Kamu butuh logo untuk branding diri sebagai content creator, tapi belum pernah membuat desain grafis? Jangan khawatir! Aplikasi pembuat logo sekarang sudah banyak yang mudah digunakan kok.

Tapi, apa aplikasi desain logo yang sebaiknya kamu gunakan, ya? Itulah mengapa kamu perlu menyimak artikel ini.

Di sini kamu akan dikenalkan dengan lebih dari sepuluh aplikasi buat logo. Agar lebih spesifik daftar ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu aplikasi yang bisa digunakan di web browser, perangkat mobile, dan keduanya sekaligus. Jadi, kamu cukup memilih yang sesuai kebutuhan.

Tanpa berlama-lama, yuk cek satu per satu!

Daftar Aplikasi Pembuat Logo Multi Platform Terbaik

Beberapa orang punya lebih dari satu perangkat untuk bekerja. Misalnya, PC untuk di rumah dan tablet untuk di kafe atau tempat umum lainnya.

Nah, kalau kamu termasuk tipe content creator yang sesuai deskripsi barusan, kedua aplikasi desain logo berikut ini bisa jadi pertimbangan karena tersedia di Windows, Mac OS, iOS, dan Android.

Tak hanya itu, kedua aplikasi buat logo yang akan dibahas juga berfungsi sebagai penyimpanan online. Jadi, kamu bisa melanjutkan pengerjaan desain logo di perangkat lain tanpa harus repot-repot membawanya di flashdisk atau hard drive. Pokoknya cukup log in ke aplikasi pembuat logo dan buka desain yang ingin kamu garap.

1. Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang sudah dikenal luas. Baik content creator dan digital marketer sering menggunakannya untuk membuat berbagai jenis aset visual, termasuk logo.

Nilai jual Canva terletak di koleksi template-nya yang bermacam rupa. Mau itu logo untuk akun media sosial atau bisnis makanan, semuanya tersedia dalam berbagai model.

Nanti kamu tinggal mengkustomisasi template logo sesuai keinginan dengan fitur-fitur editing Canva yang mudah digunakan. Kamu bisa mengubah warna, mengganti jenis font, dan mengatur letak masing-masing elemen logo dengan beberapa klik saja. Itulah hal yang membuat aplikasi pembuat logo ini disukai pengguna.

Yang paling menarik, kedua keunggulan tadi tersedia secara gratis dan sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan membuat logo. Kekurangannya ada di pilihan jenis file yang terbatas pada JPG dan PNG saja. Kalau butuh logo dalam format SVG, kamu perlu berlangganan Canva premium yang harganya mulai dari Rp95.000/bulan.

Baca Juga: Aplikasi Content Creator

2. Adobe Express

Adobe sudah lama dikenal sebagai pengembang aplikasi desain dengan fitur yang kompleks, seperti Photoshop dan Illustrator. Yang mungkin kamu belum tahu, Adobe juga memiliki aplikasi desain yang ramah pemula, yaitu Express.

Sesuai namanya, Express adalah aplikasi pembuat logo yang menawarkan pengalaman membuat desain grafis secara instan. Kamu cukup mengetikkan nama brand-mu, slogannya, dan industrinya. Selanjutnya, fitur kecerdasan buatan (AI) Adobe Express akan merekomendasikan sejumlah desain logo yang sesuai dengan informasi yang kamu berikan.

Jangan khawatir, semua desain buatan AI tersebut masih bisa kamu edit, kok. Caranya juga mudah karena kamu hanya perlu klik menu yang ada dan menggeser elemen-elemen logo ke tempat yang kamu inginkan.

Adobe Express tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Fitur-fitur gratis aplikasi pembuat logo ini sebenarnya sudah cukup untuk pemula. Cuman, setiap bulan kamu hanya diperbolehkan menggunakan bantuan AI Adobe sebanyak 25 kali.

Tapi tenang saja, kamu tetap bisa menciptakan logo dan desain grafis lainnya secara manual dan mudah. Kalau memang butuh lebih banyak bantuan kecerdasan buatan agar pengerjaan logo lebih cepat, Adobe Express premium tersedia mulai dari Rp74.747/bulan.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Aesthetic

Daftar Aplikasi Pembuat Logo Terbaik di Browser

Kalau tadi kamu sudah diajak mengenal dua aplikasi membuat logo yang bisa digunakan di berbagai perangkat, kini kami akan membahas beberapa aplikasi desain logo yang aksesnya melalui web browser.

Mereka ini praktis karena tidak perlu kamu install di laptop maupun smartphone. Cukup dengan mengunjungi website dan log in, kamu bisa langsung mengerjakan desain logo.

Sebagai catatan, beberapa dari aplikasi ini sebetulnya tersedia di Android juga. Namun, setelah dicek, update terakhirnya sudah lebih dari setahun yang lalu. Maka dari itu, kamu tidak dianjurkan untuk download aplikasinya di Android atas alasan keamanan.

1. Visme

Kalau kamu mencari aplikasi pembuat logo online yang mudah digunakan dan memiliki banyak fitur, Visme adalah salah satunya. Apk pembuat logo ini menawarkan antarmuka yang sederhana, sehingga pemula pun akan cepat memahami cara menggunakannya.

Template logo, jenis font, dan variasi ikon yang Visme tawarkan cukup terbatas untuk versi gratisnya. Akan tetapi, itu sudah cukup untuk memberimu kemudahan untuk memulai sebuah desain.

Yang tidak kalah menarik dari Visme adalah fitur manajemen filenya. Seperti di Google Drive, kamu bisa membuat folder untuk mengkategorisasikan desain-desain yang telah kamu buat. Dengan begitu, mencari logo atau aset visual lainnya akan jadi lebih mudah.

Namun demikian, aplikasi pembuat logo ini juga punya beberapa kekurangan. Versi gratisnya disertai watermark, kapasitas penyimpanan yang kecil, dan pilihan format file yang terbatas. Untuk bebas dari hal-hal itu, kamu perlu upgrade ke versi berbayarnya dengan harga $29/bulan.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun

2. Hatchful

Apakah kamu ingin membuat desain logo yang simpel dan belum pernah menggunakan aplikasi desain grafis sama sekali? Itu artinya kamu bakal cocok menggunakan Hatchful.

Aplikasi buat logo yang satu ini terkenal dengan antarmukanya yang minimalis. Tidak ada terlalu banyak menu dan kontrol yang bisa membuatmu kebingungan saat ingin mengkustomisasi desain di aplikasi pembuat logo ini.

Untuk memulai, kamu cukup menyebutkan nama brand-mu, industri yang kamu geluti, dan kegunaan logo yang ingin kamu buat (misalnya untuk di media sosial atau kartu nama). Nanti Hatchful akan menawarkan beberapa template logo yang sekiranya sesuai untukmu.

Sayangnya, Hatchful kekurangan fitur kustomisasi jika dibandingkan dengan beberapa apk pembuat logo lainnya. Dia hanya memungkinkan perubahan warna, layout, dan jenis font. Selain itu, pilihan format file-nya cuma PNG.

Tapi kalau kamu memang butuh desain logo yang simpel dan cepat, Hatchful layak digunakan. Apalagi aplikasi ini gratis selamanya.

3. Turbologo

Turbologo bisa dibilang salah satu aplikasi pembuat logo yang cukup unik. Kamu bebas menggunakannya sesukamu. Nantinya, kamu hanya diminta membayar jika ingin download desain yang sudah kamu buat.

Jika di kemudian hari kamu ingin merombak logo tersebut, kamu tidak perlu membayar lagi asal masih dalam jangka waktu yang ditentukan Turbologo. Tenggatnya adalah tiga bulan atau satu tahun, tergantung pilihanmu saat membayar.

Harga per logo pun lumayan terjangkau, yaitu mulai dari $10.99. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan opsi untuk mengunduh logomu dalam format SVG maupun PNG.

Proses pembuatan logo menggunakan Turbologo sendiri sangat simpel. Aplikasi pembuat logo ini akan membantumu memilih template sesuai industri yang kamu geluti. Sesudahnya, kamu bisa mengutak-atik template yang dipilih, seperti mengganti jenis font, menambahkan ikon, dan memilih warna untuk masing-masing elemen.

4. Looka

Looka merupakan layanan brand kit yang membantumu membuat berbagai aset branding, termasuk logo. Dengan teknologi kecerdasan buatannya, memulai desain logo sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu menyebutkan nama brand dan industri. Kemudian, kamu akan diminta memilih warna, model, dan gambar logo yang kamu sukai. Dalam sekejap logomu sudah jadi, deh.

Setelahnya, kamu bisa melakukan kustomisasi sederhana atau langsung download desain. Kamu harus membayar $65 untuk download, tetapi desainnya boleh kamu rombak tanpa batasan waktu. Aplikasi pembuat logo ini juga tidak akan dipungut biaya lagi jika ingin mengunduh logo yang sudah kamu ubah.

Format file yang boleh kamu pilih beragam, termasuk PNG dan SVG. Kamu juga akan mendapatkan empat versi logo buatanmu, baik yang memiliki background atau transparan. Jadi, hasil yang kamu download dari Looka fleksibel untuk berbagai kegunaan.

5. Wix Logo Maker

Wix sudah lama dikenal sebagai platform pembuatan website yang mudah digunakan untuk pemula. Makanya, tidak heran jika platform ini juga menyediakan aplikasi desain logo yang ditujukan untuk pengguna awam.

Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan kebanyakan aplikasi pembuat logo lainnya. Kamu akan diminta untuk menyebutkan nama brand dan memilih industri yang digeluti untuk menerima saran template logo.

Bedanya, Wix logo maker akan memberi rekomendasi warna, ikon, dan jenis font juga. Hal itu bisa jadi sumber inspirasi bagi kamu yang belum punya ide ingin membuat logo seperti apa.

Wix logo maker sendiri gratis, tetapi kamu harus membayar ketika ingin download desain yang sudah kamu buat. Ada dua paket yang bisa kamu pilih, yaitu Basic dan Advanced.

Paket Basic di aplikasi pembuat logo ini harganya $20 dan memberimu logo dalam format PNG. Sementara itu, paket Advanced dibanderol dengan harga $50, tetapi kamu akan mendapatkan file PNG sekaligus SVG. Selain itu, di paket Advanced kamu diberi versi logo yang ukurannya dioptimalkan untuk berbagai media sosial. 

6. VistaCreate

Tadi kami sudah menyebutkan beberapa apk pembuat logo instan dengan bantuan kecerdasan buatan, kan? Kini saatnya membahas aplikasi desain logo yang menawarkan lebih banyak kustomisasi, yaitu Vista Create.

Di Vista Create, kamu bisa memilih untuk memulai desain dari nol atau mengambil dari ribuan template yang tersedia. Cara mengutak-atik logo pun mudah. Kamu hanya perlu klik menu dan menggerakkan slider.

Aplikasi pembuat logo ini memiliki guiding lines atau garis-garis yang memberitahu jika elemen-elemen dalam desainmu simetris. Jadi, hasil pekerjaanmu dijamin akan terlihat profesional meski kamu belum punya pengalaman desain grafis.

Yang tidak kalah menarik, VistaCreate menawarkan versi gratis yang fasilitasnya sangat baik. Kekurangannya mungkin hanya pada ukuran logo yang sebatas 500×500 pixel saja.

Versi berbayarnya seharga $13/bulan dan itupun hanya diperlukan kalau kamu ingin fitur tambahan, termasuk ukuran logo yang lebih besar, kapasitas penyimpanan tidak terhingga, dan version history.

Daftar Aplikasi Pembuat Logo Terbaik di Android

Kalau suka bekerja sambil bepergian, aplikasi buat logo di hp atau tablet Android adalah pilihan yang lebih tepat untukmu. Nah, di bawah ini adalah opsi-opsi yang paling  direkomendasikan.

Sebagai catatan, beberapa di antara aplikasi berikut ini memang memiliki nama yang sama. Supaya kamu tidak bingung, kami menyertakan nama pengembang masing-masing.

1. Pixellab

Pixellab sejatinya merupakan aplikasi yang memperbolehkanmu untuk menambahkan teks ke sebuah gambar. Namun demikian, kamu tentu bisa memanfaatkannya sebagai aplikasi edit logo di hp.

Di aplikasi pembuat logo ini tidak ada template ataupun stok gambar. Oleh karena itu, kamu harus menyediakan gambar sendiri sebagai latar belakang logo.

Nantinya kamu bisa mengetikkan teks untuk ditampilkan di atas latar belakang yang kamu sediakan. Pilihan jenis fontnya lumayan beragam, ada yang dua dimensi maupun tiga dimensi. Masing-masing font bisa kamu ganti warnanya.

Fitur yang ditawarkan Pixellab memang minimalis. Tapi setidaknya aplikasi ini gratis dan bisa digunakan untuk menciptakan logo.

2. Logo Maker by Mobi App

Kalau ingin aplikasi untuk membuat logo di hp yang menyediakan banyak template, Logo Maker by Mobi App adalah salah satunya. Aplikasi pembuat logo ini diklaim memiliki lebih dari 8.000 template yang meliputi lebih dari 50 kategori industri, jadi kamu tidak akan kekurangan opsi.

Untuk menggunakan Logo Maker ini, cukup pilih template dan edit sesuai kebutuhanmu. Kustomisasinya juga lumayan fleksibel karena kamu bisa mengganti jenis font, ikon, background, dan warna teks.

Pilihan format file yang bisa kamu dapatkan hanya JPG dan PNG. Namun demikian, ukurannya sudah cukup besar karena 1080 pixels. Selain itu, kamu bisa menghendaki logo PNG dengan background transparan.

Sayangnya, apk pembuat logo ini disertai iklan yang mungkin akan mengganggumu saat mengerjakan desain logo. Bisa jadi, itu alasan mengapa aplikasi pembuat logo ini gratis.

3. Logo Maker by Iris Studios

Logo Maker by Iris Studios tidak disertai beragam template untuk inspirasi pengguna. Namun, aplikasi edit logo di hp ini menyediakan beragam pilihan background, jenis font, dan ikon. Jadi, kamu cukup bebas dalam mengkreasikan logo yang sesuai keinginan.

Seperti aplikasi sebelumnya yang kami bahas, Logo Maker by Iris Studios juga disertai iklan. Tapi setidaknya kamu bisa menghilangkan iklan tersebut kalau bersedia berlangganan Rp70.000/bulan.

4. Logo Maker by CA Publishing

Kamu ingin membuat logo di hp atau tablet dengan cepat? Logo Maker by CA Publishing bisa jadi solusinya.

Aplikasi pembuat logo ini dilengkapi dengan ribuan template gratis yang mudah dikustomisasi. Kamu bisa mengutak-atik jenis font, latar belakang, dan gambarnya dengan beberapa ketuk saja.

Yang sedikit disayangkan dari aplikasi buat logo di hp ini adalah keberadaan iklan dan watermark. Namun, kamu bisa menghilangkannya dengan berlangganan Rp88.000/bulan.

5. Logofly

Sekilas, Logofly menawarkan keunggulan yang sama dengan aplikasi edit logo di hp lainnya. Hal itu meliputi adanya beragam opsi template dan editor yang mudah digunakan.

Akan tetapi, nilai jual Logofly terletak pada estetika template yang dia miliki. Sebagian besar template logo ini bergaya vintage, sehingga cocok untuk kamu yang ingin membuat logo dengan kesan berkelas.

Semua fitur Logofly tersedia secara gratis. Kalau bersedia membayar Rp59.000/bulan, kamu bisa membuat logo dengan background transparan dan resolusi yang lebih besar.

Apa Aplikasi Pembuat Logo yang Kamu Pilih?

Nah, itu tadi daftar aplikasi membuat logo yang bisa kami rekomendasikan, baik yang bisa digunakan di berbagai perangkat maupun yang khusus di browser atau hp android.

Sebagian besar aplikasi yang tadi dibahas menyediakan fitur yang sama. Di antaranya yaitu pilihan template yang beraneka ragam dan kemudahan kustomisasi.

Pilihan yang tepat untukmu tergantung pada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing aplikasi. Kamu bisa menggunakan beberapa pertanyaan di bawah ini sebagai panduan:

  • Berapa biayanya?
  • Apa saja format file yang tersedia?
  • Apa fitur tambahannya?
  • Apakah hasil desain disertai watermark?

Kami harap artikel ini membantumu menemukan aplikasi pembuat logo yang paling sesuai untuk kebutuhanmu. Jika ingin informasi lainnya terkait dunia pembuatan konten, ikuti terus blog Gank ya!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version