapan untuk melakukan verifikasi akun Google yang dipakai. Setelah berhasil, proses deactivate akan dilakukan.

Tips Cara Menghapus TikTok

Beberapa tips yang kamu perlu ketahui pada saat hapus akun TikTok:

1. Pahami Beda Delete dan Deactivate

Kalau kamu cuma mau cara menghapus akun TikTok sementara, pilih opsi “Deactivate”. Dengan cara ini, semua orang “sekadar” tidak bisa menemukan akun TikTok kamu dan kontennya. Padahal, akun TikTok kamu masih ada.

Tapi, kalau tujuan kamu memang cara menghapus akun TikTok secara permanen, pilih opsi “Delete”. Kamu akan diberi waktu 30 hari buat reactivate kalau berubah pikiran, tapi setelahnya, semua konten akan dihapus total.

2. Simpan Data Kamu Dulu

Sebelum mulai melakukan langkah cara hapus akun TikTok, simpan semua konten yang penting dari proses kreatif kamu sebagai content creator. Utamanya, konten unik yang hanya kamu buat di TikTok dan tidak ada di platform media sosial lain.

Ingat bahwa proses Delete akan menghapus konten kamu secara permanen. Sayang juga kan kalau proses kreatif yang sudah ada sebelumnya harus terhapus padahal kamu sudah capek-capek membuatnya?

3. Cek Semua Login Pakai Akun TikTok

Kalau kamu pakai akun TikTok buat sign up atau login di aplikasi atau platform lain, sebaiknya ganti login dulu di masing-masing platform tersebut. Kalau tidak, nantinya kamu tidak bisa akses platform itu lagi.

Soalnya, setelah cara menghapus akun TikTok secara permanen berhasil, fitur integrasi TikTok jadi tidak berfungsi sehingga menyebabkan gagal login.

4. Gunakan Aplikasi TikTok untuk Deactivate

Kalau tujuan kamu tahu cara menghapus akun TikTok itu buat sementara, sebaiknya kamu pakai aplikasi TikTok di ponsel saja, baik itu di Android atau iPhone.

Dari langkah yang kami lakukan, cara tutup akun TikTok lewat browser laptop cuma memberikan opsi buat menghapus secara permanen, bukan menonaktifkan sementara.

5. Beri Tahu Followers dan Rekan Collab

Sebelum kamu hapus akun TikTok, penting buat memberi tahu dulu ke followers kamu. Jangan lupa infokan ke mereka di platform mana kamu masih akan terus berkarya selain di TikTok. Sampaikan juga alasan kamu hapus akun TikTok agar mereka bisa memahaminya.

Oh ya, kalau kamu pernah collab post sama content creator lain, pastikan juga kasih tahu mereka sebelum melanjutkan proses tutup akun TikTok, ya. Usahakan semua kerjasama sudah selesai kamu jalankan agar tidak ada masalah di kemudian hari

Sudah Tahu Cara Hapus Akun Tiktok Permanen?

Terbukti kan kalau cara menghapus akun TikTok itu gampang? Entah itu karena alasan pribadi atau profesional, cara hapus TikTok dengan baik akan membantu kamu mencapai tujuan.

Sebagai contoh, kamu bisa menghindari cyberbullying setelah tidak pakai TikTok lagi. Atau, kamu ada kontrak dengan platform media sosial tertentu yang mengharuskanmu buat tutup akun TikTok sementara.

Nah, tantangannya, justru pada memastikan bahwa kamu sudah melakukannya dengan benar dan bagaimana kalau kamu tidak bisa lagi mendapatkan uang dari TikTok setelah itu?

Untungnya, platform seperti Gank, memudahkan kamu tetap jadi content creator profesional dengan dapat uang dari donasi fans, jualan merchandise dan biaya langganan bulanan berbagai konten eksklusif yang kamu buat.

Semoga informasi kami bermanfaat dan teruslah semangat berkarya sebagai content creator di berbagai platform!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version