Yang namanya aktivitas content creator tentu tidak lepas dari kegiatan memotret foto. Apalagi kalau kamu menggunakan platform yang fokusnya pada konten visual seperti Instagram.

Selain paham teknik-teknik fotografi, kamu harus menggunakan aplikasi edit foto aesthetic agar hasil akhir gambarmu menarik bagi para audiens. Nah, aplikasi apa saja yang sebaiknya kamu gunakan?

Itulah kenapa kamu perlu menyimak artikel ini. Di sini, kamu akan dikenalkan ke lebih dari 13 aplikasi buat foto aesthetic yang paling banyak digunakan.

Jadi, langsung saja cek rekomendasinya satu per satu!

Daftar Aplikasi Edit Foto Aesthetic Terbaik

Ini dia deretan aplikasi foto aesthetic yang patut direkomendasikan untukmu:

1. Adobe Lightroom

  • Harga: gratis + premium (mulai dari Rp59.800/bulan)
  • Tersedia di: Android, iOS, Mac OS, Windows, browser

Kalau membahas aplikasi buat foto aesthetic, rasanya belum lengkap kalau tidak menyebut Adobe Lightroom. Sebab, aplikasi ini termasuk yang fiturnya sangat lengkap, terutama dalam hal mengedit tone dan warna.

Kedua elemen tersebut bisa kamu utak-atik dengan dua sarana. Pengguna awam bisa menggunakan slider yang mudah digunakan, sementara para profesional bisa memanfaatkan tone curve yang lebih presisi.

Yang tak kalah menarik, aplikasi edit foto aesthetic ini punya fitur masking yang sangat membantu. Fitur tersebut memungkinkanmu untuk menerapkan editing pada bagian tertentu foto saja. Misalnya, kamu bisa menerangkan wajah orang yang gelap karena backlight tanpa membuat latar belakangnya jadi semakin terang.

Kalau ingin menerapkan tampilan tertentu pada fotomu, kamu bisa memanfaatkan fitur preset di Adobe Lightroom. Koleksi preset bawaannya cukup terbatas kalau dibandingkan dengan beberapa aplikasi filter aesthetic lainnya yang nanti akan dibahas. Tapi kabar baiknya kamu bebas download preset Lightroom dari internet atau membuatnya dari editing yang kamu lakukan.

2. VSCO

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $29.99/bulan)
  • Tersedia di: Android & iOS

Aplikasi edit foto aesthetic yang satu ini mungkin sudah tidak asing buatmu. Sebab, VSCO merupakan salah satu yang memulai tren filter estetik ala fotografi analog.

Di versi gratisnya ada 15 pilihan filter yang mood-nya cukup variatif. Tapi kalau kamu butuh lebih banyak pilihan, versi premiumnya menyediakan lebih dari 200 tambahan filter dengan berbagai macam gaya.

Selain filter, VSCO juga menambahkan fitur editing baru dari waktu ke waktu. Di antaranya yaitu HSL yang memungkinkanmu untuk mengatur warna tertentu. Selain itu juga ada dodge & burn untuk menerangkan atau menggelapkan bagian yang kamu pilih.

Sayangnya, aplikasi edit foto aesthetic ini lebih memanjakan pengguna di perangkat iOS. Pengguna VSCO versi Android biasanya harus menunggu lama untuk menerima fitur-fitur baru yang sudah lebih dulu rilis di versi iOS. 

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun

3. Fotor

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $8.99/bulan)
  • Tersedia di: Android, iOS, Mac OS, Windows, browser

Fotor tidak sekedar menyediakan beragam fitur untuk membuat editan foto aesthetic. Dengan aplikasi ini, kamu bisa bikin foto makin bergaya dengan tambahan tulisan dan stiker. Pilihannya beragam sehingga bisa kamu sesuaikan dengan suasana fotomu.

Tak hanya itu, Fotor menawarkan berbagai macam kolase cantik dan keren. Makanya, aplikasi edit foto aesthetic ini cocok untuk kamu yang ingin bisa bercerita lebih banyak dengan menggabungkan beberapa foto sekaligus.

Ditambah lagi, Fotor memiliki berbagai template aset visual untuk kebutuhan media sosial. Jenis templatenya meliputi Story Instagram hingga thumbnail YouTube. Jadi, kamu bisa membuat konten gambar media sosial dengan lebih mudah dan cepat.

Kekurangan yang paling terasa saat menggunakan Fotor adalah keberadaan iklan. Kalau ingin bebas dari iklan dan mengakses beberapa fitur tambahan, kamu perlu berlangganan versi premium aplikasi buat foto aesthetic ini.

4. Picsart

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $13/bulan)
  • Tersedia di: Android, iOS, Windows, browser

Apakah kamu ingin aplikasi seperti Fotor, tapi dengan tambahan fitur kecerdasan buatan (AI)? Kalau iya, Picsart adalah aplikasi edit foto aesthetic yang tepat untukmu.

Kami sebut demikian karena sebagian fasilitas Picsart sama dengan yang kamu temukan di Fotor. Bedanya, Picsart punya kecerdasan buatan yang bisa mempermudah proses editing.

Kemampuan AI yang patut kamu coba di antaranya adalah fitur untuk mengganti objek dan latar belakang foto. Keduanya bisa kamu lakukan dengan mengetikkan objek atau latar belakang yang kamu inginkan. Canggih, kan?

Namun demikian, penggunaan fitur-fitur AI tadi sangat dibatasi untuk tiga kali sehari. Kalau ingin bisa lebih leluasa menggunakan kecerdasan buatan dalam proses editing foto, kamu harus menggunakan Picsart yang versi berbayar.

5. Unfold

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $2.99/bulan)
  • Tersedia di: Android & iOS

Unfold merupakan aplikasi edit foto aesthetic yang lebih fokus pada pengguna Instagram. Sebab, nilai jual utamanya adalah koleksi template untuk konten Story.

Template Unfold berupa frame dan kolase. Masing-masing boleh kamu tambahi tulisan, sehingga kamu bisa bercerita lebih banyak mengenai hasil potret yang ditampilkan.

Unfold juga dilengkapi dengan kumpulan filter dan efek vintage khas foto zaman dahulu. Jadi, kalau kamu suka dengan gaya seperti itu, aplikasi foto aesthetic ini cocok untukmu.

Yang cukup disayangkan, Unfold versi gratis hanya menyediakan fitur editing dan pilihan template yang terbatas di versi gratisnya. Tapi untungnya versi premium aplikasi edit foto aesthetic ini terbilang murah, sehingga biaya berlangganannya tidak akan menguras dompetmu.

Baca Juga: Aplikasi Content Creator

6. Snapseed

  • Harga: gratis
  • Tersedia di: Android & iOS

Ingin aplikasi foto aesthetic yang gratis tapi penuh fitur yang bermanfaat? Snapseed adalah salah satu yang pantas untuk kamu coba.

Di samping fitur editing dasar seperti pengaturan saturasi, kecerahan, dan white balance, kamu mendapatkan tone curve di Snapseed. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatur gelap-terangnya gambar dan warna tertentu dengan presisi.

Fitur lainnya yang bakal kamu sukai dari aplikasi edit foto aesthetic ini yaitu healing. Dengan fitur ini, kamu bisa menghapus objek-objek kecil yang tidak kamu inginkan. Meski tidak seefektif fitur healing di aplikasi berbayar, fasilitas ini tetap berguna untuk menghilangkan noda di baju atau jerawat di wajah.

Yang tidak kalah menarik, Snapseed menawarkan fitur selective editing untuk mengedit bagian foto yang kamu pilih. Kamu bisa menggunakannya untuk mengatur kecerahan, kontras, saturasi, dan ketajaman.

7. Tezza

  • Harga: gratis + premium ($5.99/bulan)
  • Tersedia di: Android & iOS

Tezza adalah aplikasi filter aesthetic lainnya yang mudah untuk kami rekomendasikan. Selain koleksi filternya yang vintage abis, aplikasi ini menyediakan berbagai frame cantik untuk menghias fotomu.

Masih ada keunggulan lainnya di aplikasi edit foto aesthetic ini. Dengan Tezza, kamu bisa menambahkan berbagai macam overlay untuk memberi fotomu kesan tiga dimensi. Jenis overlay-nya meliputi efek VHS, tekstur kertas, dan light leak yang identik dengan fotografi analog.

Asyiknya lagi, kamu bisa meng-copy paste editan yang sudah kamu lakukan ke foto lainnya yang kamu pilih. Jadi, kalau sudah menemukan gaya yang kamu suka, langsung bisa diterapkan ke banyak foto lainnya deh.

Sayangnya, fitur gratis di Tezza sangat terbatas. Kamu harus mendapatkan versi premiumnya agar bisa mengakses semua fasilitas milik aplikasi foto aesthetic ini.

8. Tone Studio

  • Harga: gratis + premium ($2.99/bulan)
  • Tersedia di: iOS

Aplikasi edit foto aesthetic yang satu ini seperti Tezza yang dilengkapi dengan fitur tone curve untuk mengutak-atik tone dan warna foto dengan lebih akurat. Pasalnya, kelengkapan fasilitas Tone Studio mirip dengan yang dimiliki Tezza.

Perbedaan lainnya yang akan kamu temukan adalah koleksi filter bergaya vintage yang lebih beragam. Di Tone Studio ada sekitar 120 opsi filter yang siap membuatmu memilih-milih.

Biaya langganan Tone Studio juga lebih murah daripada Tezza. Namun, beberapa ulasan menyebutkan kalau Tone Studio terkadang mengalami masalah teknis. Meski tidak terjadi pada semua pengguna, hal itu patut kamu catat jika ingin mencoba aplikasi edit foto aesthetic ini.

9. Prisma

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $7.99/bulan)
  • Tersedia di: Android & iOS

Tren foto bergaya lukisan berkali-kali muncul dan hilang sejak pertengahan dekade lalu. Tapi kalau memang suka dengan estetika itu, kamu pasti bakal cocok dengan Prisma.

Aplikasi ini merupakan salah satu yang mempelopori model foto ala lukisan. Oleh karena itu, tidak heran kalau pilihan filter lukisannya sangat beragam. Ada lebih dari 500 filter yang bisa kamu pilih di Prisma saat ini.

Untuk melengkapi fitur tersebut, Prisma juga menyediakan koleksi background unik. Dengan satu kali ketuk, kamu bisa menambahkan pemandangan alam di belakang foto dirimu.

Meski menarik, aplikasi edit foto aesthetic ini minim fitur lainnya. Tidak ada kemampuan selain pengaturan saturasi, eksposur, dan kontras foto yang bisa kamu temukan di Prisma.

10. Pixlr Editor

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $1.99/bulan)
  • Tersedia di: browser

Pixlr menyediakan beberapa aplikasi dengan fungsi yang berbeda-beda. Nah, yang akan dibahas di sini hanya aplikasi edit fotonya yang bernama Pixlr Editor saja.

Secara garis besar, Pixlr Editor menawarkan fitur-fitur yang kamu jumpai di kebanyakan aplikasi foto aesthetic lainnya. Di antaranya adalah pengaturan, template, dan kolase.

Tapi Pixlr Editor punya keunggulan tersendiri, yaitu fitur-fitur kecerdasan buatan. Generative AI milik aplikasi edit foto aesthetic ini memungkinkanmu untuk melakukan berbagai hal, termasuk menambahkan objek dan membuat gambar sesuai deskripsi yang kamu berikan.

Ingat, fitur-fitur AI yang barusan disebutkan hanya terdapat di Pixlr Editor yang versi browser ya. Aplikasi Pixlr juga tersedia untuk Android dan iOS, tapi keduanya tidak dilengkapi kecerdasan buatan.

11. Polarr

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $3.99/bulan)
  • Tersedia di: Android, iOS, Mac OS, Windows, browser

Polarr adalah salah satu opsi yang patut kamu coba kalau ingin aplikasi filter aesthetic yang tidak biasa. Soalnya, aplikasi edit foto aesthetic ini tidak hanya memungkinkanmu untuk menyimpan hasil editan sebagai preset, tetapi juga membagikannya kepada para pengguna Polarr dan sebaliknya.

Hasil editan yang dimaksud juga bukan hanya pengaturan dasar, lho. Kamu juga bisa membagikan pengaturan filter dan overlay. Pokoknya, koleksi preset-mu bisa seunik mungkin.

Selain fasilitas untuk saling berbagi preset, Polarr juga terkenal akan fitur masking yang canggih. Kamu bisa menerapkan pengaturan warna, kecerahan, dan ketajaman pada bagian yang kamu pilih di fotomu. Dengan begitu, bagian lainnya tidak akan terdampak pengaturan yang kamu lakukan.

12. Google Photos

  • Harga: gratis + premium (mulai dari Rp26.900/bulan)
  • Tersedia di: Android, iOS, browser

Google Photos sebenarnya bukan aplikasi edit foto aesthetic, tetapi aplikasi untuk menyimpan fotomu secara online dan mengkategorisasikannya berdasarkan tanggal. Namun demikian, aplikasi ini juga menawarkan fitur editing dasar yang cukup untuk membuat editan foto aesthetic.

Di samping pengaturan dasar seperti eksposur, saturasi, dan ketajaman, kamu bisa menemukan beberapa pilihan filter warna dan hitam putih di Google Photos. Ada juga fitur tambahan untuk menghilangkan objek tertentu dan menambahkan efek blur ke latar belakang foto.

Kalau menurut pengalaman pribadi kami, Google Photos cocok untuk kamu yang ingin menerapkan tampilan estetik dengan praktis dan merapikan koleksi foto dengan satu aplikasi saja. Terlebih, aplikasi edit foto aesthetic ini umumnya sudah terpasang di perangkat Android.

Yang agak disayangkan, beberapa fitur utama Google Photos hanya bisa kamu dapatkan dengan berlangganan layanan Google One. Tapi setidaknya harga layanan tersebut lebih terjangkau dari kebanyakan aplikasi berbayar lainnya di artikel ini.

13. Cymera

  • Harga: gratis
  • Tersedia di: Android & iOS

Apakah kamu ingin aplikasi buat foto aesthetic yang bisa membuat penampilan lebih cantik dan menawan? Kalau iya, Cymera adalah salah satunya.

Selain menawarkan berbagai filter vintage, Cymera terkenal dengan fitur retouch yang mampu menyempurnakan tampilan wajah dan tubuh. Misalnya, menghilangkan jerawat, membesarkan mata, dan membuat pinggang terkesan lebih ramping.

Bahkan aplikasi edit foto aesthetic ini juga menyediakan fitur untuk menyimulasikan make up. Jadi, kamu bisa menambahkan efek eyeshadow, lipstik, dan blush secara instan. Tapi, untuk hasil yang maksimal, kami sarankan kamu menggunakan fitur ini secukupnya saja, ya.

14. PhotoDirector

  • Harga: gratis + premium (mulai dari $6.99/bulan)
  • Tersedia di: Android & iOS

PhotoDirector adalah alternatif yang bisa kamu pilih jika mencari aplikasi foto aesthetic. Sebab, semua fitur yang dimiliki PhotoDirector ada di aplikasi lainnya.

Untuk membuat tampilan estetik, kamu bisa memanfaatkan kumpulan filter dan font yang ditawarkan PhotoDirector. Lalu, kamu juga mampu menambahkan beberapa foto sekaligus ke dalam kolase untuk menciptakan cerita visual.

Aplikasi edit foto aesthetic yang satu ini juga punya fitur kecerdasan buatan, lho. Misalnya, kamu bisa mengganti background, menghapus objek, dan meningkatkan kualitas foto dengan satu ketukan saja.

Hanya saja, iklan-iklan yang bermunculan di aplikasi PhotoDirector mungkin akan mengganggumu ketika mengedit foto. Kamu harus berlangganan versi premiumnya jika ingin bebas dari iklan.

Apa Aplikasi Edit Foto Aesthetic Favoritmu?

Tadi kamu sudah menyimak berbagai rekomendasi aplikasi untuk membuat editan foto aesthetic. Sebagian besar dari opsi-opsi tersebut menawarkan pengaturan dasar seperti eksposur, warna, dan ketajaman. Selain itu, mayoritas aplikasi tadi memiliki koleksi filter atau preset untuk menyulap tampilan foto dalam sekejap.

Tapi beberapa di antaranya juga menyediakan fitur spesial. Picsart dan Pixlr Editor, misalnya, punya fitur AI atau kecerdasan buatan untuk mempermudah proses editing-mu. Lalu ada juga fitur tone curve di Adobe Lightroom dan Tone Studio yang memungkinkan pengaturan eksposur yang lebih akurat.

Dari semua aplikasi edit foto aesthetic yang dibahas di artikel ini, mana yang ingin kamu coba? Apapun itu, kami harap bisa mendukung kesuksesanmu sebagai content creator, ya!

Share.

Leave A Reply

Gank is a content membership platform that helps content creators accept donations, sell goods and services, and manage memberships at 0% platform fees.

© 2024 ALL RIGHTS RESERVED by Gank.
Exit mobile version