Bayangkan kamu bisa buat konten TikTok tanpa bicara, tapi dapat 161 juta follower. Eits, itu bukan mimpi. Khaby Lame sudah membuktikannya. Dan, Stitch adalah salah satu rahasia sukses kontennya.

Nah, apa itu Stitch? Arti Stitch itu sebenarnya menjahit. Kalau di TikTok, Stitch video artinya memakai video orang lain buat digabungkan ke video unik yang mau kamu buat.

Tenang, cara Stitch video di TikTok juga gampang, kok. Dan karena mulai banyak content creator yang mulai membuat konten dengan ngestich, kamu jangan ketinggalan, ya?

Nah, bagaimana kalau mulai pelajari semua hal tentang Stitch TikTok? Mulai dari Stitch artinya apa, manfaatnya buat kamu sebagai content creator apa dan cara membuatnya bagaimana. Siap?

Apa itu Stitch?

Arti Stitch adalah merajut kain pakai sebuah benang. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris dan sekarang jadi viral di Indonesia karena menjadi salah satu nama fitur di TikTok.

Nah, Stitch adalah fitur TikTok yang memungkinkan kamu menggabungkan video orang lain ke konten video yang mau kamu buat. Dengan fitur ini, sebagai content creator kamu jadi bisa punya karya unik pakai konten orang lain.

Sudah mulai paham apa arti Stitch, kan? Tapi, kamu mungkin masih bingung, buat apa kamu pakai konten orang lain di video kamu, ya?

TikTok Newsroom sendiri menegaskan kalau fitur ini tentang kolaborasi dan engagement.

Maksudnya, TikTok mau content creator di platform mereka bisa saling bekerjasama berbagi konten untuk bisa membuat konten baru lebih mudah.

Bukan cuma itu, konten yang unik seperti reaction, komedi dan lainnya akan bisa menarik perhatikan audiens dan menambah banyaknya like dan komentar. Ini akan membuat platform TikTok sendiri makin hidup.

Itulah salah satu dari banyak alasan yang menjadikan Stitch artinya cukup besar bagi perkembangan TikTok sendiri.

Intinya, Stitch adalah inovasi dari TikTok biar semua content creator bisa saling terhubung dan terus semangat membuat konten menarik tanpa harus memulai semuanya dari nol.

Bagi content creator sendiri, adanya Stitch akan membantu mereka lebih mudah masuk FYP TikTok dengan pakai konten viral. Bukan cuma itu, kalau kamu cukup kreatif dengan kontenmu, kamu juga bisa terkenal dan jadi influencer top.

Coba bayangkan kamu berhasil menggabungkan klip dari Mr Beast ke kontenmu. Konten baru itu ternyata unik. Bisa-bisa bukan cuma follower kamu yang suka dan kasih banyak komentar, kalau Mr Beast tahu, dia juga bisa ikutan follow kamu, lho.

Jadi, stitch artinya bukan cuma menghubungkan dua video jadi satu, tapi juga membangun hubungan antar content creator di TikTok.

Apa Beda Duet dan Stitch?

Meskipun fiturnya mirip, yaitu buat menggabungkan dua video jadi satu konten, beda antara duet dan stitch adalah sebagai berikut:

  • Stitch cocok buat memotong dan menggabungkan klip video lain ke video baru kamu. Sementara Duet cocok buat memakai video asli secara utuh, bukan hanya potongan.
  • Stitch bisa kamu pakai membuat video dengan cerita baru sesuai potongan adegan yang kamu butuhkan. Sedangkan, Duet menampilkan video dengan tampilan split-screen, yaitu dua video atau lebih yang ditampilkan dalam satu layar.
  • Stitch lebih pas buat konten reaction, komedi, tutorial, dan ide kreatif lainnya. Sedangkan, Duet umumnya buat konten challenge, reaction utuh, komentar, dan kolaborasi konten.
  • Stitch menuntut kamu lebih kreatif membuat cerita baru yang unik dari potongan klip video yang ada. Namun, Duet biasanya lebih monoton dengan dua video yang diputar berdampingan, sehingga lebih sulit untuk menerapkan cerita baru.

Manfaat Stitch Video TikTok

Setelah tahu apa itu stitch dan bedanya dengan duet, kamu sudah bisa menebak apa saja manfaatnya, bukan?

1. Kolaborasi Jadi Lebih Mudah

Sesuai tujuan utama TikTok yang disampaikan di Newsroom mereka, Stitch adalah fitur yang fokus utamanya mendorong kolaborasi antar content creator.

Kamu bisa bebas menggabungkan video orang lain ke dalam kontenmu. Soalnya, content creatornya sudah menentukan apakai kontennya bisa dipakai stitch video TikTok atau tidak.
Jadi, akan ada menu stitch di video itu, seperti yang kamu lihat di konten menarik punya John Derting ini.

Setelah itu, kamu tinggal membuat cerita di konten yang baru dengan lebih baik. Jadi, tak perlu khawatir soal hak cipta kalau menu stitch di konten video yang kamu lihat.

Bayangkan kalau kamu harus buat collab post sama salah satu brand atau content creator lain. Adanya stitch adalah salah satu hal yang akan membuat kerjasama membuat konten lebih mudah, kan?

2. Kamu Jadi Termotivasi Buat Lebih Kreatif

TikTok suka kalau content creator mereka terus kreatif. Makin banyak konten keren yang dihasilkan, makin seru platformnya, bukan? Itulah alasan apa itu Stitch jadi fitur yang dikenalkan setelah adanya Duet.

Kalau pakai Duet, kamu memang bisa buat konten baru dengan mudah. Tapi kreativitas kamu buat merancang cerita baru jadi terbatas. Soalnya, kamu harus ikut alur video duet dari orang lain yang ceritanya sudah pasti.

Sementara itu, manfaat adanya Stitch adalah kamu bisa membuat sebuah plot twist yang akan terlihat unik dan jadi konten reaction atau komedi yang seru.

3. Tak Perlu Buat Konten Dari Nol

Baik kamu pakai TikTok atau TikTok Lite, membuat konten video jauh lebih mudah dibandingkan di platform lain seperti Facebook atau Instagram. Soalnya, fitur editingnya lengkap.

Apalagi ditambah adanya Stitch yang bisa langsung membantu kamu ambil konten lain, lalu mengedit dan menggabungkannya ke rekamanmu sendiri. Hasilnya, kamu bisa menciptakan konten unik dengan jalan cerita baru dengan praktis.

Sudahlah kamu tak perlu membuat keseluruhan kontennya, kamu juga tak perlu aplikasi editing dari pihak ketiga lagi, lho. Cukup nyaman kan?

4. Upaya Dapat Engagement Lebih Variatif

Terutama bagi content creator, disarankan buat memanfaatkan semua fitur yang tersedia di TikTok, seperti Stitch. Apalagi fitur ini jelas-jelas dirancan buat meningkatkan interaksi dan kolaborasi karena konten yang dihasilkan lebih seru.

Belum lagi, kalau konten yang kamu pakai ngestitch adalah konten viral dari content creator top di niche kamu. Bisa jadi, follower kamu akan berkomentar dengan hasil konten baru yang kamu hasilkan itu.

5. Reach Audiens Konten Lebih Luas

Coba saja kamu lihat video Stitch dari Khaby Lame. Ada yang view-nya sampai 47 juta dengan 3 juta like dan 44 ribu komentar. Padahal, itu sekadar video reaksi lucu-lucuan pakai stitch.

Jadi, walaupun videonya sederhana, bisa saja jadi trending dan muncul di FYP TikTok asalkan kamu bisa membuatnya menarik. Nantinya, akan banyak penonton yang lihat video itu secara lebih luas. Padahal, di contoh tadi, Khaby cuma pakai satu hashtag umum yaitu #comedy buat menarik viewer.

Baca Juga: Cara Menambah Follower TikTok

6. Bisa Ikut Tren Tanpa Melulu Pakai Duet

Selain membuat video biasa, content creator banyak yang pakai duet untuk konten challenge. Nah, dengan adanya Stitch di TikTok, pilihan untuk membuat konten biar bisa ikut tren challenge dan hashtag jadi makin banyak.

Ini akan membantu kamu bisa lebih gampang membuat konten masuk ke FYP karena tidak ketinggalan ikut tren yang lagi viral.

Cara Stitch Video di TikTok

Baiklah, kamu mungkin sudah tidak sabar untuk tahu cara stitch video di TikTok, kan? Inilah langkahnya:

  • Cari video menarik yang mau kamu jadikan bagian dari konten kamu.
  • Cek di bagian Share untuk pastikan konten itu boleh dipakai Stitch video. Lihat menu Stitch di kolom bawah, sebelah Duet.
  • Kalau sudah yakin, pilih Stitch dan tunggu loadingnya.
  • Kamu akan melihat ada timeline untuk video di bagian bawah. Kamu bisa pakai potongan 5 detik dari konten itu.
  • Setelah menentukan potongan klip, pilih Next. Lalu, tunggu videonya disiapkan.
  • Lakukan rekaman video seperti biasa saat membuat konten di TikTok.
  • Tambahkan efek, atur filter, dan pengaturan lain sesuai keinginan.
  • Klik Next kalau sudah selesai dalam membuat rekaman konten
  • Lakukan posting konten dengan terlebih dulu menulis caption, hashtag, dan lainnya termasuk pengaturan privasi video itu.

Jadi, Arti Stitch Apa, Ya?

Bagaimana? Sudah paham tentang apa itu Stitch di TikTok? Fitur ini memang keren dan bisa bantu kamu jadi lebih kreatif memproduksi konten TikTok.

Selain itu, kelebihan Stitch adalah bisa menggabungkan klip video dari content creator lain tanpa bingung soal hak cipta, asalkan menu Stitch ada di konten itu. Kamu bebas membuat konten baru yang seru dan menarik, apa pun niche yang kamu geluti, mulai gaming, musik atau cosplay.

Arti Stitch bukan cuma merajut dua konten yang beda, tapi lebih dari itu. Konten yang kamu buat juga bisa cepat masuk FYP dan viral karena keunikannya atau daya tarik konten asalnya.
Nantinya, ini bisa bantu kamu jadi content creator profesional dan dapat uang dari kontenmu.

Eh tapi jangan lupa, sebagai content creator, jangan cuma bergantung ke cara dapat uang dari TikTok saja, ya. Ada platform lain seperti Gank yang bisa kamu pakai buat memproduksi konten eksklusif buat member, jualan merchandise, dan terima donasi dari fans.

Nah, semoga informasi yang kami berikan tadi bermanfaat. Kalau masih ada pertanyaan, jangan ragu buat komentar, ya!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version