Dunia streaming adalah dunia yang seakan tak pernah sepi. Setiap saat ada saja para streamer yang berbagi konten live di berbagai platform. Pengen jadi bagian itu semua? Mulailah dulu dengan memilih aplikasi live streaming terbaik.

Kenapa mesti begitu? Beda aplikasi streaming itu beda fiturnya. Jadi, bakalan beda juga kelebihan yang kamu dapat untuk membuat kamu tampil istimewa. Meskipun tujuan kamu bukan sebagai profesional content creator, memakai aplikasi live yang tepat itu penting.

Tapi, kamu sendiri belum tahu mau pakai app live streaming yang mana? Tenang, di artikel ini kami akan jelaskan semuanya, kok. Jadi, kamu tinggal tentukan yang sesuai dengan audiens atau minat kamu.

Yuk, lihat daftar lengkapnya!

16 Aplikasi Live Streaming Terbaik 2024

Inilah beberapa daftar aplikasi live streaming unggulan yang bisa kamu coba untuk 2024:

1. YouTube Live

  • Harga: Gratis, Premium(Rp59000)
  • Niche: Umum
  • Platform: iOS, Android, Web

Bicara aplikasi live streaming, rasanya tidak mungkin kelupaan sama YouTube Live. Inilah aplikasi live yang hampir semua orang di Indonesia pasti pernah dengar. Apalagi buat kamu yang jadi content creator, app live stream ini wajib buat menyapa penonton kamu.

Kenapa begitu ya? Salah satu alasannya, aplikasi streaming ini bisa kamu pakai gratis. Jadi, buat pemula, tidak perlu keluar modal buat menggunakannya. Belum lagi, fakta kalau penonton YouTube di seluruh dunia itu mencapai 2.70 miliar orang membuat kamu punya kesempatan dilihat banyak orang pas live.

Menariknya lagi, aplikasi YouTube Live ini gampang digunakan. Mau mulai live streaming atau melakukan pengaturan lainnya, kamu tak akan kerepotan.

Yang istimewa, aplikasi live streaming gratis ini bisa bantu kamu dapat cuan dari konten. Bayangkan, saat live, penonton kamu bisa beli berbagai item seperti Super Chat dan Super Stickers atau bahkan ikut jadi member untuk memberi dukungan ke kamu.

2. Twitch

  • Harga: Gratis
  • Niche: Gaming Olahraga, Hiburan Umum
  • Platform: iOS, Android, Web

Kalau kamu suka nonton atau main game online, pasti tidak asing sama Twitch. Inilah aplikasi live streaming yang fokus pada konten gaming dan hiburan dan jadi favorit para streamer dunia. Sebut saja Pokimane atau Shroud, gamer CS:GO professional yang memilih fokus jadi streamer.

Bahkan, streamer Indonesia seperti LifeLine dan KanimaXIV juga punya banyak followers di Twitch ini, lho. Dengan aplikasi live ini, kamu bisa nonton dan sekaligus menunjukkan kehebatan kamu buat main berbagai game yang dimainkan streamer top tadi. Sebut saja CS:Go Minecraft, Fortnite, sampai Valorant.

Bukan bermaksud berlebihan, tapi aplikasi live streaming ini bakalan membuat kamu betah di dalamnya. Baik kamu sebagai streamer, lebih-lebih sebagai penonton.

Kurang tertarik dengan konten game dan sebagai content creator niche kamu itu musik atau olahraga? Tenang. App live streaming ini bukan eksklusif untuk gaming, kok. Kamu masih bisa live dan nonton berbagai kategori seperti podcast dan lainnya.

3. Facebook Live

Harga: Gratis
Niche: Gaming, Umum
Platform: iOS, Android, Web

Jangan heran kalau Facebook Live masuk ke dalam daftar aplikasi live streaming terbaik. Facebook bukan sekadar aplikasi sosial media, lho. Sekarang ini, Facebook punya banyak fitur baru yang memanjakan pengguna. Apalagi kalau kamu content creator yang mau tampil live di depan followers.

Mungkin kurang pas juga untuk menyebut Facebook Live itu aplikasi streaming, sih. Tapi, dengan fokusnya pada dunia gaming, aplikasi live streaming gratis ini nyatanya mengubah peta persaingan di industri live streaming, lho. Utamanya, di seputar konten gaming.

Bayangkan, platform ini punya 3,049 miliar pengguna yang aktif setiap bulannya. Sebagian mereka bisa nonton live streaming kamu. Sama seperti YouTube Live, pas kamu lagi live, jangan-jangan bukan cuma follower setiamu yang nonton. Orang-orang baru dari seluruh dunia yang kebetulan menganggap kontenmu menarik bisa juga melihatnya.

Eits, jangan anggap remeh, ya. Dengan adanya fitur ‘Stars’ di app live stream ini, kamu bisa auto-bahagia, lho. Alasannya, ini bukan sekadar emoji, tapi mata uang virtual yang bisa ditukar dengan uang sungguhan. Penontonmu bisa kasih ‘Stars’ sebagai dukungan buat kamu sebagai streamer.

4. Instagram Live

  • Harga: Gratis
  • Niche: Umum, Lifestyle, Influencer
  • Platform: iOS, Android

Setali tiga uang dengan Facebook Live, Instagram Live juga bagian dari Meta yang unggul dalam hal per-streaming-an. Dan Instagram Live juga aplikasi live streaming di HP yang wajib kamu coba.

Secara target pengguna, tentu ada sedikit perbedaan. Biasanya, Instagram Live itu jadi app live stream buat para influencer atau artis. Tapi pengguna umum juga sah-sah saja untuk pakai aplikasi streaming ini buat lebih dekat ke followers.

Salah satu yang terbilang unik dari Instagram itu adalah collab streaming. Benar sekali, aplikasi live ini bisa bantu kamu untuk membuat konten bersama content creator atau influencer lain. Jadi, live stream kamu bisa lebih seru. Kamu bisa membuat acara Q&A hingga promosi produk bersama.

Masih kurang puas? Aplikasi live streaming ini juga punya fitur ‘Live Rooms’. Kamu bisa mengundang sampai 3 orang lain untuk join live. Dan untuk membuatnya lebih keren, kamu bisa pakai filter lucu supaya sesi live kamu makin menarik.

5. TikTok Live

  • Harga: Gratis
  • Niche: Umum, Lifestyle, Influencer
  • Platform: iOS, Android

Ada sekitar 28 juta orang yang menonton Tiktok live di seluruh dunia. Dengan banyaknya audiens itu, Tiktok tentu merupakan aplikasi live streaming yang tidak bisa dianggap enteng. Meskipun aplikasi streaming ini paling muda dibanding yang lain.

Tiktok merupakan aplikasi streaming yang cocok untuk berbagai niche. Kamu mau live buat konten gaming, cosplayer, musik, olahraga, atau cuma berbagi info? Semua bisa dilakukan.

Meskipun dianggap bahwa aplikasi live streaming di HP ini khusus anak muda, nyatanya pengguna dengan usai 55 tahun lebih juga nonton TikTok Live, kok.

Salah satu kelebihan aplikasi streaming ini adalah fitur yang membuat live streaming makin seru. Misalnya, ada fitur Live Q&A di mana kamu bisa menjawab pertanyaan langsung dari audiens. Bahkan, kamu bisa streaming dengan teman lewat fitur Go Live Together.

6. Vimeo Livestream

  • Harga: Berbayar, Mulai $12 (Starter)
  • Niche: Profesional, Bisnis, Event
  • Platform: iOS, Android, Web

Aplikasi streaming ini sedikit berbeda dengan beberapa yang sudah kami sebutkan di awal. Vimeo Livestream lebih fokus ke solusi lengkap buat live streaming yang profesional. Dan itu salah satu alasan kenapa kamu perlu membayar untuk memakainya.

Apa yang kamu dapatkan dari app live profesional ini? Dukungan kualitas video HD 1080p dan fitur analitik yang lumayan canggih. Ini fitur wajib kalau kebutuhan kamu untuk bisnis atau event besar. Penonton harus puas dengan kualitas gambar yang kamu berikan. Dan kamu harus tahu seberapa banyak yang menonton.

Bukan cuma itu, Vimeo Livestream juga punya fitur simulcast. Kamu jadi bisa live di banyak platform sekaligus, seperti YouTube, LinkedIn, Facebook, dan lainnya. Ini membuka peluang untuk jangkauan audiens lebih banyak.

Sebagai aplikasi streaming profesional, fitur live chat dan Q&A di Vimeo Livestream juga tidak boleh dilupakan. Kamu bisa berinteraksi dengan penonton selama sesi live. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan fitur polling dan survey untuk mengumpulkan feedback terkait konten live kamu.

7. Kick

  • Harga: Gratis
  • Niche: Sosial, Entertainment
  • Platform: iOS, Android

Mau cari aplikasi live streaming buat niche gaming tapi bukan Twitch? Kick bisa jadi pilihan. Bahkan aplikasi streaming ini mulai jadi perhatian setelah gamer terkenal seperti Ninja gabung ke platform ini dan mempromosikannya.

Kick adalah aplikasi live streaming yang fokusnya pada konten hiburan, termasuk di dalamnya game. Jumlah pengguna aplikasi live ini semakin bertambah setiap harinya. Meskipun belum sebanyak Twitch, tapi sekarang sudah ada 3 juta pengguna setiap bulannya.

Nah, saat kamu mencoba app live stream ini, kamu tak akan bingung. Soalnya, tampilannya mirip dengan Twitch.

Lalu, kenapa kamu harus pakai Kick kalau sudah ada platform seperti Twitch? Bagi penonton, tidak akan terasa perbedaannya. Tetapi, bagi content creator, Kick memberikan harapan baru.

Di sana, kamu akan mendapatkan 95% dari pembagian pendapatan sistem berlangganan mereka. Bandingkan dengan Twitch yang menggunakan sistem 50-50 secara umum dan 70-30 untuk Partner Plus.

8. Be.Live

  • Harga: Gratis Ujicoba, Berbayar mulai $21/bulan (Starter)
  • Niche: Talk Show, Interaksi Audiens
  • Platform: Web

Be.Live merupakan salah satu aplikasi live streaming di HP yang unik. Be.Live ingin tampil beda dengan mendukung streamer yang ingin membuat konten interaktif. Misalnya, talk show.

Apa kelebihan aplikasi live streaming ini dibanding yang lain? Antarmuka bisa dibilang paling ramah pengguna. Be.Live memudahkan siapa saja untuk bisa live streaming dengan mudah, termasuk pemula.

Bagaimana urusan fitur? Aplikasi streaming ini tidak mau kalah sama yang lain. Kamu bisa memunculkan tampilan interaktif di layar saat sedang live. Belum lagi adanya personalisasi tampilan dengan branding atau tema kamu. Dengan fitur keren ini, penonton bakalan makin tertarik, nih.

Oh ya, apakah Be.Live termasuk aplikasi live streaming gratis? Sayangnya, bukan. Kamu bisa mencobanya 14 hari, sih. Tapi selanjutnya, kamu perlu berlangganan. Aplikasi streaming ini lebih cocok untuk yang ingin tampil profesional. Tapi buat pemula, mungkin belum perlu.

9. Caffeine

  • Harga: Gratis
  • Niche: Gaming, Entertainment, Talk Show
  • Platform: iOS, Android, Web

Sudah pernah dengar caffeine.tv belum? Ini merupakan aplikasi live streaming yang fokusnya ke hiburan terkait olahraga dan musik. Tapi, konten video secara umum juga ada, kok.

Di halaman utama, aplikasi streaming ini akan menampilkan berbagai video yang dikategorikan dengan jelas. Ada Top Pick yang berisi rekomendasi video terbaik, ada juga Upcoming yang menampilkan tayangan live stream yang akan datang, dan masih banyak lagi video streaming umum lainnya.

Yang tak kalah menarik, penonton bisa dengan mudah menemukan video yang disukai berdasarkan trending hashtag yang ada di platform tersebut. Sebagai contoh, #footbal, #billiards dan #battlerap

Mau tampil live di depan fans kamu untuk berbagi cerita seputar olahraga, musik dan lainnya? Kamu tinggal masuk ke bagian Go Live dan membuat komunitasmu sendiri di platform dengan 30 juta pengguna ini.

10. Mobcrush

  • Harga: Gratis
  • Niche: Gaming, Multi-Platform Streaming
  • Platform: iOS, Android, Mac

Ini mungkin merupakan salah satu aplikasi Livestreaming yang gamer wajib tahu. Namanya, Mobcrush. Salah satu keunikan dari aplikasi live ini adalah kemampuannya untuk melakukan multi-platform streaming dengan mudah. Ya, kamu bisa multicast dengan Mobcrush.

Bagi streamer, ini tentu sebuah fitur yang di harapkan. Kamu bisa live di beberapa tempat sekaligus, seperti Twitch, YouTube, dan Facebook, tanpa perlu setup yang rumit. Mobcrush memang cocok untuk streamer yang ingin dilihat audiens lebih banyak dalam sekali live.

Pengen membuat live kamu lebih menarik? Mobcrush punya real-time chat integration yang akan membuat interaksi kamu dengan penonton menjadi lebih mudah dan seru.

Oh ya, aplikasi live ini punya keunggulan teknis dalam hal kompatibilitas. Kamu bisa pakai perangkat dan software favorit kamu seperti OBS atau Elgato untuk melakukan streaming. Bukan cuma itu, Mobcrush juga bisa tersedia di berbagai platform seperti Android, iOS, dan Mac.

11. StreamLabsOBS Mobile

  • Harga: Gratis, Berbayar mulai $19 (Ultra)
  • Niche: Gaming, Umum
  • Platform: iOS, Android

Beberapa content creator pasti sudah tahu tentang StreamLabsOBS. Ini adalah aplikasi live streaming yang populer dipakai banyak streamer hebat di seluruh dunia. Bahkan, pengembangnya mengatakan bahwa 40% streamer di Twitch menggunakan aplikasi live mereka.

Sebagai pengembangan dari platfrom yang sudah ada, dibuatlah StreamLabs OBS Mobile. Kamu bisa menebak bawah ini merupakan aplikasi Livestreaming di HP. Ya, dengan StreamLabsOBS Mobile kamu jadi bisa melakukan sesi livestream secara mobile atau on-the-go.

Kamu pengguna Android atau pengguna iOS? Tak masalah, sebab kedua sistem operasi tersebut sudah didukung oleh aplikasi streaming ini. Lalu, pada perangkat mobile, apa saja kelebihan yang ditawarkan ,ya?

Kamu akan tetap mendapatkan fitur seperti custom alerts, widget, dan overlay. Faktor inilah yang membuat sesi livestreaming kamu menjadi terlihat profesional dan sekaligus menarik. Bukan cuma itu, kamu juga bisa menambahkan widget seperti Alert Box, Chat Box, Event List, Donation Ticket, dan lainnya yang akan disinkronkan dengan pengaturan desktop kamu.

12. OBS Studio

  • Harga: Gratis
  • Niche: Profesional, Umum
  • Platform: iOS, Android, Desktop

OBS Studio juga bukan nama asing di jajaran aplikasi live streaming terbaik. Nyatanya, beberapa brand besar seperti Logitech, Nvida dan AMD menjadi sponsor pengembangan aplikasi streaming ini.

Bisa dikatakan kalau OBS Studio sama atau lebih populer dibanding StreamLabsOBS. Tak kurang dari 75 juta kali diunduh dan jumlahnya terus bertambah.

Kenapa OBS studio itu salah satu app live streaming yang recommended? Pertama, bisa kamu pakai secara gratis. Kedua, mendukung penggunaan di komputer dan mobile. Ketiga, aplikasi streaming ini cocok dengan berbagai perangkat yang penting bagi sebuah live streaming.

Kalau kamu mau fitur yang bisa membuat live streamingmu lebih terlihat profesional, OBS Studio punya fitur multiple audio and video sources, scene transitions, dan custom plugins.

Yang tak kalah penting, OBS Studio juga punya fitur integrasi yang keren. Jadi, kamu akan lebih mudah untuk menyambungkan sesi live kamu dengan platform seperti YouTube, Twitch, dan lain-lain.

13. Restream

  • Harga: Gratis, Berbayar mulai $16 (Standard)
  • Niche: Multi-Platform, Umum
  • Platform: Web

Kamu mau cari aplikasi live streaming yang fokusnya itu multicast atau simulcast? Dan kamu tidak masalah itu ternyata bukanlah aplikasi live streaming di HP? Nah, berarti Restream bisa jadi pilihan kamu.

Coba bayangkan, Restream itu aplikasi live streaming yang bisa kamu pakai buat streaming ke lebih dari 30 platform sekaligus. Ini serius. Kamu bisa live di 30 platform langsung seperti Twitch, Facebook, LinkedIn. Itupun masih ditambah platform atau bahkan ke server khusus.

Singkatnya, Restream akan membuat tugas mu sebagai seorang streamer lebih mudah dalam mengelola banyak channel sekaligus. Itu artinya, kamu bisa fokus membuat konten tanpa ribet setting satu persatu platform tujuan yang itu cukup teknis.

Kalau kamu mau banyak orang yang nonton livestreammu dalam sekali live, bisa dikatakan aplikasi streaming ini yang paling keren dari yang lainnya. 2 juta streamer di seluruh dunia, yang sudah menggunakannya tak mungkin salah, bukan?

14. StreamChamp

  • Harga: Gratis, Opsi Berbayar
  • Niche: Gaming Mobile, Podcast, Umum
  • Platform: iOS

Kali ini kami ingin membahas aplikasi streaming yang khusus untuk pengguna iOS. Aplikasi itu bernama StreamChamp. Jadi, ini aplikasi live streaming di HP yang wajib dicoba oleh pengguna iPhone dan iPad.

Dengan StreamChamp, kamu bisa livestream dengan kualitas super jernih, lho. Video yang kamu bagikan bisa sampai 1080p dengan 60fps. Uniknya, kualitas itu bisa kamu dapatkan saat live stream sambil jalan-jalan. Mantap, bukan?

Oh ya, kalau kamu mau mendapatkan angle atau sudut pengambilan gambar yang lebih keren, kamu juga bisa menyambungkan ke webcam. Dengan cara ini, kamu bisa berganti scene dengan gampang. Jadi, live streaming kamu akan jadi lebih seru dan tidak membosankan.

Nah, sebenernya aplikasi live streaming ini bisa dipakai untuk berbagai jenis streaming. Tapi yang paling sering memang digunakan untuk streaming game mobile seperti Roblox, PUBG Mobile, Brawl Stars, dan lain-lain.

15. StageIt

  • Harga: Gratis
  • Niche: Musik, Live Performance
  • Platform: Web

StageIt adalah aplikasi live streaming unik untuk musisi dan artis yang mau mengadakan pertunjukan online. Dengan aplikasi ini, artis bisa membuat konser virtual di mana penggemar bisa nonton dan interaksi langsung.

Tapi tentu untuk membuat acara seperti itu tampilannya harus profesional dengan perangkat yang mumpuni. Mungkin itu alasan kenapa StageIt cuma bisa diakses lewat browser. Jadi, StageIt didesain bukan sebagai aplikasi live streaming di HP.

Sebagai penonton, kamu cukup menjadi member di StageIt. Lalu, kamu bisa langsung nonton live performance yang ada di situ. Kalau tertarik, bisa beli tiket untuk melihat live performance musisi yang dijadwalkan manggung.

Lalu, kalau bagi calon musisi yang ingin streaming di sana bagaimana? Kamu perlu mendaftar untuk menjadi performer dulu. Lalu, tunggu proses approval yang menyatakan kamu bisa masuk ke dalam daftar musisi di sana.

Kalau itu sudah terwujud, kamu tinggal menggelar konser kamu sendiri. Di sana, kamu akan mendapatkan 80% dari total pendapatan tiket dan tip yang kamu terima. Tertarik mencobanya?

16. Turnip

  • Harga: Gratis
  • Niche: Gaming, Live Event
  • Platform: iOS, Android

Pasti kamu sebagai pengguna iOS atau Android pernah dengar tentang Turnip saat mencari aplikasi live streaming. Dibandingkan yang lain, aplikasi streaming ini memang kurang terkenal. Tapi, bukan berarti kamu tidak perlu mencobanya.

Turnip merupakan app live streaming buatan developer India. Fokus dari platform mereka adalah untuk memudahkan bagaimana pengguna terlibat dalam sebuah ekstrim dan konteks online. Saat ini utamanya memang pada niche gaming, tapi tentu bisa berkembang.

Salah satu alasan kenapa Turnip aplikasi streaming yang seru adalah kamu bisa ikut turnamen dan kompetisi yang diadakan oleh Turnip atau komunitas lain. Kamu bisa bertanding melawan gamer lain dan bisa mendapetkan hadiah-hadiah keren.

Pokoknya, aplikasi live streaming di HP ini bagus untuk dicoba. Apalagi kalau kamu mau streaming game mobile dengan kualitas super jernih sampe 1080p. Belum lagi, kamu bisa menambah custom overlays dan efek-efek keren agar makin ramai.

Tips Memilih Aplikasi Live Untuk Hasil Optimal

  • Pahami Target Audience — Setiap platform punya target audiens sendiri. YouTube Live dan Facebook Live cocok untuk hiburan umum dan vlogging. Instagram Live dan TikTok Live lebih sesuai buat anak muda dan influencer. Twitch dan Kick adalah tempat untuk berkumpulnya para gamer.
  • Cek Lagi Jenis Konten Kamu — Jenis konten yang kamu buat mempengaruhi aplikasi Livestreaming yang cocok dipakai. Untuk konten dengan fokus pada interaksi, Instagram dan TikTok pilihan yang tepat. Sedangkan untuk konten edukasi, review atau live performance, YouTube Live dan Twitch lebih sesuai.
  • Fitur Live Streaming — Kamu tidak bisa membuat live streaming dengan kualitas jernih 1080p kalau aplikasi live yang kamu pakai mendukung 720p. Hal teknis seperti kualitas video, latensi dan lainnya itu penting. Belum lagi fitur untuk ganti scene, fitur interaksi penonton, dan lain-lain.
  • Mudah Digunakan — Penonton maunya menikmati konten dengan nyaman. Sedangkan content creator fokusnya ke bagaimana konten live bisa menarik. Kalau semua itu terganggu karena aplikasi live streamingnya susah dipakai, tentu akan tidak sesuai dengan harapan.
  • Cross-Platform — Banyak content creator yang fokus ke TikTok saja. Ada yang fokus ke YouTube saja. Tapi, kalau kamu mau live stream secara simultan ke banyak platform, pastikan aplikasi live kamu mendukung. Restream bisa menjadi salah satu contoh yang baik kalau kamu perlu sekali fitur ini.
  • Biaya — Idealnya, aplikasi live streaming itu gratis, gampang dipakai dan punya banyak fitur bagus. Tapi kadang, aplikasi berbayar juga perlu dipertimbangakn. Utamanya, kalau aplikasi streaming itu menawarkan fitur unggulan yang hanya ada di versi premium. Semua kembali ke kebutuhan kamu selama masih dalam budget.
  • Pilihan Monetisasi — Sebagai content creator, lihat juga pilihan monetisasi platform itu. Kalau fokus kamu hanya iklan, YouTube itu pilihan yang bagus. Tapi kalau mau dapat uang dari sharing revenue platform atau donasi fans, Twitch sepertinya cukup menjanjikan, terutama untuk niche gaming.

Manakah Aplikasi Streaming Pilihan Kamu?

Wah, keren, kamu sudah banyak belajar tentang aplikasi live streaming terbaik dari artikel ini.

Kami sudah berupaya mengumpulkan informasi berbagai platform yang bisa dipakai di dekstop dan HP. Kamu juga sudah merangkum aplikasi streaming untuk audiens dan niche yang berbeda.

Kalau kamu sebagai penonton, pilih aplikasi yang sesuai dengan minat kamu: gaming, vlogging, musik, atau yang lainnya. Tapi kalau kamu content creator, pertimbangannya lebih banyak karena terkait upaya kamu membangun kredibilitas online.

Oh ya, untuk monetisasi, jangan khawatir. Sistem monetisasi dari platform utama itu cukup membantu. Tapi, kamu juga bisa mencoba platform seperti Gank yang bisa membantu kamu menerima donasi atau bahkan menjual merchandise dengan mudah.

Semoga informasi ini bermanfaat ya dan kita ketemu lagi di artikel berikutnya, ya!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version